Breaking News

Bagaimana mereka dapat menghindarkan diri dari perbuatan perbuatan tercela. Buatlah kesimpulan hasil wawancaramu dalam kaitannya dengan keimanan kepada malaikat.

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Activity 1 How can they avoid committing disgraceful acts. Summarize your interview results in relation to faith in angels Page 107 Chapter 7 (Angels are always with me) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Bagaimana mereka dapat menghindarkan diri dari perbuatan perbuatan tercela. Buatlah kesimpulan hasil wawancaramu dalam kaitannya dengan keimanan kepada malaikat Halaman 107 Bab 7 (Malaikat Selalu Bersamaku) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas 1

Buatlah satu instrumen wawancara berkaitan dengan perbuatan tercela. Kemudian, lakukan wawancara singkat dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Bagaimana mereka dapat menghindarkan diri dari perbuatan perbuatan tercela. Buatlah kesimpulan hasil wawancaramu dalam kaitannya dengan keimanan kepada malaikat.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menghindarkan diri dari perilaku tercela, yaitu :

  • Merasa diawasi oleh Sang Maha Pencipta

Hal ini sangat penting, dan tanamkan selalu konsep ini di dalam hati dan pikiran. Ketika seorang manusia merasa diawasi gerak-geriknya, tentu ia akan mencoba untuk bersikap tidak melampaui batas, apalagi pengawasan itu langsung dilihat oleh Sang Maha Pencipta.

Saat seseorang menanamkan pola ini dalam dirinya, niscaya ia akan takut untuk berbuat buruk kepada diri sendiri atau pun kepada orang lain, sebab ia takut akan Tuhannya.

  • Menganggap perbuatan buruk sebagai tindakan merugikan

Tidak bisa dimungkiri, berbuat buruk memiliki konsekuensi yang tidak akan menguntungkan seseorang, malah sebaliknya, ia akan merugi. Kenapa bisa begitu? Karena berbuat buruk secara terus menerus akan membuat hati seseorang menjadi kotor sehingga tak bisa lagi membedakan perbuatan baik dan tidak.

Sebagai contoh, jika seseorang terbiasa berbohong, maka hidupnya tak akan pernah nyaman. Sebab dalam kesehariannya ia harus berpikir keras untuk menciptakan kebohongan-kebohongan berikutnya demi menutup kebohongan yang sudah lebih dulu ia lakukan.

Bayangkan saat perbuatan buruk tersebut terungkap dan diketahui orang lain, seseorang akan sulit menjalani harinya karena orang lain sudah tidak percaya lagi padanya.

  • Hindari lingkungan yang tidak sehat

Lingkungan memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Terkadang jika seorang manusia mudah terpengaruh, maka ia akan dengan mudah mengikuti pola hidup orang lain. Karena itu sebaiknya pilihlah tempat tinggal dengan lingkungan yang baik dan positif.

Bayangkan jika seseorang setiap harinya berinteraksi dengan peminum, bukan tidak mungkin ia juga akan terpengaruh untuk ikut minum lantaran tidak enak menolak ajakan orang lain, hingga akhirnya kegiatan minum-minum pun menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya sulit dihindari. Untuk itu pilihlah lingkungan yang dapat membuat kita bisa hidup lebih baik. Oleh karena itu, selalu jujur dalam segala kondisi. Jangan pernah takut berkata benar walau pun pahit.

  • Bangun kekerabatan dengan orang-orang yang baik, terutama yang memiliki ilmu agama

Berteman dengan orang-orang baik adalah pilihan tepat yang harus dilakukan setiap orang. Dengan begitu, seseorang akan terpacu untuk mau berbuat positif. Cobalah untuk menjalin kekerabatan dengan orang-orang baik, terutama mereka yang baik akhlak dan ilmu agamanya.

Biasanya orang-orang yang memiliki pendidikan agama yang baik memiliki kepekaan dan mudah menasihati temannya apabila sudah salah langkah. Hal ini yang dibutuhkan setiap manusia, sebab jika seorang manusia sudah salah jalan, ia perlu diingatkan oleh orang-orang di sekitarnya sehingga bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Sadari bahwa setiap perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban

Ingatlah bahwa kehidupan dunia tidaklah kekal. Semua yang hidup akan berakhir dengan kematian dan kembali kepada-Nya. Jika seseorang memahami dan sadar akan hakekat hidup ini, tentu ia akan berupaya untuk menghindari perbuatan-perbuatan buruk.

Sebab pada akhirnya Sang Maha Pencipta akan meminta pertanggungjawaban tiap-tiap manusia atas apa yang ia lakukan selama menjalani hidup. Untuk itu manfaatkan waktu yang ada untuk berbuat kebaikan daripada terus menjalani hidup dengan perbuatan buruk.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Menjauhi laranganNya.
  • Selalu berperilaku positif, yakin akan keberadaanNya.
  • Serta bergaul dengan orang-orang yang saleh.

Menghindarkan diri dari perilaku tercela merupakan salah satu hikmah dari beriman kepada Malaikat Allah SWT. Dengan kita beriman kepada Malaikat Allah, maka dapat mengurangi atau menghindari perilaku tercela. Sebab kita akan merasa bahwa Malikat tersebut berada disisi kita, kita akan meningkatkan ketakwaan kita, serat dapat mendorong kita untuk selalu bersikap baik dan menghindari perilaku tercela.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Bagaimana mereka dapat menghindarkan diri dari perbuatan perbuatan tercela. Buatlah kesimpulan hasil wawancaramu dalam kaitannya dengan keimanan kepada malaikat Halaman 107 Bab 7 (Malaikat Selalu Bersamaku)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Bagaimana mereka dapat menghindarkan diri dari perbuatan perbuatan tercela. Buatlah kesimpulan hasil wawancaramu dalam kaitannya dengan keimanan kepada malaikat Halaman 107 Bab 7 (Malaikat Selalu Bersamaku). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!