Breaking News

Apakah yang dimaksud dengan sikap tangguh?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Evaluation What is a tough attitude? Page 86 Chapter 5 (Implementing the Struggle of the Messenger of Allah in Mecca) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Apakah yang dimaksud dengan sikap tangguh? Halaman 86 Bab 5 (Meneladani Perjuangan Rasulullah saw di Mekah) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

B. Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dan jelaskan.

1. Apakah yang dimaksud dengan sikap tangguh?

Sikap tanggung adalah sikap pantang menyerah, karena selalu memandang sesuatu dari nilai positifnya dan meyakini bahwa apa yang terjadi padanya sesuai dengan ketetapan Allah SWT.

Sikap tanggung tidak bisa begitu saja kita dapatkan, tentunya harus adanya proses yang cukup panjang selama hidup.

Umumnya gejolak dalam hati yang melemahkan kita yang harus senantiasa dilawan sehingga kita bisa lulus menjadi pribadi yang tangguh.

2. Jelaskan manfaat bertawakkal.

  • Dijamin Kemudahan dunia dan akhirat

Dengan berbekal sifat tawakal maka seseorang dijamin oleh Allah SWT akan selalu diberikan ke jalan kemudahan didunia dan dikhirat berapapun besarnya kesusahan yang sedang dijalaninya.

Firman Allah SWT:

“Barang siapa yang bertawakal kepada allah niscaya dia akan membukakan jalan keluarnya dan dia memberikan rejekinya dari arah yang tidak disangka sangka. dan barang siapa yang bertawakal kepadanya kepada allah niscaya allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya allah melaksanakan tugasnya, sungguh dia telah mengadakan ketentuan bagi setiap.” (Qs, Ath-thalaq:1-2)

  • Mudah beradaptasi dengan masalah apapun

Seseorang yang memiliki sifat tawakal akan mudah beradaptasi dengan masalah yang seberat apapun tanpa mudah menangis dan jauh dari prasangka buruk pada allah SWT  hanya karena merasa diri tidak berharga. Sifat tawakal dapat membuat seseorang menjadi berhati sabar dan mampu bangkit kembali dari kegagalan.

Dalam hadist diriwayatkan bahwa:

“Tawakal pada allah adalah sumber pertolongan pada setiap kelicikan dan kejahatan dari musuhmu dan diberikan perlindungan dari apapun bentuk lawanmu.” (Al-majilsi, bihar al-anwar. vol 56 hal 79)

  • Tawakal dapat mempertebal iman dan tidak mudah putus asa

Tawakal dapat merubah sifat egois atau mudah menyerah menjadi lebih sabar dan dapat pula mempertebal iman serta membuat seseorang ingin selalu berterimakasih ( bersyukur )  pada allah SWT atas apa yang telah diberikan selama ini. Maka dari itu sebaik baiknya orang yng beriman adalaah yang mempunyai sifat tawakal.

Diriwayatkan dalam hadist bahwa:

“Semangatlah kalian terhadap hal hal yang bermanfaat bagi kaalian dan mohonlah pertolongan kepada allah.” (HR. Muslim 2664)

  • Tawakal dapat membuat seseorang menjadi lebih mandiri

Seacara tidak langsung sifat tawakal dapat menjadikan seseorang menjadi lebih mandiri dan dewasa dalam menyelesaikan masalah dunia yang sedaang dihadapinya tanpa harus merugikan pihak manapun. Sifat tawakal dapat menjadikan seseorang mampu memahami kekurangan dan kelebihan atas apa yang telah allah berikan, kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih bisa untyk mrenghargai kekurangan orang lain.

Diriwayatkan dalam hadist bahwa:

“Hendaklah hanya kepada allah sajalah orang mukmin itu bertawakal, Dan bertawakalah kepada allah yang maha hidup (abadi) yang tidak akan pernah binasa. maka bertasbihlah atas namanya dan pujilah dia.” (QS. Al-furQan:58)

  • Allah akan mencukupkan rejeki

Allah SWT akan mencukupkan segala kerbutuhan dan kepuasan batin bagi  seseorang yang bertawakal semata mata karena allah setelah dia berusaha dan berikhtiar  dengan hati yang bersih dan sabar.

