Breaking News

Apakah setiap temanmu yang membentuk lingkaran mengalami siang atau malam terus menerus? Mengapa demikian? Jelaskan jawabanmu.

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Does any of your friends who form a circle experience continuous day or night Pages 156-157 Chapter 6 (Solar System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah setiap temanmu yang membentuk lingkaran mengalami siang atau malam terus menerus Halaman 156-157 Bab 6 (Tata Surya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Mengamati

Perhatikanlah Gambar 6.11 di samping ini.

Menanya

Apakah yang terjadi pada belahan Bumi yang menghadap dan membelakangi Matahari?

Menalar

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut? Untuk lebih jelasnya, ayo lakukan kegiatan di bawah ini.

Terjadinya siang dan malam

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Jumlah
Lampu senter 1 buah
Bola voli/bola sepak 1 buah

Cara Kerja

  1. Bentuk kelompok yang beranggotakan 10 orang. Mintalah 8 orang bergandengan tangan membentuk lingkaran dengan posisi saling membelakangi.
  2. Mintalah satu temanmu berdiri di luar lingkaran dan menyalakan senter, seolah-olah dia menjadi Matahari.
  3. Arahkan nyala senter pada teman-temanmu yang membentuk lingkaran.
  4. Teman yang terkena cahaya senter mengalami siang dan yang tidak terkena cahaya mengalami malam. Mintalah temanmu yang mengalami pagi hari mengatakan selamat pagi, yang mengalami siang mengatakan selamat siang, sore mengatakan selamat sore, dan malam mengatakan selamat malam.
  5. Mintalah teman-temanmu yang membentuk lingkaran berputar dari barat ke timur berlawanan dengan arah putaran jarum jam.

Analisis

1. Apakah setiap temanmu yang membentuk lingkaran mengalami siang atau malam terus menerus? Mengapa demikian? Jelaskan jawabanmu.

Siang. Karena, terkena cahaya senter yang seolah-olah sebagai matahari.

2. Seandainya teman-temanmu yang membentuk lingkaran dianalogikan sebagai Bumi, berapakah kala rotasi Bumi? Apakah kala rotasi tiap kelompok sama?

23 jam 56 menit 4 detik kala rotasi adalah waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali rotasi.

3. Dalam kehidupan sehari-hari Matahari terlihat bergerak dari timur ke barat. Bagaimanakah kejadian yang sebenarnya?

Pagi hari, kita melihat Matahari ada di Timur. Tepat jam 12 siang, matahari ada di atas kepala. Saat Matahari terbenam, Matahari berada di Barat. Kita lalu mengira, Matahari bergerak dari arah Timur menuju Barat. Salah besar.

Pergerakan tersebut bukanlah gerak sebenarnya dari Matahari. Gerakan ini disebut sebagai gerak semu. Karena arah rotasi Bumi yang berputar dari arah Barat ke Timur, menyebabkan benda-benda langit akan terlihat bergerak dari Timur ke Barat. Simpulkan

Kesimpulan apa yang dapat dibuat berdasarkan aktivitas tersebut?

Kesimpulannya adalah bumi berotasi jika arah bumi berotasi menghadap matahari maka akan terjadi siang jika bagiannya tidak terkena cahaya matahari maka akan mengalami malam.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah setiap temanmu yang membentuk lingkaran mengalami siang atau malam terus menerus Halaman 156-157 Bab 6 (Tata Surya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah setiap temanmu yang membentuk lingkaran mengalami siang atau malam terus menerus Halaman 156-157 Bab 6 (Tata Surya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!