Breaking News

Apa yang dimaksud Pelayaran Hongi? Mengapa Sultan Hasanuddin menentang Pelayaran Hongi?

Questions and Answer Key Curriculum History of Indonesia Class 11 REPEATED TRAIN 2013 Revised 2017 SEMESTER What is Cruise Hongi? Why did Sultan Hasanuddin oppose Shipping Hongi? Page 153 Chapter 2 (War Against Colonialism and Imperialism) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN SEMESTER Apa yang dimaksud Pelayaran Hongi? Mengapa Sultan Hasanuddin menentang Pelayaran Hongi? Halaman 153 Bab 2 (Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

LATIH ULANGAN SEMESTER

Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini

1. Apa yang dimaksud Pelayaran Hongi? Mengapa Sultan Hasanuddin menentang Pelayaran Hongi?

Yang dimaksud Pelayaran Hongi adalah ekspedisi pelayaran yang dilakukan VOC untuk menjaga keberlangsungan monopoli rempah-rempah di wilayah Kepulauan Maluku dan sekitarnya.

Mengutip buku Seri IPS Sejarah II SMP Kelas VIII karya Prawoto (2006), Hongi merupakan nama kapal cepat yang ada pada waktu itu. Dengan kapal tersebut VOC melakukan pelayaran ke berbagai wilayah di Maluku untuk memusnahkan tanaman cengkih. Karena kapal yang digunakan dalah kapal hongi maka disebut Pelayaran Hongi.

Sultan hasanuddin menentang pelayaran hongi Karena pelayaran hongi merugikan rakyat maluku sehingga ia mengirimkan armada kuat yang terdiri dari 100 perahu untuk membantu rakyat maluku.

2. Coba ceritakan secara singkat perlawanan rakyat Maluku terhadap dominasi Portugis?

Pada awalnya kerajaan Ternate dan tidore bersaing memperebutkan kekuasaan di daerah maluku. namun, kekuasaan portugis di maluku menyadarkan mereka bahwa keberadaan potugis sangat berbahaya.

Akhirnya kerajaan ternate dan kerajaan tidore bersatu melawan Portugis perlawanan dipimpin oleh sltan Khairun.

Pada tanggal 27 februari 1570, terjadi kesepakatan damai dengan portugis, portugis melanggar kesepakatan damai yang telah dibuat. Bahkan sultan Khairun dibunuh di benteng kastela perlawanan dilanjutkan oleh sultan baabulah dann berhasil mengusir portugis dari Maluku pada 1575.

3. Bagaimana pendapat dan penilaian kamu tentang pandangan bahwa Aru Palaka itu bukan merupakan pengkhianat tetapi justru merupakan tokoh pejuang dari Bone?

Menurut saya, untuk rakyat Bone apa yang di lakukan oleh Aru Palaka itu tidak salah dan sebuah langkah yang benar, karena mereka ingin membuat kerajaan sendiri. Namun, untuk rakyat Gowa apa yang di lakukan oleh Aru Palaka adalah penghianatta besar. bahkan, tega saling bunuh mmbunuh tanpa memikirkan kalau kolonial yang mendapat keuntungan besar dalam peperangan itu yang mengharuskan Sultan hasanuddin menandatangani perjanjian Bongayya sebagai tanda kekalahan rakyat dan kerajaan Gowa. Aru Palaka juga seorang manusia biasa yang tidak luput dari perbuatan baik dan perbuatan buruk, terlepas dari tindakannya membantu Voc menyerang Goa. Aru Palaka juga telah berbuat banyak untuk kesejaterahaan rakyatnya BONE , di mata masyarakat Bone, Aru Palaka merupakan seorang pejuang , karena berhasil membebaskan rakyat Bone dari penderitaan, hal ini karena kerajaan-kerajaan kecil di Bone merasaITU MASIH di Kuasai oleh kerajaan Makassar.

4. Ceritakan secara singkat Perang Tondano II yang menandai tenggelamnya kedaulatan rakyat Minahasa!

Perang Tondano II berlangsung cukup lama, bahkan sampai agustus 1809. Dalam suasana kepenatan dan kekurangan makanan mulai ada kelompok pejuang yang memihak kepada Belanda. Namun dengan kekuatan yang ada para pejuang Tondano terus memberikan perlawanan. Akhirnya pada tanggal 4-5 Agustus 1809 Benteng pertahanan Moraya milik para pejuang hancur bersama rakyat yang berusaha mempertahankan. Para pejuang itu memilih mati dari pada menyerah.

5. Jelaskan kasus tentang “surat pas” atau surat izin bermukim bagi orang Cina. Coba kaitkan kasus ini dengan kehidupan masyarakat Indonesia sekarang ini!

Untuk membatasi kedatangan orang-orang Cina ke Batavia, VOC mengeluarkan ketentuan bahwa setiap orang Cina yg tinggal di Batavia harus memiliki surat izin bermukim atau surat pas. Apabila tidakmemiliki surat ini, akan di tangkap dengan di beri waktu 6 bulan untuk mendapatkan surat ini terjadinya penyelewengan dengan biaya lebih mahal. Akibatnya orang Cina melarikan diri dan mengacaukan keberadaan VOC di Batavia. Berkaitan dengan di Indonesia banyak masyarakat bangsa Indonesia tidak memiliki KTP mereka seperti memiliki beban.

