Apa yang dimasud dengan perlindungan dan penegakan hukum?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 12 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test Chapter 2 What is meant by protection and law enforcement Page 68 Chapter 2 (Protection and Law Enforcement in Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 2 Apa yang dimasud dengan perlindungan dan penegakan hukum Halaman 68 Bab 2 (Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 2

Jawablah soal-soal di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat.

1. Apa yang dimasud dengan perlindungan dan penegakan hukum?

Pengertian Perlindungan Hukum

Perlindungan Hukum adalah memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan tersebut diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum atau dengan kata lain perlindungan hukum adalah berbagai upaya hukum yang harus diberikan oleh aparat penegak hukum untuk memberikan rasa aman, baik secara pikiran maupun fisik dari gangguan dan berbagai ancaman dari pihak manapun.

Perlindungan Hukum adalah segala upaya pemenuhan hak dan pemberian bantuan untuk memberikan rasa aman kepada saksi dan/atau korban, perlindungan hukum korban kejahatan sebagai bagian dari perlindungan masyarakat, dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti melalui pemberian restitusi, kompensasi, pelayanan medis, dan bantuan hukum.

Pengertian Penegakan Hukum

Penegakan hukum adalah proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman prilaku dalam lalu lintas atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ditinjau dari sudut subyeknya, penegakan hukum itu dapat dilakukan oleh subyek yang luas dan dapat pula diartikan sebagai upaya penegakan hukum itu melibatkan semua subyek.

Penegakan hukum adalah suatu usaha untuk mewujudkan ide-ide tentang keadilan-keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan sosial menjadi kenyataan.

Penegakan hukum pidana adalah suatu usaha untuk mewujudkan ide-ide tentang kedilan dalam hukum pidana dalam kepastian hukum dan kemanfaatan sosial menjadi kenyataan hukum dalam kepastian hukum dan kemanfaatan sosial menjadi kenyataan hukum dalam setiap hubungan hukum.

2. Mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakan hukum tidak dilaksanakan?

Sebenarnya dalam penegakkan hukum, peran masyarakat juga sangat dibutuhkan agar bisa tercipta hukum yang adil, karena penegakkan dan perlindungan hukum tidak akan bisa terwujud jika masyarakatnya tidak sadar akan hukum. Oleh karena itu, penegak hukum dan masyarakat memiliki hubungan yang erat dalam mewujudkan hukum yang adil dan merata.

Jadi, untuk mencapai dan memberikan perlindungan hukum yang baik, memerlukan pelaksanaan penegak hukum yang baik dan tentunya secara profesional. Karena penegak hukum yang baik akan menciptakan keadilan yang merata tanpa memandang status ataupun jabatan dalam masyarakat. Dan dengan begitu pula akan menghasilkan perlindungan hukum yang maksimal disertai rasa aman dan nyaman untuk semua orang.

Perlindungan hukum yang baik merupakan salah satu syarat mutlak untuk menciptakan suatu tata keadilan yang baik pula. Untuk mecapai atau memberikan perlindungan yang baik, maka akan diperlukan atau dibutuhkan pelaksanaan penegakan hukum yang baik. Penegakan hukum yang baik akan menciptakan keadilan yang merata tanpa memandang status sosial dan sebagainya dalam masyarakat. Dengan terlaksananya penegakan hukum yang baik, maka akan memberikan perlindungan hukum yang maksimal serta rasa aman dan nyaman bagi semua orang.

3. Mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak harus dilakukan dalam sebuah negara demokrasi?

Alasan mengapa perlindungan dan penegakan hukum harus dilakukan dalam sebuah negara demokrasi adalah untuk menjamin dan melindungi terlaksananya hak dan kewajiban masyarakat sesuai dengan nilai-nilai demokrasi sehingga KEADILAN bisa tercapai.

Sebuah negara demokrasi sangat membutuhkan hukum mutlak karena prinsip Negara demokrasi adalah kebebasan rakyatnya untuk bersuara dan memiliki hak yang sama satu dengan yang lainnya. Hukum mutlak ini berlaku kepada siapa saja mulai dari Presiden hingga rakyat biasa sehingga tidak satupun yang lolos dari jeratan hukum. Fungsinya juga untuk membatasi kekuasaan yang dimiliki oleh para pemimpin dan membatasi kebebasan dari rakyat.

4. Bedakan peran polisi, jaksa, hakim dan advokat serta KPK dalam proses penegakan hukum di Indonesia!

  • Peran Polisi Dalam Proses Penegakan Hukum

Peran polisi terlihat dari wewenangnya UU No.2 Tahun 2002 yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan menegakkan hukum. Maksud dari memelihara ketertiban dan keamanan yaitu perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Peran penegakan hukum, polisi bisa melakukan penyelidikan, penggeledahan dan penangkapan terduga pelaku kejahatan yang berkasnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri untuk dilakukan peradilan.

