Breaking News

Apa yang dimaksud dengan kriminalitas?

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 What is meant by crime? Page 134 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Halaman 134 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Setelah melakukan kegiatan di bawah ini, diharapkan kalian dapat menganalisis berbagai macam faktor penyebab kriminalitas sampai dengan cara menanggulanginya.

2. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 siswa!

3. Amatilah tayangan tentang berbagai macam berita kriminal dari media cetak yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru kamu!

4. Berdasarkan berita kriminal yang kamu amati, diskusikanlah hal-hal berikut!

  1. Apa yang dimaksud dengan kriminalitas?
  2. Apa saja yang termasuk dalam contoh kriminalitas?
  3. Apa kaitan antara kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, dan globalisasi?
  4. Apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya kriminalitas?
  5. Apa akibat yang terjadi dari kriminalitas?
  6. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi makin maraknya kriminalitas?

5. Untuk membantu diskusi kelompok, kamu dapat menggunakan berbagai sumber termasuk buku dari perpustakaan atau jaringan internet!

a. Hasil diskusi ditulis dalam lembar kerja, untuk dipresentasikan!

Pertanyaan Jawaban
Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Pengertian kriminalitas sederhananya merupakan segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan, sehingga mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat.
Apa saja yang termasuk dalam contoh kriminalitas? Beberapa contoh tindakan kriminalitas antara lain sebagai berikut :

  • Kegiatan mengedarkan narkoba, minuman keras, dan obat-obatan terlarang lainnya.
  • Korupsi dengan mengambil uang atau materi yang bukan haknya.
  • KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga, berupa kekerasan yang dilakukan salah satu anggota keluarga kepada anggota keluarga lain.
  • Pencurian, Pencopetan, Perampokan, dan perbuatan lain yang meminta harta orang lain secara tidak sah.
  • Penganiyaan atau sampai pembunuhan baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan.
Apa kaitan antara kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, dan globalisasi? Kaitan antara kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan globalisasi adalah salah satu dampak negatif dari globalisasi yaitu kesenjangan sosial ekonomi. Hal ini terjadi karena adanya kesenjangan sosial ekonomi yang sangat tinggi akibat globalisasi akan menyebabkan kenaikan angka kriminalitas.
Apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya kriminalitas? Beberapa penyebab kriminalitas antara lain sebagai berikut :

  • Urbanisasi Serta Industrialisasi

Keadaan yang diakibatkan dari urbanisasi dan industrialisasi di suatu Negara, misal Negara berkembang, pasti berada dalam posisi dilema perpindahan. Hal ini karena akan mengakibatkan ledakan penduduk yang nantinya menjadi penyebab naiknya tingkat kriminalitas.

  • Kondisi-Kondisi Sosial

Beragam kondisi sosial sebagai penyebab kriminalitas yang merugikan kehidupan manusia. Misalnya, beragam jenis pengangguran, kemiskinan yang makin menjamur, kondisi lingkungan yang mendukung individu melakukan kejahatan, kepincangan sosial, tekanan mental serta kebencian.

  • Moral

Kunci dari individu atau kelompok melakukan atau tindakan melakukan kriminalitas adalah karena moralitas. Oleh karena, moral atau moralitas tentang opini seseorang mengenai sesuatu. Dalam hal ini, kriminalitas terjadi bukan karena ada celah, namun dari penilaian baik atau buruk dari seseorang.

  • Degradasi Mental

Penyebab ini lahir dari tingkat stres, depresi, serta tidak menemukan tempat untuk melampiaskan atau sebagai pelampiasan rasa kesal. Oleh sebab itu, membuat seseorang melakukan kriminalitas supaya meredam degradasi mentalnya. Dengan kata lain, tindakan itu adalah wujud katarsisnya.

  • Tingkat Pendidikan

Pendidikan yang masih mahal, sampai saat ini, juga belum bisa sepenuhnya mereta disebagian daerah menyebabkan terjadinya kriminalitas. Hal ini karena, mereka tidak memiliki pendidikan sehingga sulit untuk mendapat pekerjaan.

  • Gengsi Yang Tinggi

Kemajuan berjalan sangat cepat, setiap detiknya ada terjadi kemajuan, termasuk di bidang teknologi. Hal ini membuat sebagian sulit mengikutinya, namun ada yang dengan berlomba-lomba terus mengikuti perkembangan padahal secara nyata individu itu tidak mampu. Tindakan ini sebagai pemantik dari penyebab kriminalitas, karena demi gengsi sampai nekat merampok.

Apa akibat yang terjadi dari kriminalitas? Beberapa akibat kriminalitas antara lain sebagai berikut :

  • Memunculkan trauma yang membekas lama bagi korban yang mengalami tindakan kriminalitas
  • Keamanan dan kestabilan sosial menjadi terganggu
  • Bisa merugikan suatu negara
  • Bisa juga merugikan seseorang maupun masyarakat keseluruhan
  • Adanya pihak yang dirugikan secara material dan non material
Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi makin maraknya kriminalitas? Beberapa tindakan pencegahan kriminalitas antara lain sebagai berikut :

  • Menegakkan sanksi hukum yang tegas dan tanpa pandang bulu.
  • Mengaktifkan peran orang tua dan lembaga pendidikan dalam mendidik anak.
  • Selektif terhadap budaya asing yang masuk agar tidak merusak nilai budaya bangsa.
  • Menjaga kelestarian dan kelangsungan nilai dan norma dalam masyarakat.
  • Upaya untuk menekan tidakan kriminalitas adalah dengan cara membuat pelaku menjadi jera.
  • Menggerakkan Roda Perekmonomian Terutama Ekonomi Kerakyatan
  • Menjunjung Tinggi Norma dan Agama Di Masyarakat.
  • Jangan Mudah Terpancing Emosi
  • Meningkatkan peran serta orang tua terutama kepada anak-anak
  • Dibutuhkan proteksi dari diri sendiri untuk mencegah budaya negatif masuk
  • Menumbuhkan Kejasama yang Solid antara Aparat dan Masyarakat dalam Menjaga Keamanan
  • Menciptakan Lapangan Kerja Sebanyak-Banyaknya
  • Tidak Ada Perbedaan Perlakuan Berdasarkan Tingkatan Ekonomi

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Halaman 134 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Halaman 134 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!