Breaking News

Bagaimana kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan?

Questions and Answer Keys for Indonesian History Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 FINAL EXERCISE CHAPTER How was the political condition of Indonesia at the beginning of independence Page 213 Chapter 7 (Revolution to Uphold the Banner of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN AKHIR BAB Bagaimana kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan Halaman 213 Bab 7 (Revolusi Menegakkan Panji-Panji NKRI) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

LATIH ULANGAN AKHIR BAB

1. Bagaimana kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan?

Kondisi Politik Indonesia pada awal kemerdekaan sangatlah kacau. Kekacauan ini bisa dilihat sebagai berikut:

  • Landasan dasar dan Ideologi Negara baru disahkan sehari setelah proklamasi Kemerdekaan
  • Belanda beserta Sekutu masih tidak terima dengan kemerdekaan Indonesia
  • Bentuk Negara pernah berganti
  • Sistem Pemerintahan negara pernah berganti
  • Konstitusi negara pernah berubah
  • Presiden pernah berganti pada saat Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta ditangkap oleh Belanda
  • Belanda dan Sekutu masih mencoba menguasai beberapa daerah di Indonesia.
  • Ibukota sempat dipindahkan beberapa kali
  • Banyak Ideologi yang berkembang pada awal Indonesia Merdeka
  • Banyak Partai Politik yang berdiri.

Pada saat Indonesia memerdekakan diri, Para tokoh Indonesia mulai mempersiapkan banyak hal seperti, Simbol Negara, Bendera Negara, Ideologi Negara dan susunan Pemerintahan.

Indonesia yang pada saat itu masih menjadi negara yang baru berdiri masih mencari sistem pemerintahan yang cocok dengan Ideologi negara dan mereka memutuska Sistem Pemerintahan Presidensial yang paling mendekati Undang-Undang Dasar 1945. Sistem Pemerintahan Presidensial adalah sebuah sistem dimana Presiden menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dan Majelis Permusyawaratan Rakyat berada di bawah Presiden.

Dalam Perkembangan negara Indonesia, Indonesia merasa Sistem Pemerintahan Presidensial sudah tidak cocok dengan idelogi Indonesia. Hal ini disebabkan munculnya golongan sosialis di dalam Komite Nasional Indonesia Pusat. Komite ini bertugas menetapkan garis besar haluan negara. Komite Nasional Indonesia Pusat pun menyarankan agar mengganti Sistem Pemerintahan Presidensial menjadi Sistem Pemerintahan Parlementer. Indonesia mengganti Sistem Pemerintahan Presidensial menjadi Sistem Pemerintahan Parlementer tanggal 14 November 1945. Sistem Pemerintahan Parlementer inilah yang nanti menciptakan Dewan Perwakilan Rakyat.

2. Mengapa terjadi pertempuran 10 November 1945, dan bagaimana peristiwa itu berlangsung?

PERISTIWA 10 November 1945 yang sekarang dikenal sebagai Hari Pahlawan, merupakan satu peristiwa heroik segenap rakyat Indonesia, dalam mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikannya, pada 17 Agustus 1945.

Peristiwa bersejarah ini, dipicu oleh tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby, dalam pertempuran di Surabaya, Jawa Timur. Dalam peperangan itu, Mallaby tewas terpanggang di dalam mobil yang ditumpanginya, diduga akibat terkena lemparan granat, saat melintas di depan Gedung Internatio.

3. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bandung Lautan Api!

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Istilah Bandung Lautan Api menjadi istilah yang terkenal setelah peristiwa pembumi-hangusan tersebut. Jenderal A.H Nasution adalah Jenderal TRI yang dalam pertemuan di Regentsweg (sekarang Jalan Dewi Sartika), setelah kembali dari pertemuannya dengan Sutan Sjahrir di Jakarta, memutuskan strategi yang akan dilakukan terhadap Kota Bandung setelah menerima ultimatum Inggris tersebut.

“Jadi saya kembali dari Jakarta, setelah bicara dengan Sjahrir itu. Memang dalam pembicaraan itu di Regentsweg, di pertemuan itu, berbicaralah semua orang. Nah, disitu timbul pendapat dari Rukana, Komandan Polisi Militer di Bandung. Dia berpendapat, “Mari kita bikin Bandung Selatan menjadi lautan api.” Yang dia sebut lautan api, tetapi sebenarnya lautan air.”-A.H Nasution, 1 Mei 1997

Istilah Bandung Lautan Api muncul pula di harian Suara Merdeka tanggal 26 Maret 1946. Seorang wartawan muda saat itu, yaitu Atje Bastaman, menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak itu Atje Bastaman melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Setelah tiba di Tasikmalaya, Atje Bastaman dengan bersemangat segera menulis berita dan memberi judul “Bandoeng Djadi Laoetan Api”. Namun karena kurangnya ruang untuk tulisan judulnya, maka judul berita diperpendek menjadi “Bandoeng Laoetan Api”.