  • Peran Jaksa Dalam Proses Penegakan Hukum

Berdasarkan UU RI No 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI bahwa Jaksa adalah pejabat Fungsional yang diberi wewenang oleh UU untuk bertindak sebagai penuntut umum dan pelaksanaan putusan pengadilan yang didapatkan melalui kekuatan hukum tetap serta wewenang lain menurut undang-undang.

  • Peran Hakim Dalam Proses Penegakan Hukum

Hakim berperan menyidang dan menetapkan keputusan terhadap perkara yang disidang, termasuk apakah pelaku bersalah atau tidak. Hakim berada dibawah Mahkamah Agung (MA). Karena itu hakim adalah bagian dari lembaga Yudikatif.

  • Peran Advokat Dalam Proses Penegakan Hukum

Peran Advokat dalam UU No. 18 Tahun 2003 adalah memberikan bantuan dan pendampingan hukum pada orang berperkara, baik itu yang terdakwa atau kepada orang yang berperkara perdata. Advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang statusnya adalah pihak swasta yang mendapat honorarium dari klien kecuali pada kasus tertentu seperti advokat di pos bantuan hukum yang berkerja sama dengan pengadilan.

  • Peran KPK Dalam Proses Penegakan Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun yang perannya adalah koordinasi, supervisi, monitoring, penindakan dan pencegahanan dalam pemberantasan korupsi.

Kesimpulan

  • Perbedaan peran polisi, jaksa, hakim, dan advokat dalam proses penegakan hukum
  • Peran Polisi adalah penyelidikan dan menanggkap pelaku pelanggaran hukum
  • Peran Jaksa adalah penuntutan terhadap pelanggar hukum di persidangan
  • Peran Hakim adalah memutuskan apakah pelaku yang dituntut melanggar hukum bersalah atau tidak
  • Peran Advokat adalah melakukan pendampingan hukum dan pembelaan terhadap pelaku yang dituntut melanggar hukum.
  • Peran KPK adalah melakukan tindakan dalam pemberantasan korupsi.

5. Mengapa terjadi pelanggaran hukum?

Mengapa terjadi pelanggaran hukum jawabannya karena kurangnya kesadaran manusia dalam mematuhi aturan hukum yang berlaku. Anggapan bahwa aturan itu ada untuk dilanggar masih membumi dan terus menjamur. Meski anggapan nyeleneh dan guyon, nyatanya anggapan ini sering dijadikan alasan kenapa seseorang melanggar hukum terkhusus anak remaja.

Selain itu, perangkat hukum yang tidak tegas dan jelas sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum yang memberikan celah hukum untuk para pelanggar. Selain itu, struktur sosial dan politik yang timpang menyebabkan seseorang dengan mudahnya melanggar hukum. Alasan yang paling utama adalah kesenjangan ekonomi yang terjadi. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan ketidakpuasan terhadap keadaan ekonomi yang ada di masyarakat yang disebabkan oleh ketidakmerataan antara satu golongan dengan golongan yang lain.

6. Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan sekolah!

Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan KETIDAKPATUHAN terhadap hukum di lingkungan keluarga:

  • Orangtua menganiaya anaknya, ini termasuk melanggar hukum perlindungan anak.
  • Anak menganiaya ayah atau ibunya, ini termasuk tindak kriminal.
  • Ayah atau ibu yang adalah wajib pajak namun tidak membayar pajak
  • Ayah atau ibu mengizinkan anaknya yang di bawah umur mengendari kendaraan

Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan KETIDAKPATUHAN terhadap hukum di lingkungan sekolah:

  • Siswa melakukan perundungan dan persekusi pada siswa lainnya
  • Siswa atau guru melakukan pencurian atau penipuan
  • Siswa ikut aksi tawuran
  • Oknum guru atau pegawai sekolah menyelewengkan dana dari pemerintah
  • Siswa datang ke sekolah dengan mengendari kendaraan
  • Siswa menggunakan narkoba

Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan KETIDAKPATUHAN terhadap hukum di lingkungan masyarakat:

  • Merusak dengan sengaja properti milik orang lain
  • Merusak dengan sengaja fasilitas umum yang disediakan pemerintah
  • Membangun bangunan tanpa adanya IMB
  • Memalsukan dokumen kependudukan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 2 Apa yang dimasud dengan perlindungan dan penegakan hukum Halaman 68 Bab 2 (Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 2 Apa yang dimasud dengan perlindungan dan penegakan hukum Halaman 68 Bab 2 (Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!