Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 12 Curriculum 2013 Revision 2018 Group Assignments 1.2 What causes low awareness of paying taxes Page 23-24 Chapter 1 (Cases of Violation of Rights and Denial of Citizens’ Obligations) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 1.2 Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak Halaman 23-24 Bab 1 (Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 1.2

Bacalah kasus di bawah ini bersama teman sebangkumu.

Kesadaran Bayar Pajak Warga Masih Rendah

Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengatakan bahwa kesadaran warga Indonesia untuk membayar pajak hingga saat ini masih rendah. Hal ituterlihat dari masih minimnya jumlah wajib pajak, baik pribadi  maupun perusahaan, yang membayar pajak. “Seharusnya ada enam juta perusahaan yang bayar pajak. Sekarang baru 520 ribu yang bayar. Sementara wajib pajak pribadi baru 30 persen yang bayar pajak,” kata Fuad saat membuka acara seminar yang diadakan Ikatan  Konsultan Pajak Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 23 September 2013.

Padahal, menurut Fuad, pajak merupakan instrumen yang penting dalam kehidupan bernegara. Seluruh kebutuhan pembangunan negara, baik pembangunan infrastruktur, belanja subsidi, dan kebutuhan belanja pegawai, dibayar dengan uang pajak. “Tapi sebagian besar masyarakat masih belum paham mengenai keberadaan pajak,” katanya.

Fuad berharap seluruh elemen masyarakat mau berpartisipasi secara aktif untuk membangun negara dengan membayar pajak. “Bangsa yang besar dan maju itu sukses dalam perpajakan. Mereka (warganya) mau urunan,” kata Fuad.

Jika kesadaran warga dalam membayar pajak sudah terbangun, Fuad optimistis tax ratio akan terus tumbuh dan pembangunan infrastruktur dapat dilakukan dengan maksimal. “Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa maju dengan pesat. Tax ratio Cina mencapai 17,5 persen. Sedangkan Indonesia baru 12 