Breaking News

Apakah penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 What is the main cause of loss of water in the body under normal conditions? Pages 95-96 Chapter 9 (Human Excretory System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal? Halaman 95-96 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan!

Tubuh manusia mensekresikan air melalui organ-organ ekskresi. Tubuh memiliki mekanisme pengaturan tersendiri untuk mengeluarkan air melalui ginjal, kulit atau paru-paru tergantung kondisi lingkungan dan aktivitas yang dilakukan. Perhatikan data tentang keluarnya air dari tubuh pada Gambar 9.14!

1. Apakah penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal?

Penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal adalah berkeringat dan pengeluaran urin. Pada saat melakukan olahraga atau pada cuaca yang panas tubuh kehilangan air lebih banyak melalui kulit daripada melalui ginjal adalah karena tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak sebagai cara untuk menurunkan suhu tubuh sehingga sisa air yang dikeluarkan lewat ginjal menjadi lebih sedikit. Untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi (kekurangan air)  ketika cuaca panas atau saat melakukan olahraga adalah dengan meminum air mineral minimal 2 liter sehari.

2. Mengapa pada saat melakukan olahraga atau pada cuaca yang panas tubuh kehilangan air lebih banyak melalui kulit daripada melalui ginjal?

Karena pada saat itu suhu tubuh ikut panas maka pori-pori kulit akan terbuka lebar dan mengeluarkan cairan yang kita sebut sebagai keringat berbeda pada saat cuaca dingin karena pori-pori tubuh tertutup rapat.

3. Apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi (kekurangan air) ketika cuaca panas atau saat melakukan olahraga?

Dengan banyak minum air putih, air putih yang dianjurkan oleh dokter adalah 8 gelas per hari dan juga banyak memakan makanan yang sehat contohnya sayur-sayuran agar menambah energi dan mineral agar tetap bisa beraktivitas dan tidak dehidrasi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal? Halaman 95-96 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah penyebab utama hilangnya air pada tubuh dalam kondisi normal? Halaman 95-96 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!