Breaking News

Apakah keuntungan dari mengonsumsi tempe?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Why do you think there are differences in the nutritional content of soybeans and tempeh? Pages 63-64 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Menurut kamu, mengapa terdapat perbedaan kandungan gizi pada kedelai dan tempe? Halaman 63-64 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Perhatikan nilai gizi kedelai dan tempe pada Tabel 7.3!

Coba kamu diskusikan beberapa pertanyaan berikut.

1. Berdasarkan Tabel 7.3, sebagian besar zat gizi pada tempe lebih rendah daripada zat gizi pada kedelai, tetapi mengapa mengonsumsi tempe dianggap lebih baik dari pada mengonsumsi kedelai? Apakah keuntungan dari mengonsumsi tempe?

Mengkonsumsi tempe lebih baik dari pada mengkonsumsi kedelai dikarenakan tempe mengandung senyawa sederhana yang mudah diserap oleh tubuh. Kedelai telah mengalami proses fermentasi oleh kapang Rhizopus, sehingga senyawa kompleksnya telah tercerna menjadi senyawa yang lebih sederhana dan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan kedelai yang memiliki banyak kandungan gizi, tapi zat tersebut sulit untuk dicerna tubuh.

Tempe mengandung lebih rendah gizi karena adanya perubahan nilai gizi yang disebabkan oleh proses pembuatan tempe seperti perendaman dengan air, pengupasan, hingga pemasakan. 

Tempe lebih disarankan untuk dikonsumsi karena zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh. Kapang pada tempe akan menghidrolisis senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B12 yang tidak dimiliki kedelai. Hal tersebut karena adanya proses fermentasi yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dari kedelai dan juga konsentrasi peptida bioaktif yang terbentuk selama pemecahan protein kedelai dalam proses pembutan tempe. 

2. Menurut kamu, mengapa terdapat perbedaan kandungan gizi pada kedelai dan tempe?

TEMPE, mengandung protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini karena, pada proses pembuatan tempe, yaitu ketika kedelai ditaburi ragi, terjadi proses fermentasi. Pada proses inilah terjadi penguraian zat protein menjadi lebih sederhana.

Sedangkan, pada kacang KEDELAI mengandung protein yang belum terfermentasi, sehingga membutuhkan proses yg lebih lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Menurut kamu, mengapa terdapat perbedaan kandungan gizi pada kedelai dan tempe? Halaman 63-64 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Menurut kamu, mengapa terdapat perbedaan kandungan gizi pada kedelai dan tempe? Halaman 63-64 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!