Breaking News

Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test If the electroscope is approached by a negatively charged object, what will happen? Pages 194-195 Chapter 4 (Static Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi? Halaman 194-195 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pernyataan berikut!

1. Perhatikan ilustrasi sebuah elektroskop netral berikut

Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi?

Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, yang terjadi adalah daun elektroskop akan membuka (mekar). Hal ini terjadi karena muatan negatif pada elektroskop menolak (menjauhi) muatan negatif benda. Simak penjelasan detail berikut.

Elektroskop adalah alat yang mengukur ada atau tidaknya muata pada benda dan menentukan jenis muatan yang terdapat pada benda tersebut.

Elektroskop secara umum terdiri atas kepala elektroskop, bagian tengah, dan daun elektroskop (bagian bawah). Semua bagian ini awalnya bersifat netral, yaitu jumlah elektron (muatan negatif) dan proton (muatan positif) sama banyak.

Dalam keadaan kepala elektroskop didekati oleh benda bermuatan negatif, elektron pada benda tersebut akan menarik seluruh proton yang ada di elektoskop. Kepala elektroskop pun berubah menjadi bermuatan positif. Sedangkan elektron pada elektroskop menolak muatan negatif benda yang mengakibatkan elektron elektroskop turun ke daun elektroskop.  Elektron akan terbagi ke kedua daun dengan jumlah yang sama, kedua daun pun menjadi bersifat negatif sehingga mereka saling tolak menolak (terbuka).

Hal ini terjadi sesuai sifat listrik statis, yaitu tarik menarik jika berbeda muatan dan tolak menolak jika muatannya sejenis.

2. Dua buah muatan masing-masing q1 = 4 μC dan q2 = 8 μC terpisah sejauh 60 cm. Tentukan besar gaya yang terjadi antara dua buah muatan tersebut, gunakan tetapan k = 9 × 109 Nm2/C2 !

3. Gaya Coulomb yang dialami kedua muatan A dan B adalah sebesar 8 × 10–4 N. Jika besar muatan A dan B masing-masing sebesar 2 × 10–6 C dan 4 × 10–6 C, berapakah besar medan listrik yang ditimbulkan oleh muatan A dan oleh muatan B?

Diketahui

F = 8 x 10⁻⁴ N

Qa = 2 x 10⁻⁶ C

Qb = 4 x 10⁻⁶ C

Ditanya

Ea dan Eb = ?

Cari medan listrik yang ditimbulkan muatan A

4. Mengapa petir lebih sering menyambar pohon kelapa yang tinggi dibanding pohon mangga yang lebih pendek?

Petir lebih sering menyambar pohon kelapa yang tinggi dibandingkan pohon mangga yang pendek hal ini dikarenakan karakteristik petir itu sendiri.

Pohon kelapa tentu lebih tinggi dibandingkan pohon mangga. Namun, faktor ketinggian bukanlah penyebab utama mengapa petir lebih mudah menyambar pohon kelapa dibandingkan pohon mangga.

Hal ini disebabkan karena muatan listrik statis dari petir akan menuju ke daun-daun kelapa yang memanjang dan terpisahkan bahkan cenderung meruncing. Ingat, muatan listrik statis cenderung berkumpul lebih banyak pada ujung yang tajam daripada permukaan yang datar. Jadi, sambaran petir terhadap pohon kelapa lebih mudah dan sangat sering terjadi selama badai petir.

Petir lebih mudah menyambar pohon kelapa dibandingkan pohon mangga karena bentuk daun-daun kelapa yang meruncing. Hal ini disebabkan muatan listrik petir terakumulasi pada bentuk yang menajam. 

5. Mengapa kelistrikan pada sel saraf pada umumnya tidak dapat diukur dengan menggunakan amperemeter biasa?

Penyebab utamanya ialah sifat kelistrikan pada sel saraf sangat lemah atau dengan kata lain memiliki tegangan yang rendah. Sehingga ampermeter biasa tidak dapat mengukur besarnya arus listrik pada sel saraf. Karena jika sel saraf memiliki tegangan yang besar maka hal itu akan menganggu proses keseimbangan muatan dalam tubuh, dan menganggu kinerja organ dalam tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa lebih dari 50% komponen tubuh manusia ialah air beserta ion-ion lain yang berguna untuk tubuh. Air merupakan penghantar listrik yang baik. Agar tetap terjaganya keseimbangan inilah mengapa nilai tegangan sel saraf bernilai sangat kecil.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi? Halaman 194-195 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Apabila elektroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi? Halaman 194-195 Bab 4 (Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!