Breaking News

Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam?

Questions and Answers for Class 10 PPKN Curriculum 2013 Revised 2017 Self-Assessment What do you feel when you see our brothers and sisters hit by a natural disaster? Page 172 Chapter 5 (National Integration in the Framework of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Penilaian Diri Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam? Halaman 172 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Penilaian Diri

Ketika memasuki musim penghujan, wilayah Indonesia selalu dilanda bencana alam. Bencana alam yang selalu menjadi perhatian pemerintah di antaranya adalah bencana tanah longsor dan banjir. Bencana alam ini mungkin terjadi akibat perilaku masyarakat yang tidak menjaga lingkungannya sehingga bencana tersebut terjadi. Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama mencari solusi, bagaimana agar tidak terjadi bencana alam yang dapat mengancam jiwa manusia. Selain banjir dan tanah longsor, Indonesia juga merupakan negara yang rawan akan gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Bencana-bencana tersebut dapat diantisipasi jika masyarakat diberikan pemahaman mengenai bagaimana menghadapi bencana alam tersebut.

(Disarikan dari berbagai sumber)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam?

  • Rasa sedih dan prihatin atas apa yang terjadi. karena, bayangkan saja jika kita berada di posisi mereka, pasti akan terasa duka yang sangat mendalam.
  • Merasa sedih karena banyak yang kehilangan rumah dan harta benda bahkan keluarga.
  • Merasa kasian dan membayangkan kalo kita diposisi mereka dan rasa ingin membantu dan peduli yang luhur.
  • Merasa kasihan, karena mereka yang terkena bencana merupakan bagian dari kita semua
  • Sudah sewajarnya kita sedih dengan apa yang mereka alami dan kita wajib menolong mereka. Kenapa? karena jika lita ada diposisi mereka pasti harus ada juga yang menolong kita.

2. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membantu saudara kalian? Berikan contohnya!

  • Yang dapat dilakukan membantu dengan cara mengumpulkan sumbangan,bisa berupa baju layak pakai, sembako, dan peralatan bayi serta mendoakan yang terbaik untuk mereka.
  • Memberikan bantuan dalam bentuk barang-barang yang dibutuhkan. Contoh ketika Tsunami, kita bisa memberikan selimut, bahan makanan, ataupun pakaian.
  • Memberikan donasi untuk mereka yang membutuhkan dan melakukan gotong royong untuk membantu mereka dengan ikhlas dan setulus hati.

3. Nilai-nilai apa saja yang dapat kalian teladani untuk membantu saudara kalian? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari?

  • Membantu mereka yang kesulitan dan memberi sesuatu yang kita punya bagi mereka yang membutuhkan. Nilai yang sudah kita lakukan adalah dengan melakukan hal yang disiplin dan melakukan aturan di sekolah dan nilai yang belum dilakukan mungkin dengan beribadah tepat waktu.
  • Saling membantu antarsesama tanpa melihat latar belakang mereka yang tertimpa musibah. Nilai-nilai yang sudah saya laksanakan dalam kehidupan sehari-hari adalah belajar dengan tekun, salat lima waktu.
  • Nilai-nilai yang dapat saya teladani adalah saling membantuk antarsesama tanpa melihat latar belakang mereka yang tertimpa musibah. Jika di dalam pancasila ini dapat dikatakan seperti Persatuan Indonesia, dimana para masyarakatnya saling bersatu serta ikut merasakan rasa suka dan duka terhadap saudara setanah air yang terkena bencana. Nilai-nilai yang sudah saya laksanakan dalam kehidupan sehari-hari adalah belajar dengan tekun, salat lima waktu. Yang belum saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah disiplin.
  • Nilai nilai kesadaran dan adanya rasa senasib dan seperjuangan, yang sudah dilakukan adalah mengikuti aturan aturan yang ada dan yang belum dilakukan adalah menjaga kedisiplinan.

4. Mengapa masyarakat Indonesia kurang menyadari bahwa mereka hidup di negara yang rawan bencana alam?

  • Karena kurangnya sosialisasi dan pemahaman dari masyarakat, apalagi banyak masyarakat yang tidak bersekolah jadi kurang berpendidikan sehingga kurangnya wawasan.
  • Karena masyarakat indonesia masih sangat minim pengetahuan tentang negaranya yang termasuk negara rawan bencana.
  • Karena kurangnya ilmu pengetahuan terhadap masyarakatnya. Hal ini sesuai dengan ilmu geografis yang membahas bahwa Indonesia terletak diantara dua lempeng, di jalur garis mediterania, dsb.
  • Karena sudah berada di zona yang santai, maksud saya apabila keadaan sedang baik-baik saja ,tidak memikirkan apa yang terjadi di masa yang akan datang.
  • Karena adanya ketidak perdulian dan tidak adanya adapasi dari orang orang itu sendiri.

5. Bagaimana membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan bencana alam?

  • Dengan ikut merasakan kesedihan dan kebahagiaan orang lain.
  • Ikut membantu korban bencana.
  • Ikut mencegah bencana alam dengan membersihkan selokan, dll.
  • Saling membantu antar sesama.
  • Dengan cara memperlihatkan bencana alam apasaja yang sudah pernah terjadi di negara kita ini dengan itu mungkin masyarakat kita akan mengerti dan paham tentang hal hal ini.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Penilaian Diri Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam? Halaman 172 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Penilaian Diri Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam? Halaman 172 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!