Breaking News

Apabila bola pingpong dianalogikan sebagai Bulan, di posisi manakah dapat menyebabkan terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari?

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 If the ping pong ball is analogous to the Moon in which position can cause a lunar eclipse and a solar eclipse Page 164-165 Chapter 6 (Solar System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apabila bola pingpong dianalogikan sebagai Bulan di posisi manakah dapat menyebabkan terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari Halaman 164-165 Bab 6 (Tata Surya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

Fase-fase Bulan dan Proses Terjadinya Gerhana

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Jumlah
Senter 1 buah
Bola pingpong 1 buah
Globe 1 buah
Pensil 1 buah

Cara Kerja

1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 orang.

2. Tancapkan bola pingpong di ujung pensil dan nyalakan senter.

3. Letakkan bola pingpong, globe, dan senter secara berurutan dalam satu garis lurus.

4. Gerakkan bola pingpong mengelilingi globe.

5. Tempatkan bola pingpong pada posisi Bulan baru, Bulan sabit, Bulan separuh, dan Bulan cembung.

6. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 6.3 berikut.

Tabel 6.3 Hasil pengamatan fase-fase Bulan

Fase-fase Bulan Hasil Pengamatan
Bulan Baru Setengah bagian bulan yang menghadap ke bumi tidak terkena sinar matahari sehingga bulan tak terlihat dari bumi.
Bulan Sabit Bagian bulan yang terkena sinar matahari hnya seperempat sehingga hanya terlihat seperempat bagiannya saja.
Bulan Separuh Bagian bulan yang terkena sinar matahari hanya setengahnya sehingga terlihat seperti setengah bulatan.
Bulan Cembung Bagian bulan seluruhnya terkena sinar matahari sehingga tampak seperti bulatan penuh.

7. Tempatkan bola pingpong di lokasi mana dapat terjadi gerhana Bulan.

8. Dekatkan bola pingpong ke arah Bumi dan kemudian jauhkan dari Bumi.

9. Perhatikan jumlah perubahan ukuran bayangan.

10. Ulangi langkah ke-7 dan ke-8 dengan menempatkan bola pingpong di lokasi mana dapat terjadi gerhana Matahari.

Analisis dan Diskusi

1. Apabila bola pingpong dianalogikan sebagai Bulan, di posisi manakah dapat menyebabkan terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari?

Gerhana bulan dan gerhana matahari terjadi jika, matahari (dalam hal ini kita ibaratkan sebagai senter), bulan(dalam hal ini kita ibaratkan sebagai bola pingpong), dan bumi(dalam hal ini kita ibaratkan sebagai globe) berada dalam posisi sejajar.

2. Bagaimana efek perubahan jarak bola pingpong terhadap globe (langkah 6-9) terhadap bayangan umbra dan penumbra yang terbentuk?

Efek perubahan jarak bola pingpong(bulan) terhadap globe(bumi), akan menyebabkan terjadinya fase fase bulan tersebut.

3. Mengapa gerhana Bulan dan Matahari tidak terjadi setiap bulan? Jelaskan.

Gerhana matahari atau pun gerhana bulan tidak terjadi setiap bulan karena, matahari, bulan dan bumi, masing masing mengalami revolusi dan rotasi, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuat mereka sejajar sulit untuk diprediksi.

Simpulkan

Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, kesimpulan apakah yang dapat kamu buat?

Kesimpulannya adalah, benda benda diluar angkasa, juga mengalami hal yang sama dengan bumi, diantaranya, mengalami rotasi revolusi dan juga adanya orbit lintasan ataupun orbit yang harus dilalui dalam waktu tertentu.

Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas dan bandingkan dengan hasil kerja kelompok yang lainnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apabila bola pingpong dianalogikan sebagai Bulan di posisi manakah dapat menyebabkan terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari Halaman 164-165 Bab 6 (Tata Surya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apabila bola pingpong dianalogikan sebagai Bulan di posisi manakah dapat menyebabkan terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari Halaman 164-165 Bab 6 (Tata Surya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!