Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Group Activities How are the socio-cultural changes that occur in a fertile natural environment and in a less fertile natural environment? Pages 109-110 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur? Halaman 109-110 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

Untuk membantu kalian memahami faktor yang menyebabkan perubahan sosial, lakukanlah kegiatan berikut!

1. Buatlah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang!

2. Setelah kalian mengamati berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di Indonesia, diskusikan hal-hal berikut!

3. Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?

Perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur Perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang tidak subur
Masyarakat akan lebih banyak berprofesi sebagai petani. Masyarakat akan lebih sedikit yang berprofesi sebagai petani.
Masyarakat dari luar akan datang dan bertempat tinggal di daerah yang bertanah subur. Masyarakat akan pergi ke tempat lain untuk tinggal dan bekerja.
Meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat. Hasil produksi pertanian akan semakin berkurang.
Jumlah penduduk kemungkinan akan meningkat karena banyaknya pendatang yang ikut tinggal di wilayah yang subur tersebut. Jumlah penduduk kemungkinan akan berkurang karena banyak pindah ke wilayah lain yang lebih subur.
Banyaknya penduduk yang beralih ke bidang pertanian karena tanah yang subur cocok untuk pertanian. Penduduk banyak beralih ke usaha ekonomi selain pertanian karena tanah tidak cocok untuk bertcocok-tanam misalnya saja beralih ke bidang industri.
Manusia lebih bergantung pada alam karena alam menyediakan lingkungan subur untuk diolah manusia. Hasil bumi bisa dijadikan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhannya.
Hal negatif yang mungkin terjadi adalah masyarakat malas untuk melakukan inovasi-inovasi baru karena alam sudah menyediakan segala kebutuhan masyarakat tanpa harus berusaha lebih keras. Hal positif yang mungkin terjadi adalah dengan lahan yang kurang subur akan memunculkan inovasi-inovasi baru untuk mengolah tanah dengan lebih modern, misalnya dengan irigasi, hidroponik, penggunaan pupuk, traktor mesin dan prediksi cuaca yang menggunakan komputer dan satelit sehingga keadaan yang kurang subur bisa tetap menghasilkan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat.

4. Apa saja perubahan sosial budaya akibat Indonesia berperang melawan penjajahan Belanda?

Indonesia merupakan salah satu negara yang dijajah oleh Belanda hingga beberapa tahun lamanya. Hal ini berdampak pada kebiasaan masyarakat Indonesia yang terpengaruh oleh sebagian hal dari Belanda diantaranya ialah ekonomi, nasionalisme dan kebudayaan. Beberapa perubahan sosial budaya yang diterima oleh negara Indonesia diantaranya perubahan sosial budaya bahasa, cara berpakaian, perilaku keseharian seperti makan bersosialisasi dan berkomunikasi, dan seni.

  • Bahasa : Terdapat beberapa kata yan diserap dari bahasa Belanda diantaranya absensi, karantina, karcis, karoseri, dan lain-lain. Kata-kata ini sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia.
  • Cara berpakaian : Orang Belanda juga berkembang di Indonesia. Seperti di Jawa, cara berpakaian ala keraton mulai terkikis dan digantikan dengan cara berpakaian orang Belanda yang dianggap lebih modern.
  • Budaya minum anggur : Pada awalnya jenis minuman yang biasanya disediakan pada saat pesta adalah minuman tradisional, seperti wedang jahe, teh, wedang uwuh, dan sebagainya. Namun setelah Belanda datang, jenis minuman pada saat pesta pun mengalami perkembangan, yaitu adanya budaya minum anggur.
  • Nasionalisme : Penjajahan yang dilakukan oleh Belanda telah menumbuhkan rasa nasionalisme para pemuda. Perbedaan suku, ras, dan agama membuat sekat-sekat antara kelompok satu dengan yang lain. Namun tersadar bahwa tujuan lebih besarnya adalah membuat Indonesia merdeka. Demi tujuan itu semua kalangan baik kaum tua maupun muda bersatu. Hingga saat ini nasionalisme tersebut tetap terpelihara.
  • Agama : Belanda membawa pengaruh yakni berkembangnya agama kristen di wilayah Indonesia.
  • Budaya Pacuan Kuda : Berkuda dikatakan sebagai olahraga yang mahal. Belanda memperkenalkan budaya pacuan kuda di Indonesia, hingga sekarang budaya ini dilestarikan dan menjadi cabang olahraga dalam pesta olahraga nasional.
  • Perilaku keseharian seperti cara berpakaian orang Belanda yang berkembang di Indonesia. Indonesia memiliki kebudayaan yang luas, dimana budaya tersebut mempunyai ciri khas masing – masig termasuk berpakaian. Namun masyarakat Indonesia sudah terpengaruh oleh gaya berpakaian dari Barat.
  • Ekonomi : Keadaan kehidupan masyarakat memprihatinkan karena perang, selain itu pajak yang tinggi dan tanam paksa semakin membuat rakyat menderita. Hampir semua sumber daya alam diperas habis-habisan oleh penjajah Belanda sehingga rakyat Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.
  • Budaya : Kebudayaan Barat atau Belanda menyebar luas ke seluruh negeri, seperti Bahasa, tarian, musik, pertunjukkan, dan cara berpakaian. Selain itu karya arsitektur, sastra dan lukisan juga sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Belanda.
  • Terbentuknya status sosial dimana yang tertingi adalah Eropa lalu Asia dan Timur yang terakhir kaum Pribumi.
  • Terjadinya penindasan dan pemerasan secara kejam Tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seperti upacara perlahan-lahan digantikan oleh tradisi pemerintah Belanda.
  • Terjadi feodalisme sehingga rakyat pribumi dipaksa untuk tunduk atau patuh pada tuan tanah Barat atau Timur Asing sehingga kehidupan penduduk Indonesia mengalami kemerosotan.
  • Tindakan pemerintah Belanda untuk menghapus kedudukan menurut adat penguasa pribumi dan menjadikan mereka pegawai pemerintah merutuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi.
  • Upacara dan tata cara yang berlaku di istana kerajaan juga disederhanakan dengan demikian ikatan tradisi dalam kehidupan pribumi menjadi lemah.
  • Dengan merosotnya peranan politik maka para elit politik baik raja maupun bangsawan mengalihkan perhatiannya ke bidang seni budaya.
  • Budaya Barat berkembang se1ara meluas bahkan merusak sendi-sendi kehidupan budaya tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  • Birokrat menggunakan bahasa Belanda sebagai simbolstatus mereka

