Breaking News

Apa yang terjadi jika larutan garam dan larutan gula di uji dengan nyala lampu

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Compare the results between a lamp using a salt solution and a sugar solution Page 208-209 Chapter 5 (Dynamic Electricity in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bandingkan hasilnya antara lampu yang menggunakan larutan garam dan larutan gula Halaman 208-209 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

Tidak hanya benda padat seperti tembaga dan perak, zat cair pun ada yang dapat menghantarkan arus listrik dan ada juga yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, contohnya larutan garam dan larutan gula. Larutan garam merupakan salah satu jenis elektrolit karena dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan gula disebut sebagai nonelektrolit karena tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Cobalah lakukan kegiatan menyalakan bola lampu dengan membuat larutan garam dan larutan gula terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan alat dan bahan sederhana seperti kabel yang dilengkapi penjepit buaya dan amperemeter untuk mendeteksi ada tidaknya arus listrik yang mengalir. Perhatikan Gambar 5.7!

Bandingkan hasilnya antara lampu yang menggunakan larutan garam dan larutan gula. Selanjutnya, buatlah laporannya untuk dipajang di majalah dinding di sekolahmu!

Yang terjadi apabila

Larutan garam di uji dgn nyala lampu = lampu menyala terang dan pada larutan garam terjadi banyak gelembung karena garam dapur adalah senyawa elektrolit

Larutan = senyawa+ air

Padahal kalau senyawanya elekrolit berarti ketika+ air maka membentuk larutan elektrolit

Larutan elektrolit = larutan yang dapat menghasilkan arus listrik sehingga dapat meng’hidup’kan lampu—->lampu menyala

Jika larutan gula di uji dengan nyala lampu maka lampu tdk menyala dan pada larutan tdk menghasilkan gelembung satupun

Larutan non/bukan  elektrolit = larutan yang tdk bisa menghantarkan arus listrik

Contoh  non elektrolit = larutan gula,urea dan minyak tanah

Larutan air laut = termasuk elektrolit karena air laut mengandug garam

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bandingkan hasilnya antara lampu yang menggunakan larutan garam dan larutan gula Halaman 208-209 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bandingkan hasilnya antara lampu yang menggunakan larutan garam dan larutan gula Halaman 208-209 Bab 5 (Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!