Breaking News

Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi?

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 5.2 What are the general features of explanatory text Pages 132-133 Chapter 5 (Sequence of Interesting Stories in Explanation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.2 Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Halaman 132-133 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 5.2

A. Jawablah pertanyaan berikut!

1. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?

  • Informasi yang dimuat adalah berdasarkan fakta (faktual) yang nyata adanya tanpa tambahan opini-opini yang belum jelas kebenarannya.
  • Topik yang dibahas adalah suatu fenomena yang bersifat il miah atau keil muan at au berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi atau mengarahkan pembaca agar mempercayai hal-hal yang dibahas.
  • Strukturnya terdiri dari tiga jenis, yaitu pernyataan umum, deretan penjelasan atau urutan sebab akibat, dan interprentasi.
  • Penjelasan menggunakan sequence marker atau kata penanda urutan. Seperti kata Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.
  • Fokus pada hal umum (generik) bukan partisipan manusia, seperti banjir, hujan, gempa bumi, tsunami, badai dan lain sebagainya.
  • Memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

2. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya fenomena alam atau sosial yang mempunyai hubungan sebab-akibat secarra kronologis. Hubungan sebab-akibat itulah yang disebut dengan kausalitas.

Hubungan kausalitas adalah hubungan yang dibangun oleh suatu kejadian yang menjadi sebab dan kejadian lain sebagai akibat atau dampak dari kejadian tersebut. Jadi jalan kausalitas ada kejadian pertama yang menyebabkan kejadian kedua lalu menyebabkan kejadian ketiga dan seterusnya.

Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan suatu kejadian sebagai sebab dan kejadian lain sebagai akibat yang membangun teks eksplanasi tersebut. Hubungan sebab akibat tersebut dapat berupa frasa dengan frasa, klausa dengan klausa atau kalimat dengan kalimat. Dua klausa atau dua kalimat yang saling memiliki hubungan sebab-akibat bisa dihubungkan dengan konjungsi kausalitas. Contoh konjungsi kausal itas yaitu: sebab, akibatnya, oleh sebab itu, oleh karena itu, maka dari itu, dan lain sebagainya.

Jadi dalam teks eksplanasi dijelaskan peristiwa pertama yang menyebabkan peristiwa-peristiwa setelahnya. Antara peristiwa satu dengan peristiwa yang lain saling berkaitan dan memiliki hubungan sebab akibat.

3. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

Adapun fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk dapat menjelaskan tentang sebab dan akibat pada sebuah peristiwa atau fenomena sosial atau alam yang terjadi dan untuk dapat memberikan contoh agar memudahkan pembaca dalam memahami teks eksplanasi.

Jadi, fungsi fakta teks eksplanasi ini menjelaskan tentang bagaiman akah proses sebab dan akibat dapat terjadi pada suatu peristiwa atau fenomena, baik itu secara alami maupun berasal dari campur tangan manusia. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk dapat memberikan contoh serta memberikan kemudahan pembaca didalam memahami sebuah teks, sekaligus sebagai alasan otentitas pada sebuah penjelasan.

Selain daripada itu, paparan fakta dalam teks eksplanasi juga dapat menambah kualitas dari tulisan dan bahkan teks yang berkaitan dimana dapat dijadikan sebagai referensi bagi artikel dengan yang masih berkaitan dengan topik yang telah diangkat pada sebuah teks eksplanasi.

B. 1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini!

2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu!

3. Jelaskan pula alasan-alasannya!

a. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks.

b. Di alam karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Silklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO? oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO? yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.

c. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak. Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai.

Teks Jawaban Alasan
Ya Bukan
a.   Bukan teks eksplanasi karena tidak memenuhi ciri umum teks eksplanasi
b.   Termasuk teks eksplanasi, karena Cuplikan tersebut mengandung ciri-ciri umum teks eksplanasi yang dalam hal ini menjelaskan tentang proses siklus karbon.
c.   Tidak termasuk teks eksplanasi, karena cuplikan tersebut tidak memnuhi ciri umum teks eksplanasi.

C. 1. Samakanlah jawabannya dengan kelompok yang lain!

2. Rumuskan simpulan tentang kategori ketiga cuplikan teks tersebut!

Teks Simpulan
a. Karena teks di atas tidak menceritakan suatu proses terjadinya sesuatu atau menjelaskan hubungan peristiwa yang dirangkai dengan pola kronologis (urutan waktu) ataupun secara kausalitas (sebab akibat). Teks ini adalah jenis teks cerita ulang.
b. Karena teks di atas menceritakan tentang proses terjadinya siklus karbon.
c. Karena teks di atas menjelaskan hubungan peristiwa mengenai persediaan darah di PMI yang selalu kurang yang dilengkapi dengan fakta-fakta berpola kausalitas (sebab akibat).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.2 Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Halaman 132-133 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.2 Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Halaman 132-133 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!