Breaking News

Bagaimana Pendapat anda tentang norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat?

Questions and Answer Keys for Class 7 PPKN Curriculum 2013 Revised 2016 What is your opinion about the norms that apply in people’s lives? Page 45 Chapter 2 (Norms and Justice) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana Pendapat anda tentang norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat? Halaman 45 Bab 2 (Norma dan Keadilan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Peraturan hukum akan ditaati warga negara apabila selaras dengan berbagai norma lain yang berlaku dalam masyarakat. Namun terkadang tidak semua peraturan hukum memiliki aturan yang sama dengan norma kesusilaan, kesopanan, kebiasaan, adat istiadat yang berlaku di masyarakat. Apakah ada peraturan hukum di sekitar kalian yang berbeda dengan norma lain yang berlaku. Apabila ada uraikan peraturan tersebut ! Apa norma  yang harus ditaati apabila terjadi perbedaan isi peraturan ? Jelaskan pendapat kalian !

Norma memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Norma sendiri ada dan dibutuhkan untuk mewujudkan dan menjaga tatanan kehidupan bersama yang harmonis. Untuk mencapai keadaan tersebut maka norma yang ada harus dipatuhi secara bertanggung jawab oleh seluruh masyarakat. Ini

Sebagai aturan yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat, norma dibentuk dan disepakati bersama sebagai pedoman dalam bersikap dan bertindak bagi seluruh warga masyarakat. Jika coba melanggar, maka akan mendapatkan sanksi baik hukum ataupun sosial.

Maka secara garis besar, norma memiliki arti penting baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Setidaknya, terdapat lima fungsi norma dalam kehidupan bermasyarakat antara lain :

  • Petunjuk Arah dan Pedoman Dalam Bersikap dan Bertindak

Sebagai pedoman, norma diyakini kebenarannya. Dengan kata lain, norma melekat dan mengarahkan perilaku manusia sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama. Melalui norma inilah, kita dapat mengetahui tindakan yang harus  dilakukan atau tindakan yang harus dihindari. Untuk itulah, manusia akan cenderung mematuhi ketentuan norma karena sekaligus takut akan konsekuensi sanksi jika tindakan yang dilakukan melanggar norma tersebut.

  • Pencegah Benturan Kepentingan Dalam Kehidupan Masyarakat

Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam suku, bahasa, budaya, dan agama. Di dalam setiap keragaman tersebut terdapat pula keberagaman karakter, watak, keinginan, selera, dan prinsip yang berbeda. Setiap orang tentu saja ingin agar kepentingannya didahulukan, jika kepentingan masing-masing individu tersebut sejalan, tidak akan terjadi benturan atau menimbulkan masalah.

Namun, jika kepentingan tersebut berbeda, bahkan bertentangan maka akan terjadi benturan kepentingan satu sama lain yang bisa memicu konflik. Untuk itulah, norma berfungsi sebagai pencegah benturan kepentingan dalam kehidupan masyarakat, karena dengan adanya norma menjamin tatanan kehidupan bersama yang teratur dan menjamin hak masing-masing individu dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Perlindungan Bagi Keberadaan Masyarakat

Tanpa adanya norma, dapat terjadi ketidakharmonisan relasi antarindividu. Norma memaksa seseorang untuk melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu. Norma juga melindungi masyarakat, terutama dari penyimpangan perilaku dan melindungi masyarakat dari perampasan kepentingan-kepentingan pihak yang lemah oleh pihak yang merasa kuat.

  • Menciptakan Ketertiban dan Ketentraman

Masyarakat akan tertib dan teratur jika norma yang berlaku ditaati bersama. Contohnya, ketika ada larangan untuk tidak membuang sampah disuatu tempat kita diminta untuk membaca dan mematuhinya. Jika kita tidak mematuhinya, tentu saja sampah akan menumpuk ditempat tersebut dan mengganggu serta menyebabkan polusi, bau menyengat, sekaligus memungkinkan penyebaran penyakit.

  • Memberikan Rasa Keadilan dan Kepastian Hukum

Keadilan tidak berarti sama rasa dan sama rata, tetapi keadaan yang sama sesuai porsinya. Setiap orang harus menerima bagian sesuai hak dan kewajibannya. Pada saat keadilan terwujud maka tidak terjadi benturan kepentingan, diskriminasi, dan konflik dalam masyarakat. Dengan demikian, norma menjamin terwujudnya nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab serta nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam norma hukum, keadilan berarti adanya jaminan negara terhadap anggota masyarakat untuk mendapatkan apa yang menjadi haknya dan memperoleh perlakuan yang sama di hadapan hukum. Di depan hukum, tidak ada seorang pun warga negara yang diistimewakan.

Untuk itu, hukuman yang diberikan atas pelanggaran norma hukum mempunyai dasar pembenarannya sebagai pembalasan atas kesalahan si pelanggar, memberi efek jera, memungkinkan rehabilitasi pelaku, dan mengisolasi pelaku untuk mencegahnya melakukan lagi kesalahan yang membahayakan orang lain.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana Pendapat anda tentang norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat? Halaman 45 Bab 2 (Norma dan Keadilan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Bagaimana Pendapat anda tentang norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat? Halaman 45 Bab 2 (Norma dan Keadilan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!