Breaking News

Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Chapter 1 How is the relationship between human rights and human obligations? Page 35 Chapter 1 (Harmonization of Human Rights and Obligations in the Perspective of Pancasila) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 1 Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia? Halaman 35 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 1

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara jelas dan akurat.

1. Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia?

Terdapat keterkaitan HAM dan Kewajiban Asasi Manusia yang begitu erat. Sebab melihat definisi dari Kewajiban Asasi Manusia (KAM) menurut Prof Dr. Notonegoro adalah beban yang diembankan kepada seseorang dan mengikat orang sebagai yang harus dilaksanakan, tanpa adanya pengecualian.

Alasan mengapa antara HAM dan KAM harus dijalankan secara seimbang dan beriringan, sebab agar nantinya tidak ada ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat guna menjaga kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ketika semua orang tidak menjalankan KAM dan hanya menuntut HAM, maka semua orang tidak akan merasakan Haknya. Maka dari itu, antara HAM dan KAM mempunyai keterkaitan yang sangat erat sekali dan tidak dapat dipisahkan maupun dikurangi.

2. Mengapa antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia dalam perwujudannya harus diharmonisasikan?

Makna dari Hak Asasi Manusia sendiri adalah hak yang sudah semestinya kita dapatkan dari orang lain, sedangkan Kewajiban Asasi Manusia bermakna tindakan yang sudah semestinya kita berikan kepada orang lain dalam rangka menghargai haknya.

Hak asasi manusia dan kewajiban asasi manusia harus diharmonisasikan dikarenakan keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat sehingga tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Seseorang harus menjalankan kewajiban asasi manusia terlebih dahulu apabila ia ingin mendapatkan hak asasi manusianya.

Alasan mengapa Hak Asasi Manusia dan Kewajiban Asasi Manusia perlu diharmonisasikan atau diselaraskan, agar nantinya tidak ada ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat guna menjaga kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia. Contoh ketimpangan Hak dan Kewajiban secara sederhana semisal ada orang yang merokok didalam angkutan umum, sang perokok menganggap bahwa merokok adalah haknya, sedangkan disatu sisi ia tidak menjalankan kewajibannya untuk memberikan hak kepada orang lain untuk menghirup udara segar.

Maka dari itu Hak Asasi Manusia dan Kewajiban Asasi Manusia perlu dijalankan secara selaras.

3. Uraikan jaminan hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila!

  • Sila pertama, bahwa kita berhak memiliki agama tanpa ada paksaan.
  • Sila kedua ,kita berhak mendapatkan keadilan yang sama dihadapan hukum.
  • Sila ketiga, menjamin bahwa seluruh provinsi dan ibukota yang ada di Indonesia bergabung dalam suatu wadah NKRI.
  • Sila keempat, menjamin bahwa setiap masyarakat dapat mengeluarkan pendapat dengan penuh tanggung jawab.
  • Sila kelima, bahwa Masyarakat berhak menerima keadilan yang sama dari pemerintah.

Pancasila menjamin hak asasi manusia dengan tiga sumber nilai, yaitu hak dan kewajiban asasi manusia di dalam nilai dasar Pancasila, nilai instrumental Pancasila, serta nilai praksis sila-sila Pancasila. Berikut penjelasannya.

  • Hak dan kewajiban asasi manusia di dalam nilai dasar Pancasila

Hak dan kewajiban asasi manusia dalam nilai dasar Pancasila berkaitan erat dengan hakikat dasar dari sila-sila Pancasila, yaitu sila pertama memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menganut kepercayaan sesuai kehendaknya, sila kedua menjamin setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang setara serta mendapatkan keadilan, sila ketiga memberi pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, sila keempat memberikan jaminan bahwa hak setiap orang wajib dihargai dan dilaksanakan serta musyawarah untuk mufakat, serta sila kelima memberikan jaminan bahwa setiap orang berhak mendapatkan keadilan dan diakui hak perorangannya.

  • Hak dan kewajiban asasi manusia di dalam nilai instrumetal Pancasila

Hak dan kewajiban asasi manusia dalam nilai instrumental Pancasila adalah hak-hak dan kewajiban asasi manusia yang diwujudkan dalam bentuk peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah, seperti UUD Tahun 1945, TAP MPR, Perppu, Kepres, hingga peraturan-peraturan daerah.