Jadi kesimpulannya, perubahan sosial budaya akibat Indonesia berperang melawan Belanda antara lain bahasa, cara berpakaian, budaya minum, anggur, budaya pacuan kuda, dan lain-lain. Kita harus bijak dalam menyikapi perubahan tersebut, yang positif kita ambil dan yang negatif kita tinggalkan.

5. Carilah contoh pengaruh masyarakat lain di sekitar tempat tinggal kalian yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya!

No. Pengaruh Perubahan Sosial Budaya Contoh
1. Cara Berkomunikasi
  • Dengan adanya teknologi, seseorang bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dalam waktu yang sangat instan. Sehingga pertemuan tatap muka atau musyawarah semakin jarang terjadi kecuali dalam acara formal.
  • Dalam sebuah rukun warga atau rukun tetangga biasanya terdapat perkumpulan membahas tentang kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Dahulu rapat warga dilakukan dengan mekanisme tatap muka bertempat di balai dusun atau di kediaman ketua RT, RW, dan sebagianya. Terdapat penduduk baru yang masuk dan memiliki kesibukan yang padat. Seiring kesibukan warga yang semakin padat, rapat warga tidak lagi dengan beratatap muka melainkan melalui grup whatsapp (WA). Keuntungan cara ini adalah menghemat waktu, namun kerugiannya interaksi secara verbal menjadi berkurang.
  • Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang besar dalam cara kita berkomunikasi. Dulu kita sering melakukan surat-menyurat, dikirim terus menunggu balasan, kalau apes mungkin surat kita kekirim ke orang lain.Kalau sekarang sangat mudah, pakai smartphone ataupun Komputer kita bisa berkomunikasi secara kilat dengan berbagai media aplikasi.
2. Cara Anak Bermain Dahulu, anak-anak sangat suka bermain permainan tradisional selepas dari sekolah. Pada masa itu, teknologi gawai (gadget) belum secanggih sekarang. Namun saat ini, sulit menemui anak yang masih bermain permainan tradisional, terutama di kota atau daerah yang sudah terjamah teknologi. Orangtua lebih memilih memberikan anaknya gawai dibandingkan membiarkan anak berkeliaran di luar untuk bermain.

Padahal bermain permainan tradisional dapat melatih kemampuan sosial anak karena sebagian besar permainan tradisional harus dimainkan oleh minimal 2 orang. Permainan tradisional tunggal juga lebih seru jika dimainkan bersama teman-teman. Sedangkan pada permainan pada gawai, anak hanya berinteraksi dengan komputer atau orang lain secara tidak langsung.

3. Sudah Mulai Ada Lingkungan Individualis Indonesia adalah negara dengan karakteristik masyarakat yang ramah, tenggang rasa, dan penuh kepedulian. Dalam suatu masyarakat yang awalnya dihuni penduduk dengan latar belakang yang homogen (baik suku, ras, dan agama), saat ini makin beragam. Awalnya dengan tetangga saling mengenal dan saling peduli, dengan masuknya penduduk baru semakin mengikis kebudayaan tersebut. Kondisi masyarakat yang terbentuk cenderung menuju ke arah individualis. Nah, pengaruh seperti ini harus kita hindari.
Hal ini seringkali terjadi di kompleks perumahan dimana semua penduduk disana heterogen. Komunikasi mungkin hanya terjadi pada tetangga terdekat saja atau bahkan tidak sama sekali. Dahulu, karena belum ada transportasi yang memadai, sangat jarang terjadi fenomena merantau atau urbanisasi sehingga suasana sosial sangat terasa di kampung halaman masing-masing.
4. Bahasa Daerah Mulai Ditinggalkan Dengan adanya urbanisasi dan teknologi, bahasa daerah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh Bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain yang lebih umum digunakan. Hal tersebut membuat ragam bahasa daerah semakin sedikit bahkan ada beberapa bahasa daerah yang punah.
5. Cara Berpendapat Dahulu, setiap orang yang ingin menuntut sesuatu kepada pemerintah pasti melalui demo. Saat ini juga masih, tapi angka partisipan tidak sebanyak dulu dan kebanyakan orang lebih memilih berpendapat di media sosial atau membuat petisi daring (online).

Walaupun demikian, ternyata gempuran “kicauan” seperti di Twitter lebih ampuh mengubah kebijakan pemerintah dibandingkan dengan aksi demonstrasi. Dengan media sosial, suara rakyat lebih jelas terdengar.

6. Gaya Hidup Gaya hidup kebanyakan orang juga berubah, ada yang menjadikan sebagai gaya hidup yang baik seperti vegetarian. Namun ada pula yang sesat seperit mengkonsumsi narkoba.
7. Pertanian Ada petani yang cerdas memanfaatkan perubahan sosial budaya dengan cara meningkatkan produktifitas kerjanya dengan teknologi yang sudah berkembang namun ada pula yang tidak.

Selain itu kasus di Indonesia bisa dibilang dalam sektor pertanian sangat menurun karena cenderung suka membeli produk dari negara lain dibandingkan dengan produk lokal.

8. Ekonomi Dalam faktor ekonomi, hampir menyinggung seperti ekonomi. Contoh saja masyarakat lebih memilih berlibur ke luar negri dibanding dalam negri. Membeli barang merk luar negeri dibanding negara sendiri.
9. Kepercayaan (Religi) Contoh nyata, dahulu orang Indonesia berpegang teguh pada ajaran nenek moyang atau leluhur mereka yang telah tiada, namun sekarang mereka mengedepankan logika dan dengan bukti-bukti yang telah ada.
10. Pola Hidup Semakin kesini masyarakat lebih memilih membeli sesuatu dibanding membuat sesuatu, mungkin saja karena kita terlena dengan teknologi yang ada.
11. Perilaku Dalam kasus ini banyak contoh anak yang suka membantah kepada orang tua mereka.
12. Masyarakat Semakin Kritis Teknologi informasi semakin berkembang, berbagai media cetak online maupun offline banyak beredar. Namun kita harus bisa mengolah informasi yang ada dengan fakta yang memang benar-benar valid.
13. Kesenian Karena banyaknya berbagai kesenian yang masuk dari luar negeri, beberapa kesenian asli dari Indonesia sudah jarang ditemukan. Namun tetap saja masih ada yang populer dan dilestarikan hingga saat ini.
14. Permainan Dalam hal permainan juga ditemukan banyak kasus permainan asli Indonesia yang hilang. Sayapun sudah tidak menjumpai permainan congklak ataupun sundamanda di daerah sini, lebih banyak yang memilih bermain online game seperti DOTA ataupun game console.
15. Industri Munculnya revolusi industri membawa perubahan besar, banyak ketimpangan, pengangguran dan gerakan sosialis juga masih banyak lainnya.
17. Pendidikan Contoh simplenya seperti sekarang, kalian yang sedang belajar di Eduspensa.id atau media online lainnya. Pembelajaran juga tidak usah dari sekolah langsung, referensi banyak bertebaran. Di sekolah-sekolah tertentu juga biasanya tersedia komputer untuk pembelajaran.
18. Budaya Sudah banyak contoh budaya yang berubah akibat perubahan sosial budaya, dari perayaan yang sebelumnya tidak ada di Indonesia seperti valentine, budaya merayakan ulang tahun dan sebagainya. Selain itu banyak anak muda yang suka budaya Jejepangan seperti Cosplay.
19. Sopan santun Karena kondisi lingkungan maupun background keluarga, sopan santun seseorang bisa berubah. Yang dulunya menjadi baik sekarang bisa hilang rasa sopan santun mereka.
20. Tempat tinggal Rumah daerah sepertinya sudah jarang ditemui. Sekarang banyak masyarakat yang sudah beralih dari rumah daerah menjadi rumah modern ataupun gedung apartemen.
21. Cara berpakaian, gaya rambut, dan riasan Kebudayaan masyarakat Korea saat ini telah mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia. Pengaruh ini masuk melalui aspek entertainment, yakni melalui drama korea, trend fashion, dan riasan ala Korea dengan jalur masuk dapat melalui televisi maupun internet. Dampaknya dapat dilihat pada remaja-remaja yang kerap kali mengenakan model busana Korea, gaya rambut, riasan, dan juga bahasa-bahasa sapaan Korea.

3. Kalian dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan mengasosiasikannya dengan kelompok lain!

4. Tulislah hasil diskusi kalian!

5. Presentasikan di depan kelas

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur? Halaman 109-110 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur? Halaman 109-110 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!