Breaking News

Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara?

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 What is the impact of international trade (positive and negative) on the life of the country? Page 159 Chapter 3 (Inter-Spatial Dependence and Its Effect on Community Welfare) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok

2. Materi diskusi masing-masing kelompok.

  1. Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara?
  2. Apakah manfaat yang kalian rasakan sebagai pelajar dengan adanya perdagangan internasional?

3. Tuliskan jawaban kelompok pada selembar kertas

4. Presentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain

5. Tanggapi atau jawab apabila ada tanggapan/pertanyaan dari kelompok lain

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara?

 

Dengan adanya perdagangan internasional ini juga membawa dampak positif yang cukup luas bagi perekonomian pada suatu negara. Dampak positif tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Untuk Mempererat persahabatan antarbangsa

Perdagangan antarnegara tersebut dapat membuat tiap negara mempunyai rasa saling membutuhkan dan juga rasa perlunya persahabatan. Oleh sebab itu, perdagangan internasional tersebut dapat mempererat persahabatan antar negara-negara yang bersangkutan.

  • Untuk Menambah kemakmuran negara

Perdagangan internasional tersebut juga dapat menaikkan pendapatan negara masing-masing. hal tersebut terjadi dikarenakan negara yang kelebihan suatu barang tersebut dapat menjualnya ke negara lain, dan juga negara yang kekurangan barang juga dapat membelinya serta juga negara yang kelebihan. Dengan meningkatnya pendapatan negara tersebut dapat menambah kemakmuran negara.

  • Untuk Menambah kesempatan kerja

Adanya perdagangan antarnegara tersebut , negara pengekspor tersebut dapat menambah jumlah produksinya untuk konsumsi luar negeri. Naiknya tingkat produksi tersebut akan dapat memperluas kesempatän kerja. Negara pengimpor tersebut juga mendapatkan manfaat, yakni ; tidak perlunya memproduksi barang yang dibutuhkan sehingga sumber daya(Resource) yang dimiliki tersenbut dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan.

  • Untuk Mendorong kemajuan Ilmu Pengetahuan serta Teknolog

Perdagangan internasional tersebut mendorong para produsen untuk dapat meningkatkan mutu hasil produksinya. Oleh sebab itu, persaingan perdagangan internasional tersebut mendorong negara pengekspor untuk dapat meningkatkan ilmu serta teknologinya agar produknya tersebut mempunyai keunggulan dalam bersaing.

  • Sebagai sumber pemasukan kas negara

Perdagangan internasional tersebut dapat meningkatkan sumber devisa negara. Bahkan juga, banyak negara yang mengandalkan sumber pendapatan dan juga pajak impor serta ekspor.

  • Menciptakan efisiensi dan juga spesialisasi

Perdagangan internasional tersebut menciptakan suatu spesialisasi produk. Negara-negara yang melakukan perdagangan internasional tersebut juga tidak perlu memproduksi semua barang yang dibutuhkan. Akan tetapi hanya memproduksi barang dan juga jasa yang diproduksi dengan secara efisien dibandingkan dengan negara lain.

  • Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi masyarakat suatu negara

Dengan adanya perdagangan internasional tersebut, warga negaranya juga dapat menikmati barang-barang dengan kualitas tinggi yang tidak diproduksi didalam negeri.

Dengan adanya perdagangan internasional yang berdampak positif tersebut juga mempunyai dampak negatif bagi negara yang melakukannya. Dampak negatifnya perdagangan internasional tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Adanya suatu ketergantungan pada suatu negara terhadap negara lain.
  2. Terdapat persaingan yang tidak sehat didalam perdagangan internasional.
  3. Ada Banyak industri kecil yang kurang mampu untuk dapat bersaing menjadi gulung tikar(bangkrut).
  4. Terdapat suatu pola konsumsi masyarakat yang meniru konsumsi negara yang lebih maju(tidak kreatif).
  5. Terjadinya suatu kekurangan tabungan masyarakat untuk dapat berinvestasi. hal tersebut terjadi disebabkan karena masyarakat menjadi konsumtif.
  6. Timbulnya suatu penjajahan ekonomi oleh negara yang lebih maju.
  7. Neraca Perdagangan dan juga Neraca Pembayaran.
Apakah manfaat yang kalian rasakan sebagai pelajar dengan adanya perdagangan internasional?
  • Bisa mendapatkan produk-produk berteknologi tinggi dan bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran seperti : laptop dan LCD proyektor
  • Meningkatnya pendapatan keluarga karena bapak ibu bisa bekerja di perusahaan-perusahan yang produknya diekspor
  • Tersedianya alat tulis yang berasal dari luar negeri
  • Tersedianya referensi buku yang bermutu dari luar negeri
  • Pelajar dapat memperoleh serta merasakan produk luar negeri yang memiliki teknologi sangat canggih dan tinggi yang dapat menunjang kegiatan belajar.
  • Opsi lapangan pekerjaan di masa mendatang semakin beragam dan luas.
  • Pelajar dapat memperoleh pendidikan pada perguruan tinggi berkualitas tinggi yang berada diluar negeri.
  • Adanya buku atau bacaan yang berasal dari luar negeri dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas serta pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah ditemui atau terjadi di negara asal.
  • Sebagai seorang pelajar bisa mengambil manfaat yang positif, seperti kita bisa belajar bagaimana cara suatu negara bisa menjadi negara yang maju dengan perekonomian yang bagus sehingga kita sebagai generasi muda harus bisa memajukan negara agar menjadi negara yang unggul dari negara yang lain.
  • Terpenuhinya sarana pendidikan yang mutakhir atau modern, seperti komputer/ gadget canggih yang belum ada di dalam negeri.
  • Tersedianya buku bacaan yang lebih detail terhadap topik tertentu, sehingga membantu bagi pelajar yang sedang mencari referensi.
  • Memberikan motivasi bagi diri sendiri terhadap karya yang sudah diciptakan oleh negara lain untuk dikembangkan di negeri sendiri
  • Membuka wawasan terhadap minat jurusan kuliah, sehingga dapat mempersiapkan diri dari sekarang, misalnya ingin menjadi seorang programmer, mechanical engineering, dll
  • Membuka peluang usaha atau membuka lapangan pekerjaan, dari pengetahuan cara membuat barang yang selama ini di inpor ke dalam negeri kemudian dibuat di sini.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bagaimana dampak perdagangan internasional (positif dan negatif) bagi kehidupan negara? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suaraadalah perempuan. Di antara proporsi berikut yang digunakan untuk menentukan x, yakni persentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah . . . .

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!