Breaking News

Apakah sikap dan perbuatan Elan terpuji?

Questions and Answers for Class 10 PPKN Curriculum 2013 Revised 2017 Are Elan’s attitudes and actions commendable? Pages 162-163 Chapter 5 (National Integration in the Framework of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah sikap dan perbuatan Elan terpuji? Halaman 162-163 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Coba amati cerita fiktif berikut ini dengan teliti dan saksama.

Elan adalah seorang pelajar. Di sekolah Elan terkenal sebagai anak yang suka membuat masalah. Elan sering diingatkan oleh bapak atau ibu guru untuk tidak membuat masalah yang membuat orang lain merasa terganggu di sekolah. Misalnya, meminta uang secara paksa, melakukan tawuran, dan mengganggu adik kelas yang sedang belajar. Bahkan, Elan sudah membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya tersebut di hadapan kepala sekolah dan orang tuanya. Namun, Elan tetap belum sadar akan sikap dan perbuatannya. Akhirnya, dengan terpaksa sekolah mengeluarkan Elan dari sekolah setelah beberapa kali diperingatkan.

Berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan berikut dengan saksama.

1. Apakah sikap dan perbuatan Elan terpuji?

Perbuatan Elan tersebut merupakan perbuatan yang tidak terpuji, tidak sepatutnya seorang pelajar melakukan pemerasan, tawuran, hingga mengganggu orang lain. Perbuatan ini jelas tidak terpuji.

2. Mengapa Elan tidak melakukan perbuatan yang menunjukkan sikap bela negara?

Elan tidak melakukan perbuatan yang menunjukan sikap bela negara karena Elan belum memiliki kesadaran yang cukup akan pentingnya melaksanakan sikap bela negara bagi seorang pelajar.

3. Bagaimana cara menyadarkan Elan untuk melakukan bela negara?

Cara menyadarkan Elan untuk melakukan bela negara adalah : 

  • Memberikan teladan/contoh perilaku yang menunjukan sikap bela negara.
  • Tidak menjauhi Elan dan tetap mengajaknya untuk berbuat sesuatu yang terpuji.
  • Menasehati dan memberikan hadiah kepada Elan sebagai bentuk apresiasi apabila Elan telah berhasil menunjukan sikap bela negara.

4. Tuliskan pendapat atau saran kalian agar Elan dapat berpartisipasi dalam usaha bela negara saat ini?

Pendapat saya, mungkin saat ini Elan memang belum dapat menunjukan sikap bela negaranya, namun saya yakin, setelah dikeluarkannya Elan dari sekolah, hal tersebut akan memberikannya efek jera. Sehingga di kemudian hari Elan akan menjadi pribadi yang terpuji dan dapat menunjukan sikap bela negara.

5. Sebutkan contoh hak dan kewajiban Elan untuk menunjukkan bela negara di sekolah.

  • Hak Elan = Mendapat persamaan derajat dengan siswa/i lainnya, diperbolehkan untuk bergaul dengan siapa saja, mendapatkan perlindungan.
  • Kewajiban Elan = Menghormati orang lain, mentaati peraturan sekolah, menjaga nama baik sekolah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah sikap dan perbuatan Elan terpuji? Halaman 162-163 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah sikap dan perbuatan Elan terpuji? Halaman 162-163 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!