Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini? Coba analisis. Jelaskan manfaat dari hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad saw.

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Activity 1 What was the hijrah that was previously carried out by the Prophet Muhammad. and the companions are still relevant or appropriate to do at this time Page 142 Chapter 9 (Implementing the Da’wah Struggle of the Prophet Muhammad in Medina) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini Halaman 142 Bab 9 (Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Madinah) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas 1

Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini? Coba analisis. Jelaskan manfaat dari hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad saw.

Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini? Coba analisis

Hijrah pada dasarnya tidak harus dimaknai sebagai perpindahan secara fisik dari satu tempat ke tempat yang lain, persis seperti yang dilakukan Rasulullah SAW dahulu. Dalam kondisi saat ini, kewajiban berpindah tempat secara fisik dianggap sudah tidak relevan, kecuali pada kondisi tertentu.

Situasi dan kondisi sekarang ini berbeda dengan apa yang dialami oleh sahabat pada waktu itu.

Perintah berpindah tempat pada zaman dahulu bersifat wajib, sebab Nabi Muhammad SAW dan para sahabat terus menghadapi berbagai tekanan, ancaman bahkan kekerasan selama di Makkah. Keselamatan jiwa dan keimanan mereka terancam ketika itu.

Hijrah dalam konteks kejadian tersebut dipandang sebagai proses migrasi untuk mencari suaka demi  mencari perlindungan dan mengembangkan kehidupan baru di tempat yang lebih aman. Mereka juga lebih memungkinan membangun kehidupan dan masa depan perjuangan.

Lantaran tidak ada tekanan yang mengancam jiwa dan keimanan seperti yang terjadi pada masa Rasulullah. Di negara ini, masyarakat Muslim masih dapat menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Maka hijrah seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu meninggalkan kampung halaman ke tempat lain sudah tidak sesuai dengan kenyataan dan dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat Islam itu sendiri.

Hijrah secara fisik tetap menjadi wajib dengan beberapa persyaratan. Pertama, Muslim terancam keselamatan jiwanya. Dalam hal ini, hijrah merupakan upaya untuk menyelamatkan diri.  Kedua, dia tidak memiliki harapan hidup lebih baik di tempat ia berada. Ini bisa disebabkan oleh faktor ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya.

Ketiga, ia yakin akan menjadi lebih baik di tempat yang baru. Dalam konteks ini, perpindahan dilakukan secara sadar, bukan sebagai upaya untuk melarikan atau mengasingkan diri. Ini harus dipikirkan sebaik-baiknya dengan bekal yang cukup untuk bisa bertahan hidup dan berkembang di tempat yang baru.

Pada masa Rasulullah SAW, hal ini dicontohkan selama bertahun-tahun. Sebelum proses hijrah, Nabi Muhammad SAW membicarakan hal ini dengan para sahabat. Ia juga melakukan berbagai pertemuan dengan para pimpinan di kota Madinah.

Persyaratan keempat, yaitu proses hijrah harus diawali dengan niat yang baik, bukan untuk melakukan maksiat.  Apabila unsur-unsur di atas tidak terpenuhi, seorang Muslim lebih diutamakan untuk tinggal di tempat ia bermukim.

Dengan begitu, ia dapat membangun daerah tempat ia dilahirkan dan berusaha memajukan wilayah tersebut sebagai bagian dari upaya membangun hubungan baik dengan sesama manusia (hablumminannas).

Jelaskan manfaat dari hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad saw.

  • Dengan berhijrah, Rasulullah SAW mendapatkan jaminan keamanan yang lebih baik serta kesempatan untuk menyebarkan dan mengembangkan islam dengan lebih bebas dan leluasa. Berhijrah memberi kesempatan pada Rasulullah dan pengikutnya untuk memperkenalkan islam ke tempat baru.
  • Terhindar dari kekejaman dan kedzaliman kafir Quraisy
  • Terhindar dari boikot kafir Quraisy yang membuat umat islam di Mekkah susah berkembang
  • Rasulullah SAW terselamakan dari upaya pembunuhan kafir Quraisy
  • Rasulullah SAW dan umat muslim mendapatkan jaminan keselamatan dan keamanan yang jauh lebih baik di Madinah
  • Dengan hijrah, Rasulullah SAW mendapatkan kesempatan mengembangkan agama islam lebih baik lagi di Madinah
  • Umat muslim mendapatkan saudara baru di Madinah yang kemudian saling bahu membahu bersama-sama membangun peradaban islam
  • Dengan hijrah, Rasulullah SAW mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan islam ke dunia luar.
  • Dengan hijrah, rasulullah SAW berhasil mengatasi masalah yang dihadapi oleh suku Aus dan Khazraj yang senantiasa berselisih dan berperang.
  • Dengan hijrah, Rasulullah SAW berhasil mengambil alih dominasi ekonomi kaum Yahudi di Madinah.
  • Hijrah adalah perintah Allah SWT dengan demikan manfaat melaksanaan hijrah ini bagi kaum muslim adalah mendapatkan keberkahaan dari Allah SWT.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini Halaman 142 Bab 9 (Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Madinah)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Apakah hijrah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat masih relevan atau sesuai untuk dilakukan pada saat ini Halaman 142 Bab 9 (Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Madinah). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!