Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

  • 5 min read
  • Jan 06, 2021

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 What should an entrepreneur have in order to make his production liked by the public? Page 159 Chapter 3 (Inter-Spatial Dependence and Its Effect on Community Welfare) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok

2. Materi diskusi masing-masing kelompok antara lain :

  1. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?
  2. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?
  3. Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?
  4. Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?

3. Kelompok 1 dan 5 membahas materi diskusi nomor 1 Kelompok 2 dan 6 membahas materi diskusi nomor 2

4. Kelompok 3 dan 7 membahas materi diskusi nomor 3 Kelompok 4 dan 8 membahas materi diskusi nomor 4

5. Kelompok 1, 2, 3, dan 4 sebagai kelompok penyaji

6. Kelompok 5, 6, 7, dan 8 sebagai kelompok penyanggah

7. Kelompok 1 disanggah oleh kelompok 5 Kelompok 2 disanggan oleh kelompok 6 Kelompok 3 disanggah oleh kelompok 7 Kelompok 4 disanggah oleh kelompok 8

8. Tuliskan jawaban kelompok pada selembar kertas

9. Presentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain

10. Tanggapi atau jawab apabila ada tanggapan/pertanyaan dari kelompok penyanggah

11. Penilaian tidak terbatas pada penguasaan materi, akan tetapi ada penilain sikap sosial terutama tentang sikap rasa ingin tahu, disiplin, dan kerja sama

Pertanyaan Jawaban
Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?
  • Hal yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat adalah mampu berinovasi dalam mengembangkan produknya, dengan mengikuti perkembangan pasar yang sedang berjalan. Selain itu, pengusaha harus fokus dengan apa yang menjadi tujuan awal dalam usahanya.
  • Hasil produksi harus dikenalkan atau dipromosikan ke masyarakat dengan cara iklan atau dari mulut ke mulut
  • Produk menggunakan kemasan yang menarik dan unik sehingga konsumen tertarik untuk membeli
  • Harus ada tempat pemasaran seperti toko atau kios yang menjual pada tempat yang strategis
  • Hasil produksi harus berkualitas dan memiliki kegunaan bagi konsumen
  • Memberikan pelayanan yang baik dan menjaga pelanggan agar tidak lari ke produk yang lain
Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas? Yang pertama dibutuhkan adalah kreativitas, karena dengan kreativitas akan muncul ide-ide baru dalam memulai suatu usaha. Sedangkan modal dibutuhkan untuk mendukung kreativitas itu. Sebagai contoh : Seorang mempunyai kreativitas atau ide untuk membuat kerajinan tangan dari batok kelapa, maka selanjutnya untuk mendukung usahanya perlu modal, seperti : uang, mesin, sisa batok kelapa, cat, amplas, dan lain-lain. Jika semua sudah saling mendukung antara kreativitas dan modal maka usaha bisa diharapkan berhasil dengan baik.
Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif? Ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah dua hal yang saling berkaitan. Di era sekarang ini, ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep yang memfokuskan pada kreatifitas, inovasi, serta informasi dengan memanfaatkan faktor produksi utama yang terdiri dari ide-ide dan keluasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ekonomi kreatif menghasilkan kegiatan transaksi ekonomi di mana produk kreatif yang dihasilkan memiliki nilai berlipat ganda dari hasil kreasi. Kunci sukses ekonomi kreatif adalah komoditas, brand dan diferensiasi. Ekonomi kreatif merupakan hasil dari kreatifitas dan daya cipta setiap individu. Ekonomi kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara dan juga daerah.

Sementara itu, industri kreatif adalah kumpulan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan proses pembuatan atau penciptaan satu produk atau penggunaan pengetahuan dan teknologi informasi. Industri kreatif berproses dengan memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan kesejahteraan.

Terdapat hubungan erat antara ekonomi kreatif dan industri kreatif. Industri kreatif adalah fondasi dari ekonomi kreatif. Industri kreatif bisa disebut juga sebagai jantung dari ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif ditopang oleh industri kreatif yang menjadikan sumber daya manusia sebagai elemen utama dalam penciptaan produk dan jasa kreatif yang bernilai ekonomis.

Industri kreatif merupakan entitas dari ekonomi kreatif dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Keduanya memanfaatkan pengetahuan, informasi, dan teknologi, serta kreativitas, keterampilan, dan bakat individual maupun kelompok untuk menciptakan nilai tambah secara ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain? Indonesia tidak mau ketinggalan dengan menjadikan produk industri kreatif sebagai salah satu komoditas ekspor andalan. Bahan baku utamanya yang berasal dari ide, kreasi, dan aktivitas intelektual manusia adalah keunggulan tersendiri buat Indonesia. Karena Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia.

Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat Industri kreatif, kebanyakan di antaranya berupa kerajinan tangan asal daerah masing-masing yang diminati oleh para turis mancanegara. Tidak sedikit orang-orang dari negara lain membawa pulang hasil kerajian tangan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa menjadi pertanda baik untuk membuka kran ekspor bagi komoditas tersebut.

Industri kreatif memanfaatkan kreatifitas dan ketrampilan seseorang dalam menciptakan sebuah produk barang atau jasa. Bakat individu yang dikelola dengan baik akan mampu menghasilkan peluang terciptanya industri kreatif yang baru.

Secara garis besar, industri kreatif di Indonesia mampu memberikan kontribusi yang sangat besar. Industri ini mampu menyumbang 7,38% dari total pertumbuhan ekonomi nasional. Pada tahun 2015, industri ini mengalami perkembangan sebesar 4,38%. Secara prosentase mungkin terlihat kecil, namun secara nominal rupiah sekitar Rp.852 triliun.

Prospek industri kreatif bagi peningkatan ekspor indonesia ke negara lain sangatlah bagus, bahkan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang dirilis oleh pemerintah, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasil ekspor nasional. Hasil produk yang banyak diminati oleh negara lain adalah fesyen dan kerajinan tangan.

Berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ekspor industri kreatif nasional mengalami peningkatan dalam enam tahun terakhir. Nilai ekspor ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 mencapai US$ 19,9 miliar atau sebesar 13,77% dari total ekspor nasional US$ 145,17 miliar. Jumlah ekspor industri kreatif tersebut meningkat dibanding posisi 2010 yang hanya mencapai US$ 13,51 miliar atau sebesar 8,56% dari total ekspor US$ 157,79 miliar.

Berdasarkan data pertumbuhan ekonomi nasional, industri kreatif ikut menyumbang sekitar 7,38%. Angka ini diprediksi akan terus berkembang seiring dengan semakin terbentuknya kesadaran masyarakat Indonesia tentang nilai ekonomi dari industri kreatif.

Pada 2017 misalnya, sektor ini menyumbang sekitar Rp 990 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 17,4 persen dan tahun 2020 ini diproyeksikan menyumbang PDB sebesar Rp 1.041 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 18,2 persen.

Kesimpulan

Dari paparan data di atas, sangat tepat jika mengatakan bahwa prospek industri kreatif bagi peningkatan ekspor Indonesia sangat bagus sekali. Angka-angka dalam data di atas akan semakin bertambah karena kesadaran masyarakat tentang potensi industri kreatif semakin berkembang. Semakin banyak orang yang memilih terjun menjadi pelaku usaha industri kreatif. Hasil-hasil kreasi mereka dapat menambah produk ekspor ke luar negeri.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? Halaman 159 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!