Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup?

Questions and Answer Key Indonesian Class 11 Revised Curriculum 2013 2017 After you read the text above follow some instructions below Does it have an introduction text and cover page 33-34 Section 1 (Compiling Procedure) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Setelah kamu membaca teks di atas ikutilah beberapa instruksi berikut Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup Halaman 33-34 Bab 1 (Menyusun Prosedur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas 2

Mengomentari Teks Prosedur Berdasarkan Struktur dan Kaidah Teks Prosedur

Struktur teks prosedur dibentuk oleh tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali. Sementara itu, kaidah teks prosedur dibangun oleh kalimat-kalimat perintah (kata kerja imperatif). Terkadang pula konjungsi-konjungsi yang bersifat penambahan (kronologis), penggunaan kata-kata teknis, dan yang lainnya.

1. Secara berkelompok, lakukanlah analisis terhadap teks yang berjudul “Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan” di bawah ini. Kemudian, ikutilah instruksi yang menyertainya!

Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan

Hujan semakin sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Saatnya mempersiapkan kendaraan agar mengurangi risiko celakaketika melintas di jalan basah. Salah satu poin utama adalah penggunaan ban. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan soal ini.

Sony Susmana, Direktur  Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan bahwa ban adalah faktor utama pada kendaraan  saat hujan. “Di Indonesia seharusnya mobil menggunakan ban allcondition agar bisa dipakai untuk panas dan hujan. Ban yang bocor pada musim hujan bisa memecah air dengan baik dan membuang udara yang tersandera di depan ban,” ujarnya kepada Kompas Otomotif beberapa waktu lalu dalam kampanye safety GT Radial di Jakarta Timur.Meski demikian, Sony menjelaskan tidak harus ban all condition. Kalau musim hujan disarankan memakai ban sesuai rekomendasi pabrik.

Inilah ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah.

  1. Ban yang senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan profilketebalan 55 hingga 70. Kalau sepeda motor antara 70 hingga 90. Adapun untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal. “Banyak pengguna sepeda motor yang memasang ban ceking. Ini jelas berbahaya,” kata Sony.
  2. Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak amandi jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarakyang tidak terlalu renggang dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, dan memiliki daya cengkeram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.
  3. Untuk ban yang baru dibeli, jangan langsung beranggapan daya cengkeram sudah maksimal. Lapisan silikon masih menempel dan masih berpotensi licin. Ban paling baik jika sudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering karena gerusan dengan aspal akan menghilangkan silikon tersebut. “Harus hati-hati pakai ban baru. Harus di-‘reyen’ dahulu supaya silikonnya hilang dan mencengkeram sempurna,” jelas Sony.
  4. Perhatikan alur ban. Ada dua jenis, ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya adalah alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang undirection dengan orientasi satu arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini lebih punya pola lebih baik untuk memecah air.

(Sumber: Surat Kabar Kompas dengan Pengubahan)

2. Setelah kamu membaca teks di atas, ikutilah beberapa instruksi berikut.

3. Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai pedoman.

Pertanyaan Jawaban Penjelasan
Ya Tidak
a. Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup?   Tidak Pada teks terdapat pendahuluan pada paragraf pertama, tetapi tidak terdapat penutup berupa penegasan ulang pada akhir teks.
b. Apakah teks itu telah sesuai dengan juduinya? Ya   Teks sesuai dengan judul, yaitu membahas ciri ban yang baik digunakan pada musim hujan.
C. Apakah isi teks itu tersusun secara sistematis? Ya   Isi teks tersusun secara sistematis, yaitu pendahuluan yang diikuti dengan ciri ban beserta langkah-langkah mengenali ban.
d. Apakah kalimat-kalimatnya mengandung kata kerja imperatif? Ya   Kalimat-kalimat yang mengandung kata kerja imperatif yaitu usahakan (poin 1), gunakan (poin 2), hindari (poin 2), perhatikan (poin 4).
e. Apakah ada contoh konjungsi penambahan di dalam teks tersebut?   Tidak Tidak terdapat konjungsi penambahan atau konjungsi kronologis pada teks tersebut, seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.
Simpulan :

Ketika musim hujan, alangkah baiknya kita mempersiapkan kondisi kendaraan, terutama ban. Hal ini harus diperhatikan bagi pengguna mobil dan motor. Ban merupakan faktor utama pada kendaraan saat hujan. Oleh karena itu, pada kondisi hujan, ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Adapun ciri-ciri ban yang aman dipakai adalah ban harus dalam ukuran normal, menggunakan tipe kembangan, hati-hati dalam penggunaan ban yang baru, dan memperhatikan alur ban.

1. Secara bergiliran, presentasikanlah pendapat kelompokmu di depan kelas!

2. Bandingkanlah pendapat kelompokmu dengan kelompok lain.

3. Jadikanlah pendapat-pendapat semua kelompok itu sebagai dasar untuk menyusun sebuah pendapat kelas tentang hasil analisis terhadap teks tersebut!

Kelompok

Pendapat Kelas

1 Hujan semakin sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Saatnya mempersiapkan kendaraan agar mengurangi risiko celaka ketika melintas di jalan basah. Salah satu poin utama adalah penggunaan ban. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan soal ini.
2 Ban yang senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan profil ketebalan 55 hingga 70. Kalau sepeda motor antara 70 hingga 90. Adapun untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal. “Banyak pengguna sepeda motor yang memasang ban ceking. Ini jelas berbahaya,” kata Sony.

Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, dan memiliki daya cengkeram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.

Untuk ban yang baru dibeli, jangan langsung beranggapan daya cengkeram sudah maksimal. Lapisan silikon masih menempel dan masih berpotensi licin. Ban paling baik jika sudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering karena gerusan dengan aspal akan menghilangkan silikon tersebut. “Harus hati-hati pakai ban baru. Harus di-‘reyen’ dahulu supaya silikonnya hilang dan mencengkeram sempurna,” jelas Sony.

Perhatikan alur ban. Ada dua jenis, ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya adalah alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang undirection dengan orientasi satu arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini lebih punya pola lebih baik untuk memecah air.

3 Teks ini ditulis dengan menggunakan bahasa dan sudut pandang yang mudah dipahami oleh para pemilik mobil. Namun, hal ini harus ditebus dengan penggunaan beberapa istilah asing yang sebenarnya sudah ada padanan katanya dalam Bahasa Indonesia. Sebagai contoh, frasa ‘all condition’ dapat diartikan sebagai segala musim.

Selain itu, ada juga beberapa kata asing yang tidak ditulis dengan huruf miring, seperti kata ‘slick’.

Simpulan

Teks prosedur merupakan teks yang menyajikan langkah-langkah melakukan suatu kegiatan. Teks ini secara umum dibangun atas dua struktur utama yaitu pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Setelah kamu membaca teks di atas ikutilah beberapa instruksi berikut Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup Halaman 33-34 Bab 1 (Menyusun Prosedur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Setelah kamu membaca teks di atas ikutilah beberapa instruksi berikut Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup Halaman 33-34 Bab 1 (Menyusun Prosedur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!