Breaking News

Apa yang dimaksud Aktivitas Fisik?

Questions and Answer Keys for Class 9 Physical Education Curriculum 2013 Revised 2018 Explain what is meant by physical activity Page 211 Chapter 10 (Physical Activity in Disease Prevention) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaksud dengan aktivitas fisik Halaman 211 Bab 10 (Aktivitas Fisik dalam Pencegahan Penyakit) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Essay

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat. Tugas ini dikerjakan di rumah dan dikerjakan pada buku tugas.

1. Jelaskan yang dimaksud dengan aktivitas fisik.

Aktivitas Fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi.

2. Sebutkan macam-macam aktivitas fisik.

A. Aktivitas Ringan

Aktivitas yang hanya memerlukan tenaga dan biasanya menyebabkan perubahan dalam pernapasan atau ketahanan. Aktivitas fisik yang bersifat untuk ketahanan (endurance), dapat membantu jantung, paru-paru, otot, dan sistem sirkulasi darah tetap sehat dan membuat kita lebih bertenaga. Untuk mendapatkan ketahanan maka aktivitas fisik yang dilakukan selama 30 menit (4-7 hari per minggu). Contoh beberapa kegiatan yang dapat dipilih seperti berikut.

  • Berjalan kaki, jika jarak antara rumah dan sekolahmu cukup dekat, maka untuk pergi dan pulang sekolah tidak perlu menggunakan kendaraan, cukup dengan berjalan kaki saja.
  • Lari ringan, ini dapat kamu lakukan pada pagi hari minggu Bersama dengan teman-teman sebayamu.
  • Berenang, dapat kamu lakukan bersama keluargamu sekali dalam seminggu, jika kamu berenang satu hal yang wajib kamu jagaadalah faktor keselamatanmu, apabila kamu belum bisa berenang maka harus ditemani oleh orang dewasa.
  • Senam, hal ini dapat kamu lakukan bersama-sama warga di sekitar
  • Berkebun dan kerja di taman, pada waktu senggang kamu juga dapat membantu orang tuamu berkebun, hal ini juga akan membuat tubuhmu bugar.

B. Aktivitas Sedang

Aktivitas yang membutuhkan tenaga intens dan terus menerus, gerakan otot yang berirama atau kelenturan flexibility). Aktivitas fisik yang bersifat untuk kelenturan dapat membantu pergerakan lebih mudah, mempertahankan otot tubuh tetap lemas (lentur) dan sendi berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan kelenturan maka aktivitas fisik yang dilakukan selama 30 menit (4-7 hari per minggu). Contoh beberapa kegiatan yang dapat dipilih seperti berikut :

  • Peregangan, mulai dengan perlahan-lahan tanpa kekuatan atau sentakan, lakukan secara teratur untuk 10-30 detik, bisa mulai dari tangan dan kaki.
  • Senam taichi, yoga.
  • Mencuci pakaian, mobil.
  • Mengepel lantai.

C. Aktivitas Berat

Aktivitas yang berhubungan dengan olahraga dan membutuhkan kekuatan, membuat berkeringat. Aktivitas fisik yang bersifat untuk kekuatan dapat membantu kerja otot tubuh dalam menahan sesuatu beban, tulang tetap kuat, dan mempertahankan bentuk tubuh serta membantu meningkatkan pencegahan terhadap penyakit seperti osteoporosis. Untuk mendapatkan kelenturan maka aktivitas fsik yang dilakukan selama 30 menit (2-4 hari per minggu). Contoh beberapa kegiatan yang dapat dipilih seperti berikut :

  • Push-up, pelajari teknik yang benar untuk mencegah otot dan sendi dari cedera.
  • Naik turun tangga.
  • Angkat berat/beban.

3. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi Aktivitas fisik.

  • Olahraga Teratur

Apabila kamu melakukan aktivitas fisik secara teratur dan teriadwal dengan baik setiap minggunya, maka yakinlah kamu bahwa risiko penyakit seperti influenza akan jauh dari diri kamu. Hal ini karena kondisi fisik kamu tetap bugar, kondisi fisik yang bugar dapat dijadikan sebagai benteng untuk penyakit-penyakit ringan.

