Breaking News

Apa yang dimaksud dengan drama

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 8.1 What is meant by drama Page 204 Chapter 8 (Dramas of life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 8.1 Apa yang dimaksud dengan drama Halaman 204 Bab 8 (Drama-Drama kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 8.1

A. Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut!

1. Apa yang dimaksud dengan drama?

Secara umum, pengertian drama adalah genre karya sastra berupa karangan yang menggambarkan atau mengilustrasikan realita kehidupan, watak, dan tingkah laku manusia dimana kisah di dalamnya disampaikan melalui peran dan dialog.

Pendapat lain mengatakan pengertian drama adalah jenis karya sastra yang menggambarkan suatu kisah, watak, dan tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang ditampilkan di atas panggung dalam beberapa babak. Secara etimologis, kata “drama” diadaptasi dari bahasa Yunani, yaitu “draomai” yang artinya bertindak, berbuat.

Kisah dan cerita dalam drama mengandung konflik dan emosi yang bertujuan untuk mempengaruhi orang yang melihat atau mendengar drama tersebut. Naskah drama diperankan oleh aktor yang memiliki kemampuan untuk menyajikan konflik dan emosi secara utuh.

Agar lebih memahami apa itu drama, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  • Balthazar Vallhagen

Menurut Balthazar Vallhagen, pengertian drama adalah suatu seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam bentuk gerakan.

  • Anne Civardi

Menurut Anne Civardi, drama adalah suatu kisah yang diceritakan melalui gerakan dan kata-kata.

  • Ferdinand Brunetierre

Menurut Ferdinand Brunetierre, pengertian drama adalah suatu karya sastra yang disampaikan dengan aksi atau gerakan dan melahirkan keinginan bagi yang melihatnya.

  • Budianta dkk

Menurut Budianta dkk, pengertian drama adalah jenis karya sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya dialog antar tokoh.

  • Seni Handayani

Menurut Seni Handayani, drama adalah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

2. Bagaimana ciri-ciri umum drama?

  • Seluruh kisah dalam cerita drama disampaikan dalam bentuk dialog, baik dialog antar tokoh maupun dialog tokoh dengan dirinya sendiri (monolog).
  • Drama harus memiliki tokoh atau karakter yang diperankan oleh manusia, wayang, atau boneka.
  • Dalam drama harus terdapat konflik atau ketegangan yang menjadi inti dari cerita drama.
  • Durasi waktu pementasan drama dapat berlangsung selama sekitar tiga jam.
  • Pementasan drama biasanya dilakukan di atas panggung yang telah dilengkapi beberapa perlengkapan dan peralatan untuk menghidupkan suasana.
  • Pertunjukan drama selalu dilakukan dihadapan penonton dimana drama tersebut dilakukan sebagai sarana hiburan.

3. Samakah drama dengan sandiwara?

Jika kita melihat dari segi susunan katanya, kira-kira samakah drama dengan sandiwara?, maka kita bisa memastikan drama dan sandiwara itu berbeda dari segi kata karena drama tersusun dari 5 huruf dan sandiwara disusun 9 huruf.

Secara etimologi drama dan sandiwara pun berbeda. Karena Drama berasal dari bahasa Yunani yaitu Dran atau Draomai bermakna bertindak, berlaku, berbuat.

Sedangkan Sandiwara berasal dari bahasa jawa dimana populer di zaman penjajahan jepang dan menjadi drama tradisional masyarakat yang diciptakan oleh Mangkunegara VII untuk menutupi tonil yang merupakan hasil bentukan penjajah belanda. Kata Sandiwara yang berarti “Sandi” bermakna samar-samar dan rahasia.

Kemudian “Wara” adalah anjuran, pengajaran atau berita. Yang menurut Ki Hajar Dewantara, Sandiwara adlaah suatu anjuran, nasihan, atau ajaran lewat perlambangan. Baca juga: Jelaskan Maksud Dari Tonil.

Persamaan Drama dengan Sandiwara terletak pada posisinya sebagai karya seni dalam peran di pentas atau panggung untuk mengungkapkan cita, rasa dan karsa seni yang senantiasa dipertontonkan kepada orang banyak. Hanya saja drama mengkhusus pada karya sastra dimana menggambarkan kehidupan manusia dalam gerak, musik dan tari-tarian.