4. Keputusan Perundingan Renville merupakan bencana nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Coba telaah secara kritis dan mendalam!

Berdasarkan Persetujuan Renville, wilayah RI semakin dipersempit dengan adanya garis Demarkasi Van Mook, yang dikenal dengan istilah Kantong. Kesatuan TNI yang berada di dalam wilayah Belanda harus meninggalkan daerah tersebut. Di Jawa Barat, semua pasukan Siliwangi sebanyak 35.000 orang, pada 26 Februari 1948 telah meninggalkan daerah-daerah gerilyanya menuju ke daerah RI di Jawa Tengah. Adapun pasukan TNI di Jawa Timur yang harus hijrah ke daerah RI di Jawa Tengah sebanyak 6.000 pasukan. Peristiwa ini dikenal dengan nama Hijrah.

Jadi begitu! Pihak Indonesia bersedia menandatangai perjanjian ini karena memang kondisi persediaan amunisi perang yang semakin menipis. Jadi, untuk menghindari serangan Belanda yang lebih hebat, Indonesia bersedia menyetujui isi perjanjian tersebut.

5. Lakukan telaah kritis mengapa Belanda sangat mendukung dilaksanakan Perjanjian Linggarjati!

Karena perjanjian linggarjati menyebabkan wilayah indonesia mengecil. berdasarkan perjanjian linggarjati, wilayah indonesia hanya meliputi pulau jawa, madura, dan sumatra. sementara wilayah indonesia yang lain jatuh ke tangan belanda.

6. Apa makna Serangan Umum 1 Maret 1949 dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia?

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Divisi III, Kol. Bambang Sugeng,[butuh rujukan] untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI – berarti juga Republik Indonesia – masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehrkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta.

7. Mengapa RIS berlangsung tidak terlalu lama?

Alasan mengapa RIS (Republik Indonesia Serikat) berlangsung tidak terlalu lama adalah karena muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bentuk NKRI sebagai perwujudan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Gerakan menuju pembentukan NKRI memperoleh dukungan yang kuat dari seluruh rakyat Indoneesia. Banyak Negara bagian satu per satu menggabungkan diri dengan Negara Republik Indonesia. Dimulai pada tanggal 10 Februari 1950 DPR Negara Sumatera Selatan memutuskan untuk menyerahkan kekuasaannya pada RI.

Kemudian tindakan ini diikuti oleh Negara-negara bagian lainnya yang cenderung untuk menghapuskan Negara-negara bagian dan menggabungkan diri ke dalam RI. Sehingga pada akhir Maret 1950, tersisa empat Negara bagian dalam RIS, yaitu Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Negara Indonesia Timur, dan Republik Indonesia. Namun pada akhir April 1950 hanya ada  Republik Indonesia yang tersisa dalam RIS sehingga negara kita juga disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Beberapa Alasan Mengapa RIS Berlangsung Tidak Lama

  • Para pemimpin negara bagian adalah orang-orang yang pendukung negara kesatuan republik indonesia.
  • Anggapan dikalangan rakyat indonesia bahwa pembentukan sistem federal (RIS) Merupakan upaya belanda untuk memecah belah bangsa indonesia.
  • Republik Indonesia Serikat (RIS) tidak memiliki ideologi yang kuat dan tujuan kenegaraan yang tidak jelas.
  • RIS tidak mendapat dukungan yang banyak dari bangsa Indonesia dan selalu di rong-rong oleh KNIL, KL dan gololongan yang takut kehilangan haknya setelah belanda pergi dari Indonesia.

8. Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dengan belajar bab tentang Revolusi Menegakkan Panji-panji NKRI?

Pelajaran yang saya peroleh adalah begitu kerasnya para tokoh-tokoh perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan suatu kemederkaan, mulai dari berperang menggunakan senjata yang banyak memakan korban, sampai melalui jalur diplomasi tetapi Indonesia masih dirugikan, akan tetapi Indonesia tidak putus asa akhirnya Indonesia diakui merdeka oleh Belanda.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN AKHIR BAB Bagaimana kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan Halaman 213 Bab 7 (Revolusi Menegakkan Panji-Panji NKRI)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN AKHIR BAB Bagaimana kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan Halaman 213 Bab 7 (Revolusi Menegakkan Panji-Panji NKRI). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!