Bertawakal setelah melaksanakan ihktiar kepada allah SWT adalah sesuatu yang disukai allah SWT dan akan dimasukkan dalam golongan orang orang yang sabar dan berkecukupan dalam keadaan apapun. Firman Allah menyebutkan:

“Sesungguhnya allah itu mencintai dan menyayangi orang orang yang bertawakal.” (Qs.Ali imran :159)

Dari umar bin khathab radhi yallahu’anhu, dari Rasullulah shallallahu alaihi wa salam berdabda dengan jelas bahwa:

“Seandainya kalian sungguh sungguh bertawaakal kepada allah, sesungguhnya allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana allah memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan perutnya yang lapar lalu kembali lagi tetapi dalam keadaan kenyang.” (HR. Imam ahmad, Tirmidzi, ibnu hibban serta Al hakim)

  • Diberikan kenikmatan yang tiada hentinya

Allah SWT akan memberikan nikmatnya berupa kesenangan dalam keadaan yang tidak diduga pada semua kaum muslim yang bertawakal hanya karena allah. Seseorang yang mau bekerja dengan jalan kebaikan,  tidak pernah mengeluh akan pekerjaannya  dan selallu bertawakal ketika selesai berikhtiar maka akan kembali pula manfaat yang baik bagi dirinya tanpa dia duga duga sebelumnya.

Ada hadist yang berkaitan dengan masalah kesabaran seseorang dalam menjalankan pekerjaannya yang dilakukan atas jalan kebaikan dan tawakal:

“Bekerjalah kamu sekalian maka allah san rasullnya serta orang orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu. dan kamu akan dikembalikan kepada allah yang maha mengertahui segala yang ghaib dan yang nyata. Lalu diberikannya balasan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. AT-taubah :105)

Sebagaimana firman Allah:

“Apapun kenikmatan yang diberikan padamu ,semua itu adalah kesenangan hidup yang bersifat dunia. Sedangkan apa pun kernikmatan yang ada disisi allah lebih baik dan kekal hanya untuk orang orang yang beriman yaang hanya bertawakal selama hidupnya semata mata karena allah SWT.” (QS. Asy-syuro :36)

  • Dikuatkan hati dan dijauhkan dari godaan syaitan

Seseorang yang bertawakal setelah berikhtiar karena allah SWT maka dalam hidupnya allah akan memberikan bantuan berupa dikuatkanya hati dan dijauhkan dari godaan syaitan. Seperti apa yang dikatakan dalam Firman allah:

“Sungguh, syaitan itu tidak berpengaruh terhadap orang ornag yang shaleh dan beriman dann bertawakal kepada tuhannya.”  (QS.An-nahl:99)

  • Masuk surga tanpa proses hisab

Nabi Muhammad masuk surga tanpa hisab. allah memberikannya kemudahan atas segala perbuatannya yang baik dan selalu berjalan diatas kebenaran dan bertawakal dalam keadaan apapun.

Sebagaimana Nabi SAW bersabda:

“Mereka yang tidak membual, tidak berkatab kata bohong,  tidak mencuri hak orang lain,  tidak membuat ramalan ramalan yang buruk kepada rabb mereka bertawakal, maka surga akan menjadi milikmu.” (Diriwayatkan oleh Al-bukhary dan Muslim)

“Ada 70 umatku yang akan masuk surga tanpa hisab. Mereka adalah orang orang yang tidak percaya pada masalah masalah tathayyur (tentang kesialan). tidak meminta untuk dirugyah, Tidak mau menjalankan pengobatan dengan key (semacam besi panas yang dilekatkan padaa bagian tubh seseorang sebagai media pengobatan) dan bagi porang orang yang bertawakal pada rabb mereka.” (HR. Muttafaqun ‘Alaihi)

3. Apakah kebenaran itu dan mengapa harus ditegakkan?

Kebenaran adalah kesuaian yang tidak ditolak oleh nalar orang lain serta tidak merugikan siapapun termasuk diri sendiri.

Pengertian di atas adalah pemahaman diri sediri. Kebenaran adalah persesuaian antara pengetahuan dan objek. Pengertian ini aku kutip dari laman wikipedia [1].

