Breaking News

Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Independent Assignments 3.4 How do you feel after reading the discourse? Stealing 3 Cocoa Fruits, Granny Minah Sentenced to 1 Month 15 Days Page 93-95 Chapter 3 (Legal and Judicial System in Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.4 Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut? Mencuri 3 Buah Kakao, Nenek Minah Dihukum 1 Bulan 15 Hari Halaman 93-95 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 3.4

Bacalah berita di bawah ini.

Mencuri 3 Buah Kakao, Nenek Minah Dihukum 1 Bulan 15 Hari

Banyumas – Nenek Minah (55) tak pernah menyangka perbuatan isengnya memetik 3 buah kakao di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antan (RSA) akan menjadikannya sebagai pesakitan di ruang pengadilan. Bahkan untuk perbuatannya itu dia diganjar 1 bulan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan.

Ironi hukum di Indonesia ini berawal saat Minah sedang memanen kedelai di lahan garapannya di Dusun Sidoarjo, Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, pada 2 Agustus lalu. Lahan garapan Minah ini juga dikelola oleh PT RSA untuk menanam kakao. Ketika sedang asyik memanen kedelai, mata tua Minah tertuju pada 3 buah kakao yang sudah ranum. Dari sekadar memandang, Minah kemudian memetiknya untuk disemai sebagai bibit di tanah garapannya. Setelah dipetik, 3 buah kakao itu tidak disembunyikan melainkan digeletakkan begitu saja di bawah pohon kakao. Tidak lama berselang, lewat seorang mandor perkebunan kakao PT RSA. Mandor itu pun bertanya, siapa yang memetik buah kakao itu. Dengan polos, Minah mengaku hal itu perbuatannya. Minah pun diceramahi bahwa tindakan itu tidak boleh dilakukan karena sama saja mencuri.

Sadar perbuatannya salah, Minah meminta maaf pada sang mandor dan berjanji tidak akan melakukannya lagi. 3 Buah kakao yang dipetiknya pun dia serahkan kepada mandor tersebut. Minah berpikir semua beres dan dia kembali bekerja. Namun dugaannya meleset. Peristiwa kecil itu ternyata berbuntut panjang. Sebab seminggu kemudian dia mendapat panggilan pemeriksaan dari polisi. Proses hukum terus berlanjut sampai akhimya dia harus duduk sebagai seorang terdakwa kasus pencuri di Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto. Hari ini, Kamis (19V11V2009), majelis hakim yang dipimpin Muslih Bambang Luqmono SH memvonisnya 1 bulan 15 hari dengan masa percobaan selama 3 bulan. Minah dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 362 KUHP tentang pencurian.

Selama persidangan yang dimulai pukul 10.00 WIB, Nenek Minah terlihat tegar. Sejumlah kerabat, tetangga, serta aktivis LSM juga menghadiri sidang itu untuk memberikan dukungan moril.

Hakim Menangis

Pantauan detikcom, s suasana persidangan Minah berlangsung penuh keharuan. Selain menghadirkan seorang nenek yang miskin sebagai terdakwa, majelis hakim juga terlihat agak ragu menjatuhkan hukum. Bahkan ketua majelis hakim, Muslih Bambang Luqmono SH, terlihat menangis saat membacakan vonis. ”Kasus ini kecil, namun sudah melukai banyak orang,” ujar Muslih.

Vonis hakim 1 bulan 15 hari dengan masa percobaan selama 3 bulan disambut gembira keluarga, tetangga, dan para aktivis LSM yang mengikuti sidang tersebut. Mereka segera menyalami Minah karena wanita tua itu tidak harus merasakan dinginnya sel tahanan.

Sumber: hup://news.detik.com/berita/1 244955/

Setelah kalian membaca wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut?

Perasaan saya membaca wacana tersebut sangat tidak mengenakkan dan berpikir bahwa putusan hakim adalah hal yang keliru dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan terhadap Nenek Minah yang menerima perlakuan tidak adil dari PT. RSA. Untungnya, hakim sudah bertindak benar dengan memvonis 1 bulan 15 hari dengan masa percobaan selama 3 bulan, sehingga Nenek Minah tidak perlu berada di penjara.

2. Menurut kalian, apa yang menyebabkan terjadinya kasus tersebut?

Menurut saya yang menyebabkan terjadinya kasus tersebut adalah ketidaktahuan nenek Minah bahwa tindakannya bisa berbuntut ke ranah hukum. Selain itu, pihak perusahaan memperkarakan masalah kecil ini demi untuk memberikan efek jera karena pencurian di wilayah tersebut sering terjadi. Meski nenek Minah sudah meminta maaf dan mengembalikan 3 buah kakao yang dipetiknya dari pohon, kasus tetap dibawa ke ranah hukum.

Penyebab dari terjadinya kasus tersebut kemungkinan PT. RSA merasa haknya dilanggar oleh nenek Minah. Mereka tidak rela aset PT RSA diambil tanpa pemberitahuan oleh orang lain. Dengan membawa Nenek Minah ke meja hijau, PT RSA hendak memberikan pelajaran kepada Nenek Minah dan siapa saja, bahwa semurah apapun harga sebuah benda, tidak selayaknya orang lain mengambilnya.

3. Menurut kalian, apakah vonis yang dijatuhkan hakim sudah memenuhi rasa keadilan?

Menurut saya putusan hakim belum memenuhi rasa keadilan. Seharusnya kasus dengan barang curian dengan nilai yang sangat kecil cukup dinegosiasikan. Jikalaupun ingin diberi efek jeras, cukup sampai di kepolisian dan tidak masuk ke ranah perdilan.

4. Pada saat ini, sering terjadi kasus yang serupa dengan yang dialami oleh nenek Minah. Menurut kalian, apa langkah paling bijak yang harus dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam mengatasi kasus tersebut?

Menurut saya langkah paling bijak yang harus dilakukan oleh penegak hukum atas kasus serupa adalah dengan menekankan pada mekanisme non-formal yakni menggunakan pendekatan restorative justice di luar pengadilan. Terlebih MA juga sudah memutuskan bahwa nilai pencurian di bawah 2,5 juta tidak bisa ditahan.

Aparat penegak hukum perlu mengedepankan pendekatan non formal,dengan pendekatan restorative justice yang merupakan suatu pendekatan yang lebih menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.4 Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut? Mencuri 3 Buah Kakao, Nenek Minah Dihukum 1 Bulan 15 Hari Halaman 93-95 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.4 Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut? Mencuri 3 Buah Kakao, Nenek Minah Dihukum 1 Bulan 15 Hari Halaman 93-95 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!