Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Bab 5 (Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test 5 Page 125 Chapter 5 (Youth Oath in the Frame of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Bab 5 (Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Uji Kompetensi 5

Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian di bungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?

Saya sendiri sangat bangga karena dengan peran yang dilakukan oleh Pemuda dahulu untuk memerdekakan dan membangun Indonesia.Muncul rasa ingin menjadi pemuda yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan berterima kasih atas kerja keras mereka dnegan menyerahkan seluruh tenaganya dan rela berkorban terhadap dirinya sendiri untuk membela negara.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.5 SIkap dan Perilaku Halaman 119 Bab 5 (Sumpah Pemuda dalam Bhineka Tunggal Ika)

2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!

  • Pemuda yang meraih kemerdekaan bangsa dan mempertahankan kemerdekaan bangsanya
  • Pemuda yang mempertegas Jati diri negara Indonesia sebagai negara yang kuat dan kaya
  • Pemuda yang mempunyai rasa nasionalisme dan patriotisme
  • Pemuda yang berusaha mengharumkan dan Menjaga nama baik bangsa
  • Pemuda yang rela berkorban demi bangsanya
  • Pemuda yang tidak melakukan hal-hal yang dapat memalukan nama bangsa

3. Jika kalian berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda Tahun 1928, hal-hal apa yang akan dilakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan?

Hal-Hal yang saya akan lakukan untuk menunjukkan Jiwa Kepemudaan, yaitu :

  • Menghadiri acara sumpah pemuda tersebut dengan disiplin
  • Mendukung program yang akan dijalankan oleh Para Pemuda
  • Mempertahankan kesatuan dan persatuan antar golongan bangsa
  • Melindungi dan mempertahankan bangsa dan tanah air
  • Rela berkorban dan suka menolong serta bermusyawarah untuk tercapainya kemerdekaan bangsa

4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?

  • Ikut Menjaga Persatuan dan Kesatuan negara agar tetap utuh
  • Menjunjung tinggi nilai norma yang ada di dalam masyarakat
  • Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  • Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan
  • Belajar dengan rajin dan giat agar dapat menggapai cita-citanya dan memajukan bangsa
  • Menjaga Keutuhan bangsa agar tidak diakui bangsa lain dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan di Tengah beribu-ribu keberagaman yang ada di Indonesia

5. Lanjutkan wacana di atas dengan pernyataan, ”sebagai pemuda masa kini saya akan ….”

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.3 Halaman 141 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Sebagai Pemuda masa kini saya akan belajar bersungguh-sungguh agar bisa membanggakan dan memajukan bangsa Indonesia dan Menumbuhkan sikap bela negara dengan sebaik mungkin guna  menunjang integrasi nasional dan menghindarkan Negara Indonesia dari Jurang disitegrasi Nasional.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Bab 5 (Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Bab 5 (Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *