Breaking News

Apa yang dimaksud dengan e-budgeting?

PPKN Questions and Answer Keys Class 12 2013 Revised 2018 Curriculum Independent Tasks 3.1 What are the advantages of implementing e-budgeting in government administration Page 74 Chapter 3 (The Influence of Science and Technology Progress on the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.1 Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan Halaman 74 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 3.1

Bacalah berita di bawah ini.

24 Kepala Daerah Sepakat e-Budgeting

Para peserta forum Orientasi Kepemimpinan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (OKPPD) menyepakati percepatan penggunaan e-budgeting yang terbukti bisa mencegah penyelewengan dana dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).”E-budgeting akan meningkatkan kualitas partisipasi politik. Intinya, e-budgeting buat semua warga negara jadi penting dan dipentingkan,” kata Ketua Angkatan I OKPPD, Bima Arya, di Jakarta, Jumat (27/3).

Selain menyepakati percepatan e-budgeting, forum juga merekomendasikan perpanjangan usia pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS). Hal tersebut penting untuk dijadikan dasar hukum dalam penyediaan posisi bagi pejabat struktural yang tidak lolos seleksi terbuka. OKPPD angkatan pertama 2015 diikuti 17 bupati, 7 wali kota, 3 wakil bupati, 10 ketua DPRD kota/kabupaten, dan 1 wakil ketua DPRD. Wali Kota Bogor, Bima Arya, terpilih sebagai Ketua Angkatan I OKPPD dan Wali Kota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah, terpilih sebagai sekretaris.

Penyusunan APBD berbasis e-budgeting pertama kali diterapkan di Kota Surabaya, Jatim, yang diikuti Pemprov DKI di 2015.

Sumber : www.tribunnews.com

Setelah Anda membaca berita tersebut, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan e-budgeting?

Dilansir dari laman europa.eu, e-budgeting adalah singkatan dari elektronik budgeting yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan anggaran elektronik atau suatu anggaran yang disusun secara digital, baik itu berbasis aplikasi ataupun website.

Pada dasarnya, e-budgeting adalah program dari pihak pemerintah, terutama untuk bagian e-government dalam upaya mendukung transparansi dan juga akuntabilitas dalam hal anggaran.

Selain itu, pengertian lain dari e-budgeting adalah suatu sistem keuangan berbentuk semua dokumentasi keuangan milik suatu bisnis atau perusahaan yang dilakukan secara online dan juga bisa dilihat oleh siapa saja yang mempunyai keperluan atau hubungan di dalamnya.

2. Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan?

  • Menjaga Akuntabilitas Publik

Dengan menggunakan e-budgeting yang sangat transparan, maka akuntabilitas publik juga akan meningkat secara otomatis. Setiap departemen yang ada di dalam perusahaan pun akan merasa pekerjaan mereka diperhatikan oleh seluruh pihak internal perusahaan, sehingga mampu memacu akuntabilitas pada setiap orang yang bekerja.

Beda halnya dengan sistem budgeting manual, yang mana pihak pemimpin departemen saja yang memerhatikan kerja mereka.

  • Menekan Resiko Korupsi

Tujuan e-budgeting yang utama adalah agar setiap laporan di dalamnya menjadi lebih transparan, sehingga akan bisa diperhatikan oleh setiap orang yang memiliki wewenang atau oleh semua masyarakat.

Hal tersebut akan meminimalisir tindakan berbagai oknum lain yang ingin melakukan tindakan korupsi dengan menggunakan cara mengubah atau memanipulasi seluruh data keuangan yang sudah diisi.

E-budgeting mampu memberikan rasa takut untuk berbagai pihak yang ingin melakukan tindakan korupsi, karena dana yang ada di dalamnya bisa dilihat oleh semua orang, sehingga jika ada perubahan yang tidak masuk akal, maka akan lebih mudah untuk diketahui publik.

