Bacalah teks berita di bawah ini kemudian kerjakan tugas-tugasnya.

  • 2 min read
  • Agu 16, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Determine the actual issue and Make the argument unbiased assessment Page 103 Section 3 (Understanding the Latest Issue By Editorial) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan isu aktualnya dan Buatlah argumen berisi penilaian Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Bacalah teks berita di bawah ini kemudian kerjakan tugas-tugasnya.

1. Tentukan isu aktualnya.

Isu aktual pada berita ini adalah kesenjangan kualitas tenaga kerja antara kualitas yang dimiliki tenaga kerja saat ini dengan yang dibutuhkan industri.

2. Buatlah argumen berisi penilaian, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah terkait isu aktual.

Penilaian :

  • Kondisi ini terjadi akibat tidak dimulainya pendidikan khusus vokasi dari beberapa waktu lalu, sehingga tenaga kerja saat ini tidak mampu menyesuaikan diri dengan tantangan dan kebutuhan dunia industri.
  • Namun sayangnya, di tengah besarnya permintaan akan tenaga kerja tersebut Sumber daya manusia (SDM) yang tersedia justru tidak mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh sektor industri.
  • Sementara itu belum bisa dipenuhi oleh lulusan sekolah ddi Republik ini karena kesenjangan kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia industri. Jadi pengangguran banyak, tapi industri sebenarnya butuh.

Kritik :

  • Pemerintah harus mulai menerapkan kurikulum khusus vokasi agar tenaga kerja yang dibentuk memiliki setiap kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan dunia industri.
  • Makanya kurikulum harus mengacu pada standar kompetensi nasional Indonesia bidang industri tertentu.

Prediksi :

  • Jika penerapan kurikulum dimulai saat ini, setidaknya hasilnya akan dapat kita nikmati dalam waktu 3 – 5 tahun ke depan.
  • Pemberlakuan MEA 2015 akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Apalagi mengingat jumlah penduduk yang sangat besar sehingga menjadi tujuan pasar bagi produk-produk negara ASEAN Lainnya.

Harapan :

Semoga dengan adanya penerapan kurikulum tersebut, tidak terjadi lagi kesenjangan kompetensi di dunia industri.

Saran penyelesaian masalah :

  • Tenaga kerja yang menganggur saat ini harus menempuh pendidikan vokasi agar memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Syarif menyatakan pihaknya akan mendorong perbaikan kurikulum pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kompetensi yang dengan kompetensi yang dibutuhkan industri nasional.Memang harus begitu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan isu aktualnya dan Buatlah argumen berisi penilaian Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan isu aktualnya dan Buatlah argumen berisi penilaian Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!