Apa yang kamu ketahui tentang iman

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Morals Grade 7 Curriculum 2013 Revised 2016 What do you know about faith Page 14 Chapter 1 (Closer to Allah the Most Beautiful Name) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa yang kamu ketahui tentang iman Halaman 14 Bab 1 (Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang sangat indah Namanya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

III. Essai

Uraian Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan!

Iman secara bahasa berarti percaya. Pengertian iman menurut ilmu tauhid adalah meyakini dalam hati, mengucapkan apa yang kita yakini dalam hati tadi dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan sehari-hari apa yang sudah kita yakini dalam hati dan sudah kita ucapkan dengan lisan. Rukun iman ada 6, antara lain :

  • Iman kepada Allah
  • Iman kepada malaikat Allah
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Nabi dan Rosul-Rosul Allah
  • Iman kepada hari akhir
  • Iman kepada qadha dan qadar Allah

2. Mengapa Allah Swt. itu indah nama-nama-Nya?

Nama-nama Allah SWT adalah indah sebab nama-nama tersebut mewakili sifat Allah SWT yang juga Maha Indah, Maha Sempurna dan sebagainya. Nama-nama Allah SWT yang indah lagi baik tersebut dikenal dengan istilah Asmaul Husna yang diambil langsung dari ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran. Jadi nama-nama tersebut bukan sekedar kata yang tidak mengandung makna apapun.

3. Mengapa Allah itu al-‘Alim? Sebutkan bukti-buktinya!

Al-A’lim artinya Maha Mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang segala sesuatu yang tampak atau yang gaib.

Apa bukti bahwa Allah itu Al-Alim?

Al-Qur’an adalah kumpulan firman Allah yang tertulis, dalam Al-Qur’an semua yang sudah terjadi dan semua yang belom terjadi tercakup dalam Al-Qur’an, jika Allah tidak al-Alim, tidak mungkin Al-Qur’an menceritakan apa yang akan datang, karena Al-Qur’an menceritakan apa yang akan datang, itu salah satu bukti bahwa Allah Maha Mengetahui, baik yang dhohir maupun yang batin, baik yang terjadi saat ini maupun yang belom terjadiseperti ditemukannya sungai dalam laut, baru-baru abad 20an manusia menemukan sungai dalam laut, padahal Allah sudah menceritakannya sejak dari jaman azali → surat al-furqan ayat 53

Bukti lain, Hari kiamat, hari kiamat belom terjadi, namun Allah sudah mengetahui bagaimana keadaan pada hari kiamat nanti, sebagaimana difirmankan oleh allah dalam surat al-qori’ah, surat al-a’raf, surat waqiah

4. Mengapa Allah itu al-Khabir? Sebutkan bukti-buktinya!

Allah SWT disebut dengan Al-Khabir karena salah satu sifat Allah adalah Maha Teliti atau Maha Mengetahui Semua Perkara Tersembunyi atau Maha Waspada. Allah Maha Teliti sehingga Ia mengetahui semua perkara termasuk yang tersembunyi, ghaib atau rahasia. Tak ada yang bisa luput dari pengawasan Allah SWT karena Ia adalah zat yang senantiasa waspada.

Bukti dari sifat Al-Khabir adalah Allah bisa mengetahui isi hati seorang manusia, apakah ia jahat, riya’, dengki dan semacamnya. Semua perkara tersembunyi yang disimpan rapat-rapat manusia dalam hatinya diketahui oleh Allah, baik itu yang buruk maupun yang baik.

5. Mengapa Allah itu as-Sami’? Sebutkan bukti-buktinya!

Alasan mengapa Allah SWT itu As-Sami’ adalah karena Allah SWT Maha Mendengar, tak ada satu apapun yang luput dari pendengaran Allah, yang jauh yang dekat, yang terucap lewat lisan maupun yang hanya sebatas suara dalam hati sekalipun.Adapun bukti bahwa Allah SWT As-Sami’ adalah sebagai berikut:

  • Allah mendengar doa dari hamba-Nya meski doa tersebut bersemayam dalam hati sekalipun tanpa dilisankan. Doa ini cepat atau lambat akan dikabulkan.
  • Setiap ucapan baik akan berbalik baik pada diri seseorang, demikian halnya dengan ucapan buruk. Ini bukti bahwa Allah SWT mendengar semua apa yang terucap. Oleh sebab itu maka manusia seyogyanya memperhatikan lisannya.

6. Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Alasan mengapa Allah SWT itu Al-Basir adalah karena Allah SWT Maha Melihat, segala sesuatu yang terjadi di dunia tidak akan luput dari penglihatan Allah bahkan cacing dalam tanah atau semut sekalipun tidak luput dari pengawasan Allah SWT.Bukti bahwa Allah SWT adalah Al-Basir sebagai berikut:

  • Tidak ada usaha yang sia-sia sebab Allah SWT Maha Melihat ikhtiar sungguh-sungguh yang dilakukan hamba-Nya.
  • Allah melihat semua perbuatan manusia, baik atau buruk yang kelak akan mendapatkan balasan walau nilainya hanya sebesar biji sawi sekalipun.Dan lain-lain.

7. Berikan 2 contoh perilaku al-‘Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

  • Mendengarkan Penjelasan pengajaran guru dengan baik
  • Di rumah kita tidak boleh berbohong kepada anggota keluarga dan harus berkata jujur

8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

  • Teliti saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
  • Teliti dalam menggunakan alat-akat laboratorium sekolah atau fasilitas lainnya
  • Teliti dan Cermat dalam menghitung jumlah zakat dan sedekah yang harus dikeluarkan atau dibayarkan
  • Teliti dalam menyusun jadwal kegiatan agar bias memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin

9. Jelaskan arti al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!

  • Al-Alim artinya Maha Mengetahui
  • Al-Khabir Artinya Maha Teliti
  • As-Sami Artinya maha Mendengar
  • Al-Basir artinya Maha Melihat

10. Bagaimana Tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-asmaul-al-husna tersebut ?

  • Saya akan mengingatkannya secara langsung menggunakan fisik. Mengapa saya mengingatkannya harus menggunakan fisik? Karena sifat-sifat yang terkandung dalam asmaul husna sangatlah terpuji, apabila saya tidak mengingatkannya karena teman saya telah bertindak yang tidak sesuai,teman saya tidak akan pernah sadar dengan perbuatannya.
  • Saya akan mengingatkannya dengan lisan,seperti menasihatinya. Mungkin ini menjadi cara untuk memberikan tanggapannya.Saya akan menasihatinya dan meminta bantuan kepada orang-orang yang lebih tua untuk menasihatinya.
  • Saya akan memarahinya dan menasihatinya untuk tidak mengulangi Perbuatan buruk atau tidak baik tersebut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa yang kamu ketahui tentang iman Halaman 14 Bab 1 (Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang sangat indah Namanya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa yang kamu ketahui tentang iman Halaman 14 Bab 1 (Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang sangat indah Namanya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!