Breaking News

Bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara

PPKN Questions and Answer Keys for Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Independent Tasks 2.3 How to implement the characteristics of a democratic state in the family, school, community and state Page 68-69 Chapter 2 (Pancasila Democracy System and Dynamics) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.3 Bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara Halaman 68-69 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 2.3

Coba kalian amati dan rasakan bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Tulislah jawaban kalian dalam tabel di bawah ini.

Karakteristik Negara Demokratis Penerapan dalam Lingkungan
Keluarga Sekolah Masyarakat Negara
Persamaan Kedudukan di Depan Hukum Di bidang keluarga antara Anak dan orang tua memiliki kedudukan yang sama dalam hukum membayar pajak. Apabila sang anak sudah bekerja maka tidak ada alasan bahwa orang tua harus membayar pajak lebih tinggi dari sang anak. Selain itu, Orangtua harus bersikap adil terhadap putra-putrinya dan Hukuman/ sanksi diterapkan kepada seluruh anggota keluarga jika ada yang bersalah Di sekolah hukum menetapkan bahwa siswa harus menjaga suasana kondusif dalam belajar mengajar, sehingga guru dan siswa dipandang sama, apabila ada salah satu yang melanggar tetap akan berhadapan dengan hukum. Ada tata tertib atau aturan sekolah yang bersifat mengikat seluruh warga sekolah. Sanksi diterapkan tanpa pandang bulu. Di bidang masyarakat tiap orang meski dia menjabat sebagai pemimipin masyarakat (lurah, camat, bupati, gubernur) bila terindikasi melanggar hukum akan tetap diproses. Ada norma/ aturan dalam tingkat RT/RW hingga kelurahan. Jika ada yang melanggar, harus diberi sanksi sesuai aturan tersebut. Tidak ada lembaga negara yang kebal hukum, meskipun dia bekerja untuk DPR atau lembaga hukum seperti MK apabila terlibat kriminal maka tetap akan diproses. Setiap warga negara tanpa memandang derajat/pangkat wajib mengerti dan mematuhi hukum yang berlaku karena jika melanggar akan diberi sanksi/ hukuman yang menyusahkan dia sendiri. Hukum berlaku bagi siapa saja.
Partisipasi dalam Membuat Keputusan Saat memutuskan mengenai akan pergi kemana akhir pekan ini untuk liburan maka sebagai anak kita bisa ikut mengusulkan ke tempat yang tidak terlalu mahal namun tetap mendidik, contohnya ke taman pintar. Kepala keluarga harus bersikap demokratis dengan memberi kesempatan kepada anggota keluarga untuk mengutarakan pendapat dalam berbagai kesempatan. Dikelompok sekolah kita bisa ikut berpartisipasi dalam menentukan agenda kegiatan osis dalam satu tahun ke depan. Sekolah memiliki forum diskusi atau rapat yang memberi kesempatan kepada seluruh warga sekolah untuk mengutarakan pendapatnya dengan bebas. Di kelompok masyarakat kita bisa ikut mengambil keputusan mengenai agenda kegiatan peringatan 17 Agustus 1945. Serta di lingkungan RT/ RW terdapat perkulumpan rutin yang bersifat demokratis, di mana warganya berhak berpendapat dan menyampaikan usulan. Di tatanan negara kita bisa ikut mengambil keputusan mengenai siapa calon rakyat yang  akan terpilih melalui proses pemilu. Negara memberikan kesempatan kepada rakyat untuk berpendapat baik di media sosial, media cetak, maupun dalam berbagai forum pertemuan.
Distribusi Pendapatan Secara Adil Kepala keluarga atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran keluarga, harus bisa memberi uang saku yang tepat kepada putra-putrinya. Misalnya uang saku anak SD, tidak sama dengan uang saku anak SMP. Kepala Sekolah atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran sekolah, harus bisa mendistribusikan kebutuhan sekolah secara adil terhadap seluruh guru dan karyawannya. Juga harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik. Di lingkungan masyarakat, dana biasanya bersumber dari iuran warganya. Jika memang harus dipergunakan, maka harus diutamakan untuk dipergunakan oleh warga yang benar-benar membutuhkan. Dana pemerintah harus bisa dipergunakan secara adil oleh warganya. Misalnya dana bantuan untuk orang miskin harus benar-benar disalurkan kepada yang berhak.
Kebebasan yang Bertanggung jawab Berani mengungkapkan ide-ide atau gagasan untuk kebenaran dan keadilan di keluarga. Meskipun bebas, seorang anak harus tetap sopan dan patuh kepada orangtua. Begitupun sebaliknya, orangtua sudah pasti harus menyayangi putra-putri tercinta. Berani mengungkapkan ide-ide untuk suatu acara di sekolah. Meskipun bebas, para peserta didik tetap harus menghormati bapak ibu guru. Berani mengungkapkan ide-ide atau gagasan untuk kebenarandan keadilan di area masyarakat. Meskipun bebas, warga masyarakat harus tetap menghargai dan menghormati ketua RT/RW. Berani mengutarakan ide atau gagasan untuk kebenaran dan keadilan pada sidang negara. Meskipun bebas mengkritik, setiap warga negara tetap harus menghormati dan menghargai pemimpin negara jangan sampai melanggar hukum.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.3 Bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara Halaman 68-69 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.3 Bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara Halaman 68-69 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/bagaimana-pelaksanaan-karakteristik-negara-demokratis-di-lingkungan-keluarga-sekolah-masyarakat-dan-negara/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!