Apakah volume 1 kg besi sama dengan volume 1 kg kapas? Apa alasanmu? Coba jelaskan.

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Is the volume of 1 kg of iron the same as the volume of 1 kg of cotton? What is your reason? Page 118 Chapter 3 (Classification of Matter and Amendments) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah volume 1 kg besi sama dengan volume 1 kg kapas? Apa alasanmu? Halaman 118 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Pikirkan

Apakah volume 1 kg besi sama dengan volume 1 kg kapas? Apa alasanmu? Coba jelaskan.

Volume 1 kg besi berbeda dengan volume 1 kg kapas.

Hal ini karena massa jenis besi berbeda dengan massa jenis kapas. Sehingga, meski massa kedua benda sama-sama 1 kg, volumenya akan juga berbeda.

Dalam soal ini, massa jenis besi lebih besar dari massa jenis kapas. Akibatnya, meski massa kedua benda sama-sama 1 kg, volumenya akan juga berbeda.

Besi lebih padat, dan massa jenisnya lebih besar dari kapas. Sehingga  pada massa yang sama volume besi akan lebih kecil, dibandingkan volume kapas.

1 kg besi dapat berukuran volume sekitar 10 cm³, sementara 1 kg kapas dapat memiliki volume satu karung besar.

Mengapa? Hukum Archimedes tidak hanya berlaku dalam zat cair, melainkan berlaku pula di udara. Benda itu mendapat tekanan ke atas sama berat dengan berat udara yang didesaknya. Volume 1 kg kapas jauh lebih besar dari volume 1 kg besi. Artinya gaya yang menyorong kapas itu ke atas lebih besar dari gaya yang menyorong besi itu. Jadi apa yang ditimbang sebagai 1 kg kapas maupun besi, adalah gaya-gaya resultante ke bawah dan ke atas pada titik berat kapas dan besi itu.

Misalkan berat kapas = K,

gaya Archimedes ke atas pada kapas = k,

berat besi = B,

gaya Archimedes ke atas pada besi = b,

maka K – k = 1kg,

begitu pula B – b = 1 kg.

Jadi K – k = B – b.

Karena volume kapas > volume besi, maka k>b, sehingga K>B, berat kapas lebih besar dari berat besi, yang dengan perkataan lain kapas yang ditimbang 1 kg lebih berat dari besi yang ditimbang 1 kg dalam udara terbuka. 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah volume 1 kg besi sama dengan volume 1 kg kapas? Apa alasanmu? Halaman 118 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah volume 1 kg besi sama dengan volume 1 kg kapas? Apa alasanmu? Halaman 118 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? Pertanyaan: Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? (Soal Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!