Breaking News

Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari!

Questions and Answers for Class 9 Natural Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Atomic Competency Test is composed of subatomic particles, namely protons, neutrons, and electrons. Explain the role of electrons in everyday life! Page 152 Chapter 8 (The Particles that Make Up Things and Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari! Halaman 152 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari!

  • Partikel Aliran Listrik

Mungkin, inilah peranan elektron yang paling vital dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai partikel aliran listrik. Yah, aliran listrik yang kita nikmati setiap hari merupakan aliran elektron di dalam sebuah kabel penghantar. Aliran listrik terjadi karena perpindahan elektron dari tempat yang potensialnya rendah ke tempat yang potensialnya tinggi.

  • Tabung Televisi

Siapa sangka, ternyata gambar yang kita nikmati di layar televisi merupakan hasil dari tembakan elektron. Dalam tabung televisi, terdapat aliran elektron kecepatan tinggi yang diarahkan menuju layar. Ketika elektron menyentuh material pada layar, maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya.

  • Mikroskop Elektron

Elektron juga digunakan untuk menciptakan mikroskop yang bisa melihat objek berukuran sangat kecil yang tidak mampu dilihat oleh mikroskop cahaya. Mikroskop elektron mampu melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali. Mikroskop elektron bekerja dengan cara memfokuskan sinar elektron (electron beam) di permukaan objek dan mengambil gambarnya dengan mendeteksi elektron yang muncul dari permukaan objek.

2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!

Fungsi Iodin bagi tubuh manusia :

  • Menjaga fungsi kelenjar tiroid untuk mengatur kecepatan metabolisme dalam tubuh , memproduksi protein untuk tubuh dan mengatur pembentukan hormone tubuh.
  • Mencegah penyakit gondok
  • Mencegah terjadinya keterbelakangan mental
  • Mengobati penyakit kulit karena jamur
  • Membunuh kuman pada luka luar
  • Mencegah stroke
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah kanker payudara
  • Menjernihkan air

Dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin :

  • Pembengkakan pada kelenjar tiroid atau sakit gondok
  • Berat badan naik secara drastis
  • Cepat lelah dan mudah kedinginan
  • Kulit kering dan rambut rontok
  • Melambatnya detak jantung
  • Sukar mengingat atau daya ingat lemah

3. Mengapa bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!

Bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan adalah karena sterofoam mengandung zat kimia polystyrene. Zat kimia polystyrene dalam sterofoam dapat mencemari makanan. Zat kimia polystyrene bersifat karsinogen pada manusia yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker.

4. Perhatikan kabel listrik berikut.

Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. Jelaskan sifat fisika dan kimia yang mendukung pemilihan bahan tersebut!

Bahan yang paling banyak digunakan untuk kabel listrik adalah jenis logam konduktor seperti tembaga dan alumunium. Berikut ini adalah beberapa sifat kimia dan fisika sebagai dasar pemilihan bahan konduktor tersebut:

  • Pada ukuran diameter kabel yang sama, Kawat tembaga mampu menghantarkan listrik lebih besar karena memiliki daya hantar lebih baik.
  • Harga alumunium adalah 40% lebih murah dari pada tembaga
  • tembaga lebih mudah dalam pengerjaan karena mudah disolder.
  • Alumunium lebih ringan 50% dari tembaga.
  • Titik lebur alumunium (670 C) lebih rendah dari pada tembaga (1085C)

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Intan dan grafit merupakan zat yang sama sama tersusun atas atom karbon.  Namun keduanya memiliki susunan atom yang berbeda. Intan merupakan atom karbon yang memiliki susunan yang sangat teratur (kristalin) berbentuk tetrahedral memiliki kekrasan yang tinggi dan bersifat isolator. Sedangkan grafit memiliki susunan atom karbon yang tidak teratur (amorf) dan bersifat konduktor.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari! Halaman 152 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari! Halaman 152 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!