Sebagai negara hukum, Indonesia memiliki banyak aturan yang mendukung dalam proses penegakkan kebenaran dan keadilan. Bukan semata-mata untuk membatasi warga dalam melakukan banyak hal, tetapi tujuan yang jauh lebih baik.

Berdasarkan dari definisi kebenaran diatas, maka dengan menegakkan kebenaran, maka keselamatan, keadilan dan kesejahteraan akan tercapai. Sebab ketidakadilan yang terjadi dikarenakan terdapat orang-orang yang melakukan segala cara bahkan hal yang buruk sekalipun.

Sehingga beberapa orang harus dikorbankan, karena konsekuensi perbuatan yang tidak benar dilakukannya. Untuk menangkal hal itu, maka kebenaran harus ditegakkan mulai dari pikiran, hati dan tingkah laku kita sehari-hari. Hal itu juga telah perintahkan oleh Allah SWT bahwa:

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS 4: 135).

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS 3: 110).

4. Tuliskan ayat 1 – 5 Surah al-‘Alaq.

Huruf Arab Surah Al-Alaq ayat 1-5 : 

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

Surah Al-Alaq ayat 1-5 Latin : 

Iqra’ biismi rabbikal-ladzii khalaq(a)

Khalaqa-insaana min ‘alaq(in)

Iqra’ warabbukal akram(u)

Al-ladzii ‘allama bil qalam(i)

‘Allama-insaana maa lam ya’lam

Surah Al-Alaq ayat 1-5 Terjemahan : 

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.

Dia telah menciptakan manusia dari ‘Alaq.

Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah.

Yang mengajar manusia dengan pena.

Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.

Kandungan Surat Al Alaq ayat 1-5

Dari penafsiran para ahli, lima ayat di atas mengandung hikmah yang dapat dijadikan bekal kehidupan selama di dunia. Berikut penjelasannya.

  • Selalu Menyebut Nama Allah

Kandungan pertama adalah memerintahkan kepada manusia bahwa dalam setiap kegiatan sebaiknya selalu menyebut dan menyertakan Allah SWT. Dengan cara ini, keimanan seseorang akan meningkat karena segala aktivitas yang dilakukan murni karena Allah SWT.

  • Membiasakan Diri untuk Membaca

Membaca merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Dalam ayat di atas, tidak ada perintah secara khusus untuk harus membaca tulisan maupun buku.

Membaca yang dimaksud dalam skala yang lebih besar, yaitu membaca keadaan sosial dan lingkungan sekitar. Tujuannya agar dapat melatih diri untuk meningkatkan kepekaan, rasa empati, dan kepedulian terhadap sesama.

  • Selalu Berusaha dan Tidak Mudah Menyerah

Tidak semudah yang dibayangkan saat Malaikat Jibril menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad. Ia terus berusaha menuntun Nabi Muhammad agar mampu mengikuti bacaan yang disampaikannya hingga benar.

Meskipun Nabi Muhammad tidak bisa membaca dan menulis, akan tetapi Allah SWT senantiasa membantu dan menolong hambanya yang selalu berusaha, berdoa, dan berserah diri kepada-Nya.

5. Terjemahkan ayat 1 – 7 Surah al-Muddașșir.

Ayat 1

يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ

Latin

yaa ayyuhaal muddatstsir

Artinya

Hai orang yang berkemul (berselimut)

Ayat  2

قُمْ فَأَنْذِرْ

Latin

Qum faandzir

Artinya

bangunlah, lalu berilah peringatan

Ayat 3

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ

Latin

warabbaka fakabbir

Artinya

dan Tuhanmu agungkanlah

Ayat 4

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

Latin

wa shiyabaqa fathahhir

Artinya

dan pakaianmu bersihkanlah

Ayat 5

وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

Latin

warrujja fahjur

Artinya

dan perbuatan dosa tinggalkanlah

Ayat 6

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

Latin

wa laa tamnun tastakstir

Artinya

dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.

Ayat 7

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ

Latin

walirabbaka fashbir

Artinya

Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Apakah yang dimaksud dengan sikap tangguh? Halaman 86 Bab 5 (Meneladani Perjuangan Rasulullah saw di Mekah)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Apakah yang dimaksud dengan sikap tangguh? Halaman 86 Bab 5 (Meneladani Perjuangan Rasulullah saw di Mekah). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!