Bacalah Hikayat Bayan Budiman berikut ini. Identifikasikanlah karakteristik hikayat tersebut dengan menggunakan tabel berikut ini.

Questions and Answer Key Indonesian Grade 10 curriculum in 2013 Revised 2016 Task Identify the characteristics of the Hikayat Bayan Budiman by using the following table Page 120 Chapter 4 (Preserving Values Through Local Wisdom Folklore) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tugas Identifikasikanlah karakteristik Hikayat Bayan Budiman tersebut dengan menggunakan tabel berikut ini Halaman 120 Bab 4 (Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Petunjuk:

1. Bacalah Hikayat Bayan Budiman berikut ini.

2. Identifikasikanlah karakteristik hikayat tersebut dengan menggunakan tabel berikut ini.

No. Karakteristik Kutipan Teks
1. Kemustahilan a. Meminta nasihat pada burung tiung dan bayan

Kutipan teks:

Sebelum dia pergi, berpesanlah dia pada istrinya itu, jika ada barang suatu pekerjaan, mufakatlah dengan dua ekor unggas itu, hubaya-hubaya jangan tiada, karena fitnah di dunia amat besar lagi tajam dari pada senjata.

b. Burung bayan bisa berpikir untuk menghindar dari pembunuhan

Kutipan teks:

Maka bayan pun berpikir bila ia menjawab seperti tiung maka ia juga akan binasa.

c. Burung bayan bisa menceritakan banyak kisah hingga 24 malam

Kutipan teks :

Maka diberilah ia cerita-cerita hingga sampai 24 kisah dan 24 malam.

d. Burung bayan bisa melakukan tindakan bijaksana.

Kutipan teks :

Bayan yang bijak bukan sahaja dapat menyelamatkan nyawanya tetapi juga dapat menyekat isteri tuannya daripada menjadi isteri yang curang.

2. Kesaktian a. Burung bayan bisa melakukan tindakan seperti manusia

Kutipan teks :

Burung Bayan tidak melarang malah dia menyuruh Bibi Zainab meneruskan rancangannya itu, tetapi dia berjaya menarik perhatian serta melalaikan Bibi Zainab dengan cerita-ceritanya.

b. Hati kera bisa digunakan untuk menyembuhkan luka

Kutipan teks:

Anak saudagar mendapat luka di tangannya. Luka tersebut tidak sembuh melainkan diobati dengan hati kera.

3. Istana Sentris a. Khojan Mubarok, saudagar yang sangat kaya.

Kutipan teks :

Sebermula ada saudagar di negara Ajam. Khojan Mubarok namanya, terlalu amat kaya, akan tetapi ia tiada beranak.

b. Bibi Zainab, anak seorang saudagar kaya

Kutipan teks:

Ia dipinangkan dengan anak saudagar yang kaya, amat elok parasnya, namanya Bibi Zainab.

c. Anak Raja Azam

Kutipan teks:

Hatta beberapa lama di tinggal suaminya, ada anak Raja Ajam berkuda lalu melihatnya rupa Bibi Zainab yang terlalu elok.

d. Anak saudagar yang berteman dengan kera

Kutipan teks:

Ibu bayan telah bercerita kepada anak-anaknya tentang seekor anak kera yang bersahabat dengan seorang anak saudagar.

4. Anonim Kutipan teks : Tidak terdapat nama pengarang di bawah judul Hikayat. (Bandingkan dengan judul cerpen atau novel. Pada bagian bawah judul terdapat nama penulisnya)
5. Alur berbingkai/cerita berbingkai Kutipan teks:

Antara cerita bayan itu ialah mengenai seekor bayan yang mempunyai tiga ekor anak yang masih kecil. Ibu bayan itu menasihatkan anak-anaknya supaya jangan berkawan dengan anak cerpelai yang tinggal berhampiran. Ibu bayan telah bercerita kepada anak-anaknya tentang seekor anak kera yang bersahabat dengan seorang anak saudagar. Pada suatu hari mereka berselisih faham. Anak saudagar mendapat luka di tangannya. Luka tersebut tidak sembuh melainkan diobati dengan hati kera. Maka saudagar itupun menangkap dan membunuh anak kera itu untuk mengubati anaknya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tugas Identifikasikanlah karakteristik Hikayat Bayan Budiman tersebut dengan menggunakan tabel berikut ini Halaman 120 Bab 4 (Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tugas Identifikasikanlah karakteristik Hikayat Bayan Budiman tersebut dengan menggunakan tabel berikut ini Halaman 120 Bab 4 (Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/bacalah-hikayat-bayan-budiman-berikut-ini-identifikasikanlah-karakteristik-hikayat-tersebut-dengan-menggunakan-tabel-berikut-ini/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!