  • Hak dan kewajiban asasi manusia di dalam nilai praksis sila-sila Pancasila

Hak dan kewajiban asasi manusia dalam nilai praksis sila-sila Pancasila sebenarnya hampir sama dengan nilai dasar Pancasila, namun hak dan kewajiban ini hanya dapat tercipta apabila nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila telah terlaksana di dalam kehidupan sehari-hari.

4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia,Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan?

Yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan HAM, Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan, maka proses penegakan tidak akan memiliki dasar hukum yang kuat, penegakan hanya akan semena-mena, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia salah satunya dalam hal penegakan HAM, tidak akan terwujud. Maka dari itu, Pancasila bersifat landasan yang fundamental dalm proses penegakan HAM.

Apabila proses penegakan hak asasi manusia tidak menjadikan Pancasila sebagai dasar atau landasan di Indonesia, maka proses penegakan tersebut akan bersifat liberal dan sekuler, sehingga tidak sejalan dengan sila pertama dari Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Selain Pancasila, penegakan hak asasi manusia di Indonesia juga berlandaskan pada beberapa hal lain, seperti UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Pancasila yang bersahabat tidak akan dijadikan landasan atau landasan dalam proses pengamanan hak asasi manusia, karena tidak ada landasan atau landasannya, maka hak asasi manusia tidak akan berjalan dengan lancar (tidak ada nada penegakan hak asasi manusia).

5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia?

Paham liberal merupakan suatu paham atau ideologi politik yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan suatu masyarakat yang bebas tanpa dibatasi oleh peraturan pemerintah maupun peraturan agama. Kebebasan beragama ini membuat warga negara dapat menganut kepercayaan ateis atau tidak percaya akan adanya tuhan. Hal ini tentu tidak sesuai dengan sila pertama dari Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Paham kebebasan ini juga dianut oleh sistem ideologi sosialisme.

Liberalisme dan sosialisme tidak cocok sebagai landasan penegakan HAM karena liberalisme bersifat individual (tidak memperhatikan hak orang lain). Sedangkan sosialisme bersifat seluruhnya diatur oleh pemerintah sehingga tidak ada kebebasan manusia untuk berpendapat berkarya, berkembang, dan jaminan keamanan.

Jadi alasan Indonesia untuk tidak menggunakan landasan Liberalisme dan Sosialisme karena prinsip-prinsip liberalisme lebih mengedepankan pada kebebasan individual yang tanpa batas, sementara sosialisme lebih mengedepankan kepada dominasi negara atas individu. Kedua ideologi tersebut bertentangan dengan prinsip penegakan HAM di Indonesia yang lebih mengedepankan asas keseimbangan berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

6. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Pelanggaran-pelanggaran HAM di masyarakat masih sering terjadi dikarenakan kurangnya kesadaran dalam menegakkan hak dan kewajiban asasi manusia. Selain itu, pemerintah serta aparat yang berwenang kurang tegas dalam menegakkan peraturan-peraturan terkait hak dan asasi manusia. Hal ini menyebabkan masyarakat maupun pemerintah sama-sama harus bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan ini.

Yang bertanggungjawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM adalah pemerintah, maka di bentuklah oleh pemerintah lembaga penegakan HAM untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia lebih tepatnya KOMNASHAM dan pihak KEPOLISISAN, namun peran masyarakat juga dibutuhkan. Untuk itu sosialisasi adanya HAM itu penting untuk masyarakat dan akan membuat masyarakat kita menyadari betapa pentingnya HAM.

Solusi mencegah pelanggaran HAM

  • Adanya Pendidikan karakter yang dilakukan oleh rumah sekolah dan lingkungan sekitar di rumah peran orang tua sangat mempengaruhi tingkah laku anaknya sementara di sekolah dan di lingkungan pun juga mempengarauhi karakter anak.
  • Mempelajari segala sesuatu tentang HAM dan hukum yang berlaku, apabila terjadi pelanggaran HAM sebagai warga negara yang baik yang menjunjung tinggi rasa keadilan dan kemanusiaan kita harus melaporkan pada pihak yang berwajib.
  • Bersikap jujur apabila ada orang yang melanggar HAM, sebaiknya kita tegur atau kita laporkan pada pihak yang berwajib.
  • Bersikap toleransi dan menaati hukum dan aturan yang berlaku.
  • Menghargai perbedaan yang ada, tidak bersifat rasis.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 1 Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia? Halaman 35 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 1 Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia? Halaman 35 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!