  • Pola Makan

Makanan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi fisik, karena bila jumlah makanan dan porsi makanan lebih banyak, maka tubuhmu akan gemuk, tubuh akan merasa mudah lelah, dan tidak ingin melakukan kegiatan seperti olahraga atau menjalankan aktivitas lainnya. Kandungan dari makanan yang berlemak juga banyak mempengaruhi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari, ataupun, sebaiknya makanan yang akan di konsumsi dipertimbangkan kandungan gizinya agar tubuh tidak mengalami kelebihan energi namun tidak dapat dikeluarkan secara maksimal

  • Umur

Aktivitas fisik remaja sampai dewasa dapat meningkat sampai mencapai maksimal pada usia 21-30 tahun. Kemudian, akan terjadi penurunan kapasitas fungsional dari seluruh tubuh, kira-kira sebesar 0,8 – 1% per/tahun.

  • Jenis kelamin

Sampai pubertas biasanya aktivitas fisik remaja laki-laki hampir sama dengan remaja perempuan, tapi setelah pubertas remaja laki-laki biasanya mempunyai nilai yang jauh lebih besar.

  • Penyakit atau kelainan pada tubuh

Berpengaruh terhadap kapasitas jantung dan paru-paru, postur tubuh, obesitas, hemoglobin/sel darah, dan serat otot.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan Pencegahan Penyakit.

Pencegahan Penyakit adalah upaya mengarahkan sejumlah kegiatan untuk melindungi klien dari ancaman Kesehatan potensial. Dengan kata lain pencegahan penyakit adalah upaya mengekang perkembangan penyakit, memperlambar kemajuan penyakit dan melindungi tubuh dari berlanjutnya pengaruh yang membahayakan.

5. Sebutkan macam-macam pencegahan penyakit.

  • Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri dimulai dari membiasakan mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun dan air bersih, mencuci rambut atau keramas minimal 2 kali sehari, serta rutin memotong kuku tangan dan kaki agar selalu pendek dan menghindari kuman yang bersarang di dalam kuku yang panjanh dan tidak terawat.

  • Mencuci tangan dengan teratur.

Terutama sebelum makan, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah batuk/bersin, mengganti popok, dan setelah menggunakan toilet.

  • Tutup hidung dan mulut

Ketika batuk/bersin dan buanglah tissu bekas tersebut di tempat sampah.

  • Jaga keamanan makanan.

Bersihkan tangan dan permukaan dapur secara teratur, pisahkan antara makanan mentah dan matang. Masaklah makanan hingga mendidih untuk membunuh bakteri.

  • Vaksinasi atau imunisasi

Imunisasi atau Vaksinasi merupakan Langkah yang tepat dalam pencegahan penyakit, terutama penyakit yang berbahaya dan sifatnya fatal bagi Kesehatan manusia. Cara ini merupakan cara yang tepat untuk melindungi diri dari infeksi serius. Pastikan seluruh anggota sudah mendapatkan vaksinasi atau imunisasi yang diperlukan.

  • Membersihkan seluruh bagian rumah secara teratur

Karpet merupakan salah satu perabot rumah yang harus dibersihkan secara teratur, agar debu atau bulu hewan peliharaan tidak ikut terisap. Buka pintu dan jendela agar ada perubahan udara pada ruangan yang menggunakan karpet. Demikian juga tempat tidur yang seringkali menyimpan beragam kuman, yang dapat memicu gejala alergi. Bersihkan tempat tidur dan ganti sprei minimal satu minggu sekali. Selain itu, waspadai pula sarang kuman di sekitar kamar mandi, mulai dari pegangan pintu yang tidak pernah dibersihkan, handuk yang lembap, tisu bekas pakai yang tidak dibuang di tempat sampah, dan lain-lain.

