Breaking News

Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi?

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 What is meant by socio-economic inequality? Page 133 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi? Halaman 133 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Dengan melakukan kegiatan berikut diharapkan kalian dapat mengemukakan ide tentang cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.

2. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 siswa!

3. Amatilah kehidupan masyarakat Indonesia melalui gambar atau video tentang kesenjangan sosial yang ditunjukkan oleh guru kamu!

4. Apa yang ingin kamu ketahui dari berbagai gambar atau video tersebut?

5. Untuk mengetahui tentang kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat sebagai pengaruh dari modernisasi, diskusikan topik berikut dengan kelompok!

  1. Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi?
  2. Apa saja faktor penyebab kesenjangan sosial ekonomi?
  3. Apa dampak yang terjadi karena kesenjangan ekonomi yang semakin melebar?
  4. Bagaimana cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat?

6. Tulislah hasil diskusimu!

7. Presentasikan di depan kelas!

Pertanyaan Jawaban
Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi? Pengertian Kesenjangan Sosial adalah suatu keadaan/ kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok, dimana terjadi ketidakadilan/ ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting dalam suatu masyarakat.

Kesenjangan sosial sering dikaitkan dengan adanya perbedaan yang nyata dari segi finansial masyarakat mencakup kekayaan harta, kekayaan barang dan jasa dan lainnya. Adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat dapat dilihat dari keberadaan peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam masyarakat.

Apa saja faktor penyebab kesenjangan sosial ekonomi? 1. Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian suatu daerah dipengaruhi oleh sumber daya alam yang terdapat di daerah tersebut. Laju ekonomi dapat berjalan meningkat jika terdapat sumber daya alam yang dikelola dengan baik.

Jika suatu daerah kekurangan sumber daya alam, maka hal ini akan berpengaruh besar bagi perekonomian daerah tersebut.

2. Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dapat juga menjadi faktor timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat. Contohnya kebijakan program transmigrasi. Masyarakat pendatang umumnya lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli.

Kesempatan lebih besar yang diberikan kepada warga pendatang membuat mereka berkembang lebih cepat. Hal ini kemudian menimbulkan kesenjangan sosial antara dua kelompok masyarakat tersebut.

3. Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi dapat dimanfaatkan untuk mencapai kemajuan. Namun di sisi lain, globalisasi juga menimbulkan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarkat.

Kesenjangan sosial ini terjadi ketika sebagian masyarakat tidak bisa beradaptasi dan tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.

4. Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, dan struktur kependudukan menunjukkan kondisi demografis suatu daerah.

Kondisi demografis suatu daerah dengan daerah lainnya yang berbeda dapat menyebangkan kesenjangan sosial. Hal ini dikarenakan produktivitas kerja masyarakat satu daerah dengan daerah lainnya tidak sama.

5. Faktor Letak dan Kondisi Geografis

Pada umumnya tingkat pembangunan suatu daerah dipengaruhi oleh letak dan kondisi geografisnya. Masyarakat yang berada di dataran tinggi cenderung lebih sulit butuh waktu untuk membangun infrastruktur ketimbang masyarakat yang berada di dataran rendah.

Ini menyebabkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah cenderung lebih cepat berkembang. Hal ini kemudian menimbulkan kesenjangan sosial di kedua masyarakat tersebut.

Apa dampak yang terjadi karena kesenjangan ekonomi yang semakin melebar?

 

1. Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial ditandai dengan angkan kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika masyarakat miskin dan menganggur mendominasi di suatu negara, maka pendapatan mereka juga sangat rendah.

Dengan pendapatan yang tidak pasti dan cenderung sangat rendah membuat daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sekunder akan menurun. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan keuntungan perusahaan tidak optimal.

2. Target Pasar yang Tidak Jelas

Sesuai dari pengertian kesenjangan sosial dimana terjadi ketimpangan yang signifikan di antara masyarakat maka akan membuat target pasar perusahaan tidak jelas arahnya. Jika perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menengah kebawah, maka akan cenderung  merugikan perusahaan karena daya beli mereka cenderung tidak stabil.

Akan tetapi meskipun perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menegah keatas, tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan. Mengingat kalangan elit di negara Indonesia lebih menyukai belanja produk luar negeri dibanding dari industri dalam negeri.

3. Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya meskipun banyak pengangguran di Indonesia, namun banyak perusahaan yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat banyak yang berada di bawah rata-rata.

Meskipun banyak yang bergelar sarjana, namun nyatanya keahlian mereka banyak yang belum dibutuhkan di negara ini apalagi yang masih fresh graduate.

4. Maraknya Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia bisa dibilang sangat tinggi. Bahkan baru-baru ini banyak kasus kejahatan dari hacker yang merugikan perusahaan besar karena meretas data-data penting perusahaan.

Tingginya tidak kriminal di masyarakat dapat terjadi karena  permasalahan finansial akibat kesenjangan sosial. Sampai saat ini ekonomi  menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang berbuat kejahatan.

Bagaimana cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat?

 

Beberapa cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi antara lain sebagai berikut :

  • Pemerataan pembangunan sampai ke penjuru wilayah negara
  • Memberantas korupsi dan KKN
  • Penegakan hukum
  • Pembangunan infrastruktur seperti : jembatan, jalan, pelabuhan dan bandara yang bisa mempercepat mobilitas dan distribusi barang
  • Pembangunan kawasan-kawasan industri yang menciptakan lapangan kerja baru
  • Bantuan pendidikan dan kesehatan bagi warga yang miskin

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi? Halaman 133 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial ekonomi? Halaman 133 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!