Breaking News

Apakah air di Bumi berkurang?

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Is the water on Earth decreasing? Page 133 Chapter 5 (The Layers of the Earth) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah air di Bumi berkurang? Halaman 133 Bab 5 (Lapisan Bumi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Berdiskusi

Lakukan kajian pustaka lanjutan mengenai siklus air. Setelah melakukan kajian, jawablah pertanyaan berikut. “Apakah air di Bumi berkurang?”

Diskusikan jawabanmu dengan temanmu, jangan lupa untuk menyertakan argumenmu mengenai pertanyaan tersebut.

Apakah air di bumi berkurang? Tidak.

Mengapa? Karena, Kadar air di bumi memiliki jumlah yang tetap, karena hanya bentuknya yang berbeda. Air memiliki siklus yang dinamakan siklus hidrologi atau siklus air, dimana air dapat berdaur ulang.

Air yang ada di bumi saat ini adalah air yang sama dengan yang ada di bumi sejak awal karena adanya siklus air. Siklus air mengedarkan ulang air sehingga terbentuk awan dan terjadi presipitasi.

Siklus air di bumi berawal dari panas matahari yang menguapkan air di laut dan di permukaan bumi (disebut evaporasi). Uap air tersebut akan berkumpul di angkasa dan terjadi proses kondensasi atau pengembunan sehingga terbentuklah awan. Kemudian awan berjalan mengikuti arah embusan angin.

Penguapan yang terjadi setiap saat mengakibatkan uap yang menjadi awan semakin banyak. Jika awan sudah tidak dapat menampung uap dari evaporasi, maka uap air di awan akan turun sebagai hujan. Air hujan akan mengisi cadangan air yang berada di permukaan bumi.

Ketika turun curah hujan diatas permukaaan tanah, maka siklus awal dimulai kembali. Sebagian air akan meresap ke dalam tanah menjadi cadangan air, beberapa akan mengalir ke danau, sungai dan tembus ke lautan serta ada juga yang menjadi uap air yang ada di udara. Siklus ini akan terjadi secara terus menerus.

Air hasil dari siklus hidrologi dimanfaatkan manusia dalam berbagai kebutuhan mulai dari minum, mencuci hingga berbagai aktivitas lainnya. Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi sehingga dapat berlangsung terus menerus. Air menguap kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan es, hujan gerimis serta kabut.

Kelangkaan air dapat disebabkan oleh perubahan iklim karena berubahnya pola cuaca seperti terjadinya pergantian ekstrem antara kekeringan dan musim banjir. Pencemaran air dan peningkatan jumlah populasi manusia yang membutuhkan air juga menjadi penyebab kelangkaan air.

Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Setiap unsur kehidupan makhluk hidup memerlukan air agar tetap melangsungkan aktivitasnya. Tumbuhan memerlukan air untuk berfotosintesis, hewan memerlukan air untuk minum dan manusia memerlukan air untuk metabolisme serta memenuhi kebutuhan hidup. Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah air di Bumi berkurang? Halaman 133 Bab 5 (Lapisan Bumi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apakah air di Bumi berkurang? Halaman 133 Bab 5 (Lapisan Bumi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!