E-budgeting bisa meminimalisir tindakan korupsi apabila hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja. Namun, e-budgeting juga bisa meminimalisir angka korupsi  walaupun yang mengubah data lebih dari satu pihak.

  • Dokumentasi Data Lebih Efektif

Data yang ada di dalam e-budgeting akan tersimpan dengan berbagai data pendukung lainnya. Untuk itu, hal ini mampu membantu proses dokumentasi data menjadi lebih efektif lagi. Anda hanya harus klik dan Anda pun sudah bisa melihat berbagai laporan yang Anda butuhkan.

  • Mempermudah Evaluasi

Di dalam sistem e-budgeting, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk melakukan evaluasi. Performa setiap departemen akan bisa dilihat dengan sistem e-budgeting ini. Jadi, e-budgeting mampu mempersingkat waktu, dan membuat proses evaluasi menjadi lebih efisien dan akurat.

  • Melakukan pengurangan dari penyalahgunaan dari APBD.
  • Terdapat sebuah bentuk dari template
  • E-budgeting memiliki kemampuan didalam melakukan berbagai macam bentuk penghematan dari anggaran yang ada
  • Menjadi sebuah bentuk dari prinsip terhadap transparansi yang dimiliki oleh publik
  • Tidak akan dapat dilakukan pengubahan oleh siapapun

3. Menurut Anda, apakah pada saat ini sistem e-budgeting harus sudah diterapkan oleh semua sektor pemerintahan? Berikan alasannya.

Pada saat ini sistem e-budgeting harus sudah diterapkan oleh semua sektor pemerintah karena dengan menggunakan sistem e-budgeting maka pemerintah dapat memproteksi pelaksanaan penganggaran tersebut.

Pemerintah saat ini telah berupaya keras untuk melaksanakan penganggaran APBN seefektif mungkin, salah satunya yaitu melalui sistem e-budgetin, tujuannya yaitu agar anggaran tersebut dapat terkendali dengan baik dan juga pelaksanaan penganggaran tersebut dapat diawasi.

4. Bagaimana dampak penerapan e-budgeting dalam pemberantasan korupsi?

Dampak penerapan e-budgeting dalam pemberantasan korupsi adalah e-budgeting mampu mengunci dan memperkecil peluang koruptor dalam melakukan tindak pidana korupsi. Hal ini karena e-budgeting mampu mencatat setiap perubahan dalam penganggaran. Dengan demikian, pihak yang berupaya mengubah anggaran akan langsung ketahuan.

Hal tersebut akan meminimalisir tindakan berbagai oknum lain yang ingin melakukan tindakan korupsi dengan menggunakan cara mengubah atau memanipulasi seluruh data keuangan yang sudah diisi.

E-budgeting mampu memberikan rasa takut untuk berbagai pihak yang ingin melakukan tindakan korupsi, karena dana yang ada di dalamnya bisa dilihat oleh semua orang, sehingga jika ada perubahan yang tidak masuk akal, maka akan lebih mudah untuk diketahui publik.

E-budgeting bisa meminimalisir tindakan korupsi apabila hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja. Namun, e-budgeting juga bisa meminimalisir angka korupsi  walaupun yang mengubah data lebih dari satu pihak.

5. Apa saja syarat sebuah daerah untuk bisa menerapkan e-budgeting?

  • Memiliki infrastruktur
  • Terdapat sebuah nergi yang berada diantara eksekutif dan juga legislatif
  • Terdapat sebuah sumber daya yang dimana baik dan cukup
  • Terdapat dukungan dari masyarakat daerah
  • Daerah tersebut telah menerapkan Perda terkait pengaplikasian e-budgeting.
  • Daerah tersebut memiliki sumber daya yang cukup, baik dari segi anggaran maupun SDM, untuk menerapkan e-budgeting.
  • Rencana e-budgeting mendapat dukungan dari masyarakat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.1 Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan Halaman 74 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.1 Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan Halaman 74 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!