Bagaimana cara menerapkan mujahadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Evaluation How to apply mujāhadah an-nafs in everyday life? Page 103 Chapter 6 (Living a Life of Glory) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Bagaimana cara menerapkan mujāhadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari? Halaman 103 Bab 6 (Meniti Hidup dengan Kemuliaan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

B. Uji Pemahaman

Jawablah petanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Setiap muslim diperintahkan untuk melakukan mujāhadah an-nafs supaya hidupnya bahagia. Bagaimana cara menerapkan mujāhadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari?

  • Bersabar Mengambil Keputusan

Sikap mujahadah an nafs bisa diterapkan dengan cara bersabar saat akan mengambil sebuah keputusan. Ketika akan memutuskan sesuatu, godaan hawa nafsu sangatlah besar. Hal ini akan membuat kita jatuh ke dalam sifat ketergesa-gesaan. Padahal, sifat ini sangat dibenci oleh Allah SWT karena menjadi perwujudan dari hawa nafsu. Setiap insan muslim dianjurkan untuk menyisihkan waktu lebih lama, tidak tergesa-gesa untuk mengambil keputusan terhadap perbuatan yang akan dilakukan.

  • Memikirkan Akibat Perbuatan

Cara penerapan sikap mujahadah an nafs selanjutnya adalah memikirkan semua akibat dari perbuatan yang akan dilakukan. Jadi, insan muslim dianjurkan untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendatangkan beberapa akibat, bisa positif dan bisa negatif.

  • Memperbanyak Dzikir Kepada Allah SWT

Mujahadah an nafs juga bisa dilakukan dengan cara memperbanyak dzikir kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dzikir merupakan sarana untuk mengingat keagungan Allah SWT. Dengan cara ini, setiap muslim akan selalu merasa dekat dengan Allah dan menjauhi segala perbuatan buruk.

  • Berdoa Kepada Allah SWT

Untuk menerapkan mujahadah an nafs, muslim bisa melakukannya dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Mintalah ketabahan, kesabaran, dan kekuatan kepada Allah SWT agar dapat menjalani kehidupan sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

  • Menyadari sepenuh hati bahwa nafsu hanya merugikan dunia akhirat apabila terus dituruti.
  • Dalam memutuskan atau melakukan suatu perkara, senantiasa bersabar dan berpikir jernih menimbang baik dan buruknya
  • Senantiasa memikirkan dosa dan akibat buruk yang muncul apabila tak bisa mengontrol nafsu diri
  • Berdzikir mengingat Allah SWT juga menggiatkan diri berdoa agar dilindungi dari tipu daya hawa nafsu

2. Apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui ada dua orang mukmin sedang berselisih pendapat?

وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا

Artinya: “Dan apabila ada dua golongan orang Mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya.” (QS. Al-Hujurat : 9)

Sikap yang akan kakak lakukan, apabila ada orang mukmin yang berselisih pendapat, ialah melerainya, serta mendamaikan keduanya. Sebab sudah kewajiban kita untuk senantiasa menjaga kerukunan terutama dalam tubuh umat muslim, sesuai dengan Qs. Al-Hujurat ayat 9 “… Maka damaikanlah antara keduanya”.

3. Q.S. al-Ḥujurāt/49:10 mengandung pesan-pesan yang mulia. Jelaskan kandungan Q.S. al-Ḥujurāt/49:10 tersebut.

Berikut ini isi kandungan Surat Al Hujurat ayat 10 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

  • Orang-orang mukmin, meskipun bukan saudara kandung, mereka terikat dengan persaudaraan iman (ukhuwah imaniyah) bagaikan saudara sekandung bahkan ikatannya lebih kuat lagi.
  • Ketika ada orang-orang mukmin berselisih dan bertikai, kewajiban bagi mukmin lainnya untuk mendamaikan mereka. Terutama pemimpin kaum muslimin, mereka yang paling wajib mendamaikan.
  • Pertikaian bisa terjadi bahkan di antara dua orang. Meskipun yang bertikai dua orang, wajib bagi mukmin untuk mendamaikan mereka, apalagi jika yang bertikai banyak orang.
  • Orang-orang mukmin harus menjadikan taqwa sebagai landasan dalam seluruh amal dan aktifitasnya. Termasuk dalam mendamaikan dua orang yang bertikai. Dengan taqwa ia bisa adil dan tidak diskriminatif. Dengan taqwa juga akan memperoleh rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ayat ini mengisyaratkan persatuan dan kesatuan akan melahirkan rahmat bagi kaum mukminin. Sebaliknya, pertikaian dan perpecahan akan menjauhkan dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Terjemahan Surah : “Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.”

Hendaknya sesama orang-orang mukmin janganlah berbuat zalim dan berselisih atas berbagai hal. Apabila ada golongan maupun kelompok-kelompok yang berselisih, kewajiban kita sebagai orang beriman untuk mendamaikan mereka dengan cara-cara yang adil seadil-adilnya tanpa memihak salah satu golongan. Apabila terdapat golongan yang kemudian melanggar perjanjian terhadap golongan yang lain, maka kewajiban kita untuk kembali mengajaknya kepada perintah Allah SWT.

Jelaskan isi kandungan dari Qs. Al-Hujurat ayat 10.

Orang-orang beriman seluruhnya bersaudara dalam hal agama. Selain itu, seluruh umat islam itu bagaikan satu tubuh. Tentu kita ingin mendapatkan hal yang terbaik, baik bagi saudara kita maupun tubuh kita sendiri. Maka dari itu, salah satu perihal yang hukumnya wajib bagi kita untuk senantiasa mendamaikan saudara-saudara seiman kita yang berselisih agar kita semua mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

4. Seseorang yang terbiasa ĥusnużżan akan memperoleh banyak manfaat dan hikmah. Sebutkan manfaat dan hikmah orang yang berĥusnużżan.

  • Hidup menjadi lebih tenang dan damai
  • Tidak mudah stres atau pusing dalam memikirkan masalah
  • Tidak mudah pantah semangat
  • Selalu optimis dan percaya diri dalam melakukan sesuatu
  • Meningkatkan keimanan
  • Mudah dalam menerima kebaikan dan nasehat
  • Yakin bahwa terdapat hikmah di balik segala cobaan
  • Membentuk pribadi yang tangguh
  • Menjadikan seseorang kreatif
  • Menyebabkan seseorang tidak mudah putus asa
  • Terhindar dari penyesalan dalam hubungan dengan sesama.
  • Dan barangsiapa bertobat dan mengerjakan kebajikan, maka sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenar-benarnya.

5. Sebutkan hukum bacaan ikhfa’, iżhār, dan Idgām bigunnah yang terdapat dalam Q.S. al-Ḥujurāt/49:12

  • Yang hukum bacaannya ihfa’ → مَيْتًا فَكَرِ → tanwin bertemu fa’
  • Yang hukum bacaannya izhar → بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ → tanwin bertemu alif
  • Yang hukum bacaannya idghom bighunnah
  • → كَثِيرًا مِنَ → tanwin bertemu mim
  • → إِثْمٌ ۖ وَلَا → tanwin bertemu wawu
  • → أَنْ يَأْكُلَ → nun mati bertemu ya’ tidak dalam 1 kalimah

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Bagaimana cara menerapkan mujāhadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari? Halaman 103 Bab 6 (Meniti Hidup dengan Kemuliaan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Bagaimana cara menerapkan mujāhadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari? Halaman 103 Bab 6 (Meniti Hidup dengan Kemuliaan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/bagaimana-cara-menerapkan-mujahadah-an-nafs-dalam-kehidupan-sehari-hari/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!