6. Apa yang dimaksud dengan strategi winning the heart dari Belanda dalam Perang Padri, apa isinya dan apa tujuan Belanda mengambil cara itu?

Strategi Winning the Heart adalah strategi yang dikeluarkan oleh Van de Bosch untuk memenangkan hati kaum padri. Strategi tersebut berupa penghapusan pajak di pasar, kemudian para juragan digaji oleh Belanda dan para pegawai juga dibayar oleh Belanda. Belanda berjanji kepada kaum padri bahwa tidak akan perang lagi antara kaum padri dengan VOC.

Tujuan belanda melakukan strategi winning the hert adalah untuk memecah kewaspadaan kaum padri terhadap belanda sehingga kaum padri tidak siap ketika akan di serang oleh pihak belanda.

Strategi ini berisikan penghapusan pajak di pasar, para juragan akan di beri gaji oleh Voc sebesar 25-30 Gulden dan para pegawai pemerintahan akan digajih sebesar 0,5 Sen per hari, VOC akan berdamai dengan kaum padri, Tujuan Belanda mengambil cara winning the heart adalah, untuk membuat kaum padri lengah dan ketika lengah belanda menyerang kaum padri.

7. Nilai-nilai kejuangan apa yang dapat kita peroleh saat belajar sejarah perjuangan Pangeran Hidayatullah dari Banjar?

Sikap patriotisme dan keberanian dalam merebut kembali hak-haknya yang ikut campur tangan kerajaan banjar.

8. Perang Padri fase kedua sebenarnya merupakan salah strategi perang Belanda semacam “gencatan senjata” atau “peredaan” Mengapa demikian, apa tujuan yang ingin diraih Belanda? Jelaskan!

Tujuan gencatan senjata yang diadakan Belanda sebelum Perang Padri Kedua adalah karena pemerintah kolonial Belanda kesulitan melawan pasukan kaum Padri dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol dan karena pemerintah kolonial Belanda sedang menghadapi perang besar di Jawa yakni Perang Diponegoro dari Kesultanan Mataram. Hal ini menyebabkan Belanda perlu memusatkan kekuatan perangnya di Jawa untuk memenangkan Perang Diponegoro.

Setelah Perang Diponegoro yang berlangsung sekitar lima tahun berhasil dipadamkan pemerintah kolonial Belanda dan kekuatan perangnya sudah pulih barulah kemudian Belanda memulai perang untuk menundukkan kaum Padri di Sumatera Barat.

Perang Padri berlangsung selama dua tahap, dimana tahap pertama berakhir dengan gencatan senjata Belanda kesulitan mengalahkan pasukan dari Kaum Padri dan juga karena pemerintah kolonial Belanda harus memusatkan kekuatan perangnya yang sedang kewalahn melawan pasukan Pangeran Diponegoro pada perang Diponegoro / Perang Jawa.

Perang Padri akhirnya berhasil dimenangkan oleh pasukan kolonial Belanda setelah berhasil menangkap Tuanku Imam Bonjol yang kemudian dengan keberhasilan pasukan Belanda menembus benteng terakhir kaum Padri di Dalu – Dalu yang dipimpin Tuanku Tambusai sehingga Tuanku Tambusai melarikan diri bersama sisa – sisa pengikutnya ke Negeri Sembilan di Semenanjung Malaya.

9. Perang Diponegoro sering disebut dengan Perang Jawa, mengapa? Jelaskan!

Perang Diponegoro merupakan salah satu perang yang cukup terkenal dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Perang ini berlangsung selama kurang lebih 5 tahun dari 1825 hingga 1830. Perang ini dipicu oleh beberapa hal, diantaranya kekuasaan raja-raja di Yogyakarta semakin sempit karena daerah pantai utara Jawa Tengan dikuasai Belanda, golongan bangsawan sangat kecewa karena Belanda melarang kaum bangsawan untuk menyewakan tanahnya kepada pihak partikelir, kaum ulama Islam merasa resah karena berkembangnya kebudayaan barat yang sangat mengganggu dan bertentangan dengan agama, dan kehidupan rakyat semakin menderita karena Belanda melakukan tindakan pemerasan. Pangeran Diponegoro dengan tegas menentang rencana itu. Perang Diponegoro juga disebut Perang Jawa karena wilayah pertempuran yang tadinya hanya terjadi di Jawa Tengah dan Yogyakarta meluas hingga ke Madiun, Magetan, hingga Kediri.

10. Perang Aceh berlangsung begitu lama, mengapa demikian?

Perang Aceh berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan perlawanan-perlawanan di daerah lain. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, yaitu:

  • Keadaan alam yang bergunung-gunung dan hutan lebat sehingga dapat digunakan sebagai tempat berlindung
  • Para ulama Aceh mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam mengobarkan semangat perang Sabil
  • Perang Aceh tidak tergantung pada seorang pemimpin
  • Faktor sosial masyarakat Aceh yang tidak mudah tertarik pada janji-janji yang disampaikan oleh Belanda.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN SEMESTER Apa yang dimaksud Pelayaran Hongi? Mengapa Sultan Hasanuddin menentang Pelayaran Hongi? Halaman 153 Bab 2 (Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH ULANGAN SEMESTER Apa yang dimaksud Pelayaran Hongi? Mengapa Sultan Hasanuddin menentang Pelayaran Hongi? Halaman 153 Bab 2 (Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!