Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku?

Natural Science Questions and Answers for Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Let’s Exercise What is meant by measuring? When making measurements, why should a standard unit of measurement be used? Page 13 Chapter 1 (Science Objects and Observations) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Halaman 13 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku?

Mengukur adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran lainnya yang sejenis dan ditentukan sebagai satuan.

Satuan pengukur harus baku agar hasil pengukuran yang dilakukan oleh siapapun, dimanapun, kapanpun hasilnya sama dan objektif. Selain itu, agar memudahkan konversi dari satuan satu ke satuan lainya.

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka. Berdasarkan satuannya, besaran dibedakan menjadi besaran pokok dan besaran turunan.

Satuan pengukuran harus menggunakan satuan baku dikarenakan:

  • Agar hasil pengukuran konsisten (tetap).
  • Universal dan bisa digunakan di berbagai negara
  • Agar tidak ada masalah ketika ingin beralih dari satu satuan ke satuan lainnya (konversi satuan).

Jika kita mengukur panjang suatu benda menggunakan depa/ hasta, maka hasil pengukuran satu orang dengan orang lainnya tidak akan sama karena postur tubuh manusia tidak seragam. Maka depa/ hasta disebut satuan tidak baku. Oleh karena itu dalam melakukan pengukuran harus dipergunakan satuan pengukur yang baku sehingga hasil pengukuran bisa sama. Satuan baku contohnya inci, sentimeter, mil, meter, dll.

2. Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik).

Besaran yang satuannya dalam Si adalah sekon (detik) adalah waktu, misalnya :

  • Waktu tempuh perjalanan
  • Waktu benda jatuh
  • Waktu rotasi bumi pada porosnya

3. Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer?

1 SA = 150.000.000 km

Jarak dari Bumi ke Pluto

30 SA

= 30 SA x 150.000.000 km/SA

= 4.500.000.000 km

SA adalah kepanjangan dari satuan astronomi, atau dalam bahasa Inggris disebut “astronomical unit”. Satuan astronomi dibuat sebagai satuan untuk ukuran di konteks luar angkasa. Satuan ini ditentukan ukurannya sebesar jarak rata-rata bumi dengan matahari, dimana 1 SA adalah sama dengan 1 kali jarak rata-rata bumi dengan matahari ini.

SA memiliki besaran sebesar setara dengan 149 597 870 700 meter, atau setara dengan 149 597 870,7 kilometer. Angka ini sering dibulatkan menjadi 150 juta kilometer untuk perhitungan sederhana.

SA sangat bermanfaat dalam bidang astronomi karena berguna untuk menyatakan ukuran yang sangat besar, yang memiliki nilai jutaaan kilometer.

Contoh besaran SA ini misalnya adalah:

  • Jarak bulan ke bumi : 0,0026 SA (384 402 km)
  • Ukuran radius matahari : 0,005 SA (695 500 km)
  • Jarak bumi ke matahari : 1 SA (berdasarkan definisi)
  • Jarak planet Mars ke matahari : 1,52 SA (227,9 juta km)
  • Jarak planet Jupiter ke matahari : 5,2 SA (777,8 juta km)
  • Jarak planet Saturnus ke matahari :  9,58 SA (1,4 milyar km)
  • Jarak planet Uranus ke matahari : 19,23 SA (2,87 milyar km)
  • Jarak planet Neptunus ke matahari :  30 SA (4,498 milyar km)

4. Mengapa semua ilmuwan dan produsen (penghasil) barang-barang pabrik di seluruh dunia harus melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan baku yang sama?

Sekurang-kurangnya terdapat 3 alasan utama mengapa semua ilmuan serta produsen barang barang pabrikan memakai pengukuran satuan baku, yakni:

  • Supaya hasil dari pengukuran bersifat tetap atau konsisten.
  • Supaya hasil pengukuran bersifat universal sehingga dapat digunakan di berbagai Negara.
  • Supaya tak ada masalah yang muncul saat hendak beralih dari satu satuan pengukuran ke satuan pengukuran yang lain.

Semua ilmuwan dan produsen barang-barang di pabrik menggunakan pengukuran dengan menggunakan satuan baku dikarenakan :

  • Agar hasil pengukuran konsisten (tetap).
  • Universal dan bisa digunakan di berbagai negara
  • Agar tidak ada masalah ketika ingin beralih dari satu satuan ke satuan lainnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Halaman 13 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Halaman 13 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!