Breaking News

Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang?

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 What is wrong with Indonesia’s defense and security so that this keeps repeating? Pages 210-211 Chapter 7 (Archipelago Insights in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Halaman 210-211 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Perhatikan dan cermati berita berikut.

Pulau Nipah, Kepulauan Riau

Negara yang terdiri dari ribuan pulau kecil sepanjang Sabang hingga Merauke ini membutuhkan perhatian dan fokus ekstra dari warga negaranya. Telah banyak kasus yang timbul akibat lengahnya warga negara dan pemerintah Indonesia, seperti kasus Ambalat, Sipadan dan Ligitan, dan belakangan ini juga timbul kasus pada pulau Nipah.

Pulau kecil yang berada di bagian Kepulauan Riau ini berfungsi sebagai wilayah pembatas antara Indonesia dan Singapura. Pada mulanya di tahun 1970-an sedikit demi sedikit pasir laut yang ada di pulau ini dikeruk oleh warga Indonesia sendiri untuk diekspor ke Singapura. Dengan perahu-perahu tongkang yang bermuatan besar, pasir pulau Nipah di kirim ke Singapura tanpa adanya perawatan dan pencegahan yang serius mengenai dampak yang terjadi.

Warga pesisir kepualauan Riau yang bekerja sebagai nelayan dan yang menjadikan pulau ini sebagai sumber penghasilan mulai merasa resah dengan kerusakan yang ditimbulkan dari eksploitasi tersebut. Bayangkan saja, sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni ini memiliki biota laut yang beragam, yang ekosistemnya terjaga dengan baik oleh alam, dan terumbu karang yang masih asli, tiba-tiba diganggu oleh datangnya perahu-perahu besar dengan pengerukan yang dilakukannya. Betapa ikan-ikan yang merupakan sumber penghasilan nelayan ini terusik, dengan berkurangnya pitoplankton dan zooplankton  yang merupakan sumber makanan mereka. Akibat lain yang muncul adalah hancurnya terumbu karang dan keruhnya air laut. Hal tersebut berdampak serius bagi kelangsungan ikan-ikan, tumbuhan, dan kehidupan lain yang ada di bawah laut sekitar Nipah. Masalah yang timbul  adalah merosotnya penghasilan warga sekitar  dan menurunnya kesejahteraan rakyat sekitar pulau Nipah.

Sumber: www.jakartagreater.com

Berdasarkan cerita tersebut, jika dilihat dari geopolitik dan hukum internasional, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Bahkan bukan hanya Nipah, terdapat kasus Ambalat, Sipadan dan Ligitan, juga wilayah lain yang menjadi wilayah persengketaan dengan negara tetangga.

Menurut pendapat saya, kasus blok Ambalat, pulau Sipadan dan Ligitan, serta yang terakhir pulau Nipah ini adalah kasus yang berbeda namun memang merujuk pada satu persoalan, yaitu Negara kita, Indonesia sebagai Negara kepulauan atau Negara maritime kurang mengelola wilayah laut termasuk semua pulau-pulau terluar, sehingga muncullah klaim-klaim dari Negara lain. Seharusnya Negara kita terus berupaya menjaga kekayaan dan berkonsentrasi untuk memelihara semua pulau tersebut agar tidak ada kesempatan lagi untuk Negara lain memiliki atau mengambil keuntungan yang tidak dibenarkan secara hukum dan dapat merugikan kita sebagai Bangsa Indonesia. Selain itu, ada beberapa faktor terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang, yaitu :

  • Sering mengabaikan daerah perbatasan dan mengangap sepele mengenai ancaman dari luar
  • Pertahanan dan keamanan di daerah perbatasan masih longgar dan tidak ketat
  • Kebijakan yang diambil dalam menyikapi hal tersebut tidak tegas
  • Anggaran terhadap keamanan dan pertahanan di daerah perbatasan masih kurang sehingga negara lain dengan bebas dan berani menganggu
  • Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga wilayah kesatuan negara republik indonesia
  • Pertahanan & keamanan di wilayah perbatasan kurang ketat
  • Tidak menentukan batas wilayah Indonesia dengan jelas di dunia internasional
  • Pembagian tugas aparat keamanan dan pertahanan kurang merata
  • Pemerintah sering mengabaikan daerah perbatasan dan mengutamakan kepentingan di kota-kota
  • Menganggap sepele ancaman dari luar

2. Usaha apa yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara?

Usaha yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara adalah pertama kita perlu paham akan kosep wawasan nusantara, kemudian apapun yang terjadi, isu apapun yang ada di tengah masyarakat kita, kita tidak boleh lupa akan ideology bangsa kita. Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh Warga Negara Indonesia karena ideology Pancasila mengakui keanekaragaman dalam hidup berbangsa dan dijadikan alat untuk menyejahterakan dan mempersatukan masyarakat. Selain itu, usaha yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara, antara lain :

  • Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai persatuan bangsa
  • Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai konstitusi/UUD 1945.
  • Melaksanakan usaha pertahanan Negara
  • Mencegah kelestarian lingkungan sekitar
  • Mempererat kerja sama antar umat beragama
  • Tidak membeda-bedakan teman
  • Mempelajari dan menjaga warisan dan kesenian kesenian daerah
  • Tetap bersatu meskipun terdapat perbedaan
  • Saling menghormati antar bangsa
  • Memperkuat sistem pertahanan & keamanan

3. Apa realisasi nyata atas komitmen kalian sebagai pelajar dan warga negara secara umum untuk menjaga keutuhan nasional sebagai bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara?

Realisasi kami sebagai pelajar dan juga warga Negara adalah mempelajari dan wawasan nusantara yang mana sebagai visi bangsa. Kemudian mendukung persatuan bangsa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu atau golongan, mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan sosial dalam masyarakat, mempunyai wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk membela Negara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air.

  • Patuh terhadap perturan dan hukum
  • Tidak membedakan agama, suku, ras, dll
  • Mengembangkan sikap toleransi
  • Mengembangkan sikap menghargai dan menghormati
  • Bertoleransi terhadap teman-teman di sekolah
  • Menghargai perbedaan yang ada di lingkungan sekolah
  • Menyampaikan kritik dan saran secara benar
  • Patuh pada peraturan yang ada di lingkungan masyarakat
  • Tidak ikut menymbang faktor terjadinya kerusuhan
  • Menghargai perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Halaman 210-211 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Halaman 210-211 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika (a + b) : (a – b) = 1 : 5, maka (a^2 – b^2) : (a^2 + b^2) sama dengan

[Kunci Jawaban] Jika (a + b) : (a – b) = 1 : 5, maka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!