Breaking News

Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 How did the Quraysh infidels respond to the migration of the Apostles Page 170 Chapter 11 (Hijrah to Medina is a Proud Story) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul Halaman 170 Bab 11 (Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

III. Uraian

Jawablah soal-soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul?

  • Rencana hijrah nabi Muhammad SAW didengar oleh kafir quraisy. Kaum Quraisy pun akhirnya merencanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW. Kafir Quraisy khawatir Islam akan berkembang di Yasrib.
  • Hijrah Rasulullah SAW ditanggapi kafir Quraisy dengan kemarahan yang men jadi-jadi, mereka tidak ingin Muhammad mengembangkan islam meski di Madinah sekalipun. Setelah usaha pembunuhan tidak berhasil, mereka pun memasang sayembara untuk menangkap Muhammad hidup atau mati dalam perjalanan hijrah

2. Siasat apa yang dilakukan kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah Nabi Muhammad saw. ?

Siasat yang dilakukan menghadapi rencana hijrah rasulullah adalah dengan mengumpulkan para pemuda yang diperintahkan mengepung kediaman Rasulullah SAW lalu serentak menyergap beliau untuk dibunuh. Namun,rencana ini gagal.

3. Di manakah Nabi Muhammad saw. bersembunyi saat perjalanan hijrah ke Madinah? Mengapa harus bersembunyi?

Nabi bersembunyi di gua bernama TSUR. Ia bersembunyi sebab dikejar ole kafir quraisy. Setelah suasana kondusif (3 hari kemudian) baru nabi melanjutkan perjalanan ke Madinah.

4. Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan hijrah? Jelaskan!

  • Rasulullah melakukan hijrah karena kekejaman kafir quraisy semakin bertambah dan menjadikan pengikutnya sengsara, selain itu islam tidak berkembang baik, adanya kesempatan baru di Madinah dan sudah turunnya perintah dari Allah SWT.
  • Selain diundang untuk Hijrah ke Yasrib, disamping itu Karena jumlah peserta yang memeluk agama Islam semakin banyak. Ini menyebabkan kondisi Umat Islam sangat berbahaya jika terus berada di Mekah.

5. Apa yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di Madinah?

Setelah sampai di Madinah, Nabi Muhammad SAW mulai membuat program kerja dan melaksanakan yaitu seperti membangun masjid, mempersaudarakan antara Muhajirin dan Ansar, dan membuat perjanjian dengan penduduk Madinah,serta anshar, menjalin persahabatan dengan penduduk non muslim Madinah.

6. Sebutkan fungsi masjid pada zaman Nabi Muhammad saw. !

  • Tempat ibadah dan Bermusyawarah
  • Tempat untuk mempersatukan kaum muslim juga sebagai pusat dari pemerintahan
  • Mengkaji ilmu agama.
  • Sebagai pusat pemerintahan setelah Rasulullah dipilih sebagai pemimpin di Madinah.

7. Mengapa Nabi Muhammad saw. mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar?

  • Agar Orang – orang Muhajirin merasa nyaman dan tenteram, meskipun bukan tinggal di rumah sendiri. Mereka melakukan kegiatan dan interaksi dengan penduduk Madinah dan saling menolong sehingga suasana Madinah menjadi indah dan menyenangkan.
  • Agar mereka terikat dalam ukhuwah Islamiyah (bukan kesukuan atau kabilah) dan bisa saling tolong menolong satu sama lain.

8. Sebutkan isi Perjanjian Hudaibiyah!

Isi Perjanjian Piagam Madinah, antara lain :

  • Kaum Yahudi bersama kaum muslimin wajib turut serta dalam peperangan.
  • Kaum Yahudi dari Bani Auf diperlakukan sama oleh kaum muslimin.
  • Kaum Yahudi tetap dengan Agama Yahudi mereka, dan demikian pula dengan kaum muslimin.
  • Semua kaum Yahudi dari semua suku dan kabilah di Madinah diberlakukan sama dengan kaum Yahudi Bani Auf.
  • Kaum Yahudi dan muslimin harus saling tolong menolong dalam memerangi atau menghadapi musuh.
  • Kaum Yahudi dan muslimin harus senantiasa saling berbuat kebajikan dan saling mengingatkan ketika terjadi penganiayaan atau kedhaliman.
  • Kota Madinah dipertahankan bersama dari serangan pihak luar.
  • Semua penduduk Madinah dijamin keselamatannya kecuali bagi yang berbuat jahat.

Sedangkan Isi Perjanjian Hudaibiyah adalah  :

  • Kedua belah pihak sepakat mengadakan genjatan senjata selama 10 Tahun
  • Setiap orang diberi kebebasan bergabung dan mengadakan perjanjian dengan Muhammad atau dengan Kaum Quraisy.
  • Setiap Quraisy yang menyeberang kepada nabi Muhammad tanpa seizin walinya, harus dikembalikan. Sedangkan jika pengikut Nabi Muhammad bergabung dengan kafir Quraisy tidak dikembalikan.
  • Pada tahun ini Muhammad harus kembali ke Madinah. Pada tahun berikutnya, mereka diizinkan menjalankan ibadah haji dengan syarat menetap selama tiga hari di Mekah dan tanpa membawa senjata.

9. Bagaimana tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin?

  • Kedatangan Nabi Muhammad dan Muhajirin telah dinanti – nanti masyarakat Madinah (kaum ansar). Masyarakat Madinah sudah menunggu di jalan yang akan dilalui Nabi Muhammad dan Kaum Muhajirin dengan menabuh genderang dan mengelu – elukan. Setiap orang ansar mengakui orang Muhajirin sebagai saudaranya sendiri. Mereka mempersilahkan saudaranya tinggal di rumah dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di rumah tersebut.
  • Tanggapan kaum anshar atas kaum muhajirin sangat baik bahkan mereka rela berkorban apapun demi membantu kaum muhajirindalam memulai kembali hidupnya di Madinah.

10. Bagaimana tanggapanmu tentang dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah?

Tanggapan saya mengenai dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah adalah bahwa kebebasan berdakwah di Madinah menjadikan islam berkembang pesat bahkan hingga keluar wilayah Madinah. Dakwah nabi Muhammad lebih aman dibandingkan dengan dakwah di Mekah. Walaupun di Madinah tidak hanya orang Islam saja yang tinggal, tetapi disana terdapat pula orang – orang non muslim. Dakwah nabi Muhammad Dimadinah menekankan hubungan harmonis, saling menghormati, toleransi dan menjaga lingkungan di Madinah melalui kesepakatan bersama.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul Halaman 170 Bab 11 (Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul Halaman 170 Bab 11 (Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!