Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Mengapa kamu menduga seperti itu?

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Does the food and drink sold at school or in your school environment contain additives? Why do you think that? Page 211 Chapter 5 (Additives and Addictive Substances) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Mengapa kamu menduga seperti itu? Halaman 211 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan!

Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Mengapa kamu menduga seperti itu?

Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Ya, makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolah mengandung zat aditif.

Mengapa kamu menduga seperti itu? Karena makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolah memiliki penampilan warna yang menarik (ada pewarna makanan), rasanya enak/sedap/manis (ada penyedap rasa/pemanis), dan memiliki aroma tertentu (ada pemberi aroma).

Pembahasan

Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan pada makanan atau minuman dalam jumlah kecil saat proses pembuatannya dengan tujuan untuk memperbaiki penampilan, cita rasa, tekstur, aroma dan memperpanjang daya simpan. Zat aditif ada yang berasal dari bahan alam/mahluk hidup (zat aditif alami) dan bahan kimia (zat aditif buatan).

Berdasarkan fungsinya, zat aditif diantaranya dibagi menjadi :

  • Pewarna berfungsi sebagai memperbaiki atau memberi warna pada makanan atau minuman agar menarik. Contoh pewarna alami adalah kunyit memberi warna kuning dan buah naga memberi warna merah, sedangkan contoh pewarna buatan adalah tartazine memberi warna kuning dan brilliant blue CFC.
  • Pemanis berfungsi untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman. Contoh pemanis alami adalah gula, sedangkan pemanis buatan contoh sakarin dan siklamat.
  • Penyedap berfungsi untuk meningkatkan rasa cita makanan. Contoh penyedap alami adalah garam dan gula, sedangkan penyedap buatan adalah MSG (monosodium glutamat).
  • Pemberi aroma berfungsi untuk memberikan aroma tertentu pada makanan atau minuman. Contoh pemberi aroma alami adalah vanili, sedangkan pemberi aroma buatan disebut sebagai essen contohnya amil asetat beraroma pisang.
  • Pengental berfungsi untuk menstabilkan, mengentalkan makanan yang dicampur dengan air. Contoh pengental alami adalah tepung pati dan agar-agar.
  • Pengawet berfungsi untuk memperpanjang daya simpan makanan atau minuman. Contoh proses pengawetan alami dilakukan dengan pengasapan dan memberikan garam atau gula. Contoh pengawet buatan adalah natrium benzoat.

Kesimpulan

Makanan dan minuman yang dijual di sekolah mengandung zat aditif contohnya pewarna agar tampilan warnanya menarik, penyedap agar rasanya lebih sedap, pemanis, dan pemberi aroma.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Mengapa kamu menduga seperti itu? Halaman 211 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah makanan dan minuman yang dijual di sekolah atau di lingkungan sekolahmu mengandung zat aditif? Mengapa kamu menduga seperti itu? Halaman 211 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!