Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 What is the procedure for producing pest-resistant corn? Page 67 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama? Halaman 67 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Perhatikan Gambar 7.12!

Jagung pada gambar bagian atas merupakan jagung transgenik.

Jagung tersebut memiliki sifat tahan hama dibandingkan dengan jagung pada umumnya. Coba kamu diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan berikut.

1. Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama?

Cara menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama adalah dengan cara rekayasa genetika.

Cara pembuatan jagung dengan rekayasa genetika ini merupakan cara yang paling baru dalam kemajuan teknologi di bidang pertanian.

Proses rekayasa genetika pembuatan tanaman jagung tahan hama dapat dilakukan dengan teknik plasmid atau teknik penyisipan gen ini dapat membuat sifat jagung menjadi berubah sesuai dengan tujuan peneliti misalnya membuat jagung menjadi tahan hama.

Dalam perkembangan bioteknologi, tanaman jagung tahan hama ini juga dikenal sebagai tanaman jagung transgenic yang memiliki sifat yang lebih unggul dibandingkan dengan tanaman jagung yang biasanya.

Proses Rekayasa genetika untuk mengubah sifat jagung menjadi tahan hama dapat dilakukan dengan memasukkan gen pengkode racun alami atau kita sebut sebagai endotoksin dari bakteri Bacillus thuringiensis ke dalam tanaman jagung, sehingga secara alami tanaman jagung dapat memproduksi senyawa racun endotoksin yang dapat mematikan hama serangga yang menyerangnya.

Racun yang dihasilkan oleh tanaman jagung ini hanya akan menyerang hama serangga dengan cara merusak system pencernaan serangga saja dan tidak berdampak apapun pada manusia maupun hewan ternak, sehingga jagung yang dihasilkan sifatnya lebih aman untuk dikonsumsi daripada jagung yang telah terkena pestisida kimia.

Dengan tanaman jagung yang tahan hama ini, para petani tidak perlu repot repot menyemprotkan pestisida kimia sehingga lingkungan menjadi lebih aman.

2. Analisislah mengapa jagung transgenik mampu memiliki sifat tahan hama dan tidak seperti pada jagung biasa?

Karena terdapat bakteri Bacillus thuringiensis yang membuat jagung transgenik memiliki sifat tahan hama. Selain itu juga terjadi perubahan genetik pada jagung transgenik sehingga dapat diperoleh sifat resisten thd hama.

3. Apa manfaat dikembangkannya jagung tahan hama bagi manusia?

  • Manfaat Jagung Bt (jagung tahan hama) bagi manusia tidak hanya tanaman tahan terhadap serangga hama target dan menurunkan pemakaian insektisida, tetapi juga dapat menurunkan tingkat kontaminasi mikotoksin akibat serangan cendawan Fusarium.
  • Meningkatkan kualitas jagung, karena jagung menjadi tahan terhadap serangan hama
  • Teknik ini juga perlu dikembangkan untuk pengembangan produk pangan yang memiliki kualitas unggul.
  • Jumlah hasil panen lebih banyak dikarenakan menggunakan bibit unggul
  • Menurunkan jumlah penggunaan pestisida karena tanaman sudah tahan terhadap hama.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama? Halaman 67 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama? Halaman 67 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/bagaimana-prosedur-untuk-menghasilkan-jagung-yang-memiliki-sifat-tahan-hama/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!