Breaking News

Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 8 2013 Revised 2017 Curriculum How the spread of Islam during the Umayyad State Pages 110-111 Chapter 6 (Science Growth in the Umayyad Period) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah Halaman 110-111 Bab 6 (Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini !

1. Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah?

Penyebaran Islam pada kekhalifahan Bani Umayyah meliputi wilayah Asia Kecil, yaitu kerajaan Romawi (Konstantinopel), Asia Utara sampai ke wilayah Spanyol, dan Selat Jabal Tarik, hingga mencapai Asia Tengah sampai perbatasan Tiongkok (China).Dan menyebarkan agama islam dengan beberapa cara, yaitu :

  • Berdakwah
  • Berdagang ,dan
  • Melalui pendidikan dengan mendirikan pesantren

2. Di manakah pusat pemerintahan Daulah Umayyah!

661 sampai 750 di Jazirah Arab dan sekitarnya (beribukota di Damaskus) ; serta dari 756 sampai 1031di Kordoba, Spanyol sebagai Kekhalifahan Kordoba.

3. Sebutkan lima khalifah pada masa Bani Umayyah!

Khalifah-khalifah besar dinasti Bani Umayyah ini adalah

  • Muawiyah ibn Abi Sufyan (661-680 M)
  • Abd al-Malik ibn Marwan (685-705)
  • Al Walid ibn Abd al-Malik (705-715)
  • Umar ibn Abdal-Aziz (717-720 M), dan
  • Hasyim ibn Abd al-Malik (724-743 M).

4. Sebutkan 3 tokoh cendikiawan muslim di bidang ilmu qira’at pada masa Bani Umayyah!

Abdullah bin Qusair (w. 120 H),Ashim bin Abi Nujud (w. 127),dan Ibnu Katsir

5. Sebutkan kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh Bani Umayyah!

Masa kejayaan Bani Umayyah dimulai ketika Abdul Malik bin Marwan memerintah 66-86 H Atau 685-705 M. Berbagai kemajuan dilakukan Abdul Malik , diantaranya:

  • Menetapkan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi.
  • Mendirikan Balai kesehatan untuk rakyat.
  • Mendirikan Masjid di Damaskus.
  • Pada masa pemerintahan Bani Umayyah ini militer dikelompokkan menjadi 3 angkatan yaitu angkatan darat (al-jund), angkatan laut (al-bahiriyah) dan angkatan kepolisian.
  • Ketika Khalifah Abdul Malik menjabat, mulailah dirintis pembuatan tiras (semacam bordiran), yakni cap resmi yang dicetak pada pakaian khalifah dan para pembesar pemerintahan.
  • Setelah Bani Umayah berhasil menaklukkan bebagai wilayah, jalur perdangan menjadi semakin lancar. Ibu Kota Basrah di Teluk Persi pun menjadi pelabuhan dagang yang ramai dan makmur
  • Bangunan – bangunan artistik serta masjid-masjid yang memenuhi kota. Kota lama pun dibangun menjadi kota modern.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah Halaman 110-111 Bab 6 (Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah Halaman 110-111 Bab 6 (Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!