Sedangkan Sandiwara merupakan jenis certa yang bisa dalam bentuk tertulis atau tidak tertulis yang terutama lebih diperuntukkan hanya untuk dipentaskan dibandingkan untuk dibaca.

4. Jelaskanlah maksud dari tonil!

Tonil atau disebut juga toneel adalah Sandiwara atau Pertunjukan atau Teater di zaman pendukung Belanda, tepatnya ditahun-tahun tearakhir penjajahan Belanda, ketika muncul sebuah rombongan Sandiwara bernama “Dardanella“.

5. Artikan pula istilah-istilah berikut : lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater!

  • Lenong merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang berasal dari masyarakat Betawi dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kesenian ini menggunakan iringan musik bernama gambang kromong yang terdiri dari sukong, kongahyang, tehyan, kecrekan, suling, kempor, kendang, gong, kromong, dan gambang.
  • Ludruk merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang berasal dari wilayah provinsi Jawa Timur. Seni pertunjukan ini biasanya mengusung cerita yang berangkat dari kehidupan sehari-hari dan diiringi senda gurau.
  • Ketoprak merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang berasal dari wilayah Surakarta maupun Yogyakarta.
  • Pantomim merupakan sebuah seni pertunjukan modern yang berasal dari wilayah Barat dan ditampilkan tanpa menggunakan suara alias bisu dengan bantuan gerak tubuh.
  • Teater merupakan sebuah seni pertunjukan yang mencakup pengertian luas. Dengan kata lain, seluruh seni pertunjukan dapat dikategorikan sebagai seni teater.

B. Bentuklah kelompok. Lakukan wawancara terhadap tokoh masyarakat yang ada di tempat tinggalmu. Tanyakanlah tentang keberadaan seni drama yang masih atau berkembang! Bagaimana teknik pementasan drama tradisional yang berkembang di daerahmu itu?

Tempat dan waktu wawancara : Rumah Ketua RT, Sabtu 21 Juli 2018

Koresponden : Ketua RT 08

Peralatan : Alat tulis seperti buku dan pensil

Daftar Peranyaan : Apa saja agama yang dianut Warga RT 08, Apa saja suku bangsa yang ada di Wilayah RT 08, Bagaimana tingkat Ekonomi Warga RT 08, dan Bagaimana tingkat pendidikan warga RT 08

Desaku yang Kaya

No. Aspek Hasil Wawancara
a. Fisik
  • Luas : Wilayah RT 08 memiliki luas sekitar 4 km persegi
  • Batas : Sebelah Utara yaitu Jalan Raya, Sebelah Timur RT 05, Sebelah selatan yaitu sungai, dan Sebelah Barat RT 07.
  • Kondisi Alam : Lingkungsn RT 08 merupakan sebuah perkampungan yang terdiri dari sekitar 30 rumah tangga.
b. Non-Fisik
  • Agama penduduk : Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian besar warga RT 08 adalah bergama Islam dan hanya ada beberapa orang saja yang beragama Kristen.
  • Suku penduduk : Dari sekitar 30 rumah tangga yang ada di wilayah RT 08 sebagian besar berasal dari suku Jawa, sementara ada beberapa warga yang bersuku Sunda dan Suku Batak.
  • Tingkat ekonomi penduduk : Tingkat eknomi warga RT 08 termasuk ekonomi rendah dan sedang. Sebagian besar warga RT 08 bekerja sebagai petani dan beberapa diantaranya ada yang menjadi pedagang dan buruh.
  • Tingkat pendidikan penduduk. Tingkat pendidikan warga RT 08 bervariasi dari SD sampai dengan Sarjana. Namun sebagian besar warga RT 08 hanya menempuh pendidikan dasar dan menengah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 8.1 Apa yang dimaksud dengan drama Halaman 204 Bab 8 (Drama-Drama kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 8.1 Apa yang dimaksud dengan drama Halaman 204 Bab 8 (Drama-Drama kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!