  • Meminimalisir kontak dengan orang sakit

Saat anak atau anggota keluarga sakit, minta mereka untuk sebanyak mungkin berada di dalam rumah. Juga gunakan masker untuk mencegah virus menyebar saat bersin, batuk atau bicara. Untuk anak atau anggota keluarga lain yang sehat, dianjurkan tetap membatasi kontak langsung dengan penderita untuk mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan hewan peliharaan

Penting untuk menjaga kebersihan pada hewan peliharaan, terutama yang berisiko tinggi membawa bakteri berbahaya. Misalnya, kura-kura dan ular yang dapat membawa bakteri salmonella. Meskipun kucing dan anjing memiliki risiko lebih rendah, namun periksakan binatang peliharaan secara teratur ke dokter hewan.

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan sabun dan air bersih, mencuci rambut atau keramas minimal 2 hari sekali, serta rutin memotong kuku tangan dan kaki agar selalu pendek dan menghindaro kuman yang bersarang di dalam kuku yang Panjang dan tidak terawat.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi tidak harus selalu mahal, yang terpenting adalah makanan tersebut mengandung gizi serta vitamin yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit.

  • Memeriksakan Kesehatan secara rutin

Memeriksakan Kesehatan secara rutin merupakan hal yang penting sebagai Langkah pencegahan penyakit, karena semakin dini suatu penyakit bisa diketahui, maka akan semakin mudah untuk proses penyembuhannya.

6. Jelaskan hakikat aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit.

  • Aktivitas fisik yang bermanfaat bagi tubuh misalnya dengan melakukan olahraga senam, olahraga lari atau pun olahraga lain yang bermanfaat mengeluarkan keringat bagi tubuh kita dan juga memperlancar peredaran darah bagi tubuh sehingga tubuh menjadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit.
  • Aktivitas fisik seperti olahraga itu sangat penting karena jika kita tidak melakukan kegiatan olahraga tubuh kita akan terasa lemas karena jantung kita tidak terbiasa bekerja maksimal apalagi kita tidak memakan makanan bergizi, jadi mari kita lakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh mengeluarkan keringat sehingga membantu membakar lemak jahat didalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit serta dibantu dengan memakan makanan bergizi hingga sistem imun tubuh kita menjadi lebih kuat.
  • Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit dan meningkatkan kondisi Kesehatan serta kualitas hidup secara keseluruhan.
  • Aktivitas fisik dapat mengurangi resiko terhadap kematian dini akibat penyebab-penyebab utama kematian, seperti penyakit jantung.
  • Membantu mengurangi tekanan darah pada orang pengidap tekanan darah tinggi.
  • Membantu dewasa tua menjadi lebih kuat dan lebih mampu bergerak leluasa tanpa terjatuh
  • Mendukung Kesehatan psikologis

7. Sebutkan manfaat olahraga dalam Kesehatan jantung.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Banyak orang meninggal karena stroke dan penyakit jantung koroner setiap Orang yang tidak aktif memiliki risiko lebih tinggi kematian akibat penyakit jantung.
  • Olahraga teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum. Jika memiliki tekanan darah tinggi, maka akan lebih mudah untuk mengalami stroke atau gagal jantung. Jika berada di risiko tinggi terkena tekanan darah tinggi, dengan berolahraga, mungkin ini tidak berkembang dengan cepat.
  • Meningkatkan keseimbangan kolesterol. Ada dua jenis kolesterol – low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL sering disebut kolesterol jahat. Kolesterol HDL sering disebut kolesterol baik. Tingginya kadar LDL dan rendahnya kadar HDL meningkatkan risiko penyakit jantung. Tetapi, kabar baiknya adalah olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol HDL/LDL.
  • Mampu untuk merangsang produksi ketersediaan hormon penunjang Kesehatan tubuh secara lebih sempurna. Sehingga dapat mengoptimalkan kinerja seluruh jaringan organ tubuh dan menghindarkan dari segala potensi yang mampu mengacaukan sistem tubuh.
  • Mendorong untuk menyeimbangkan dan memperbaiki segala komponen tubuh secara perlahan yang terjadi pada plasama atau cairan darah pada manusia.
  • Mampu untuk menguatkan sistem pembuluh darah.
  • Meningkatkan kapasitas performanya dalam memompa darah dengan kandungan oksigen dan nutrisi demi keberlangsungannya hidup sekarang.

8. Sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi.

  • Sekitar satu dari tiga orang mengalami nyeri punggung bawah setiap tahun, tetapi orang-orang yang aktif berolahrga cenderung tidak mengalaminya. Jika mengalami sakit punggung bagian bawah, olahrga dapat membantu mengurangi it
  • Aktivitas fisik yang sedang, seperti berjalan, berenang dan bersepeda, dapat membantu untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoarthritis. Ini adalah bentuk umum dari arthritis.
  • Aktivitas fisik pada orang muda dan anak-anak dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu untuk mempertahankan tulang yang kuat. Hal ini juga memperlambat degenerasi tulang di kemudian hari. Manfaat olahraga teratur dapat membantu mencegah osteoporosis yaitu ketika tulang menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap patah tulang. Tapi jika sudah memiliki osteoporosis, lebih baik memilih olahraga seperti berjalan atau olahraga senam aerobik.
  • Mampu untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot, koordinasi, serta keseimbangan.
  • Untuk membangun dan menjaga Kesehatan tulang.
  • Mempertahankan kepadatan tulang saat usia bertambah.
  • Tekanan pada tulang akan merangsang osteobias, sel yang diperlukan untuk pembentukan tulang baru dalam proses remodeling tulang.
  • Olahraga akan membuat otot-otot tubuh lebih kuat sehingga memberi tekanan pada tulang yang pada akhirnya membuat tulang lebih padat.
  • Membuat metabolisme dan peredaran darah yang mengantarkan kalsium dan mineral lain yang berperan penting dalam pembentukan tulang lebih lancar.

9. Sebutkan manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit kanker.

  • Kecenderung lebih rentan terkena kanker tertentu jika tidak aktif secara fisik. Risiko kanker payudara dan kanker usus adalah sekitar 25 persen lebih rendah jika aktif dibandingkan dengan orang yang tidak aktif.
  • Menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi kelelahan selama dan setelah pengobatan untuk kanker payudara atau kanker prostat.
  • Mengurangi rasa Lelah.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memperlancar aliran darah.
  • Mengurangi mual, muntah, dan meningkatkan nafsu makan.
  • Mencegah pengecilan otot (Atrofi otot).
  • Mencegah terjadinya penyakit thrombosis vena dan emboli paru yang sering terjadi pada penderita kanker.
  • Peningkatan secara signifikan pada kebugaran fisik dan emosinya serta kesejahteraan pasien secara menyeluruh.

10. Sebutkan manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes.

  • Sangat banyak orang mengidap penyakit diabetes, tetapi rutin melakukan olahraga dapat membantu mencegah kondisi tersebut. Manfaat olahraga juga dapat mengurangi faktor-faktor lain yang menempatkan pada risiko diabetes, seperti obesitas.
  • Manfaat olahraga baik untuk mencegah penyakit bila yang sudah memiliki diabetes. Olahraga secara teratur dapat membantu mengontrol sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan tekanan darah.
  • Mampu mencegah komplikasi
  • Menstabilkan Kesehatan emosi
  • Menurunkan kadar lemak dan kadar gula darah karena olahraga mampu merangsang sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin
  • Meningkatkan jumlah reseptor pada dinding sel yang menjadi tempat melekatnya insulin
  • Mengontrol berat badan agar tubuh tetap ideal karena olahraga mampu membakar kalori dalam tubuh

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaksud dengan aktivitas fisik Halaman 211 Bab 10 (Aktivitas Fisik dalam Pencegahan Penyakit)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaksud dengan aktivitas fisik Halaman 211 Bab 10 (Aktivitas Fisik dalam Pencegahan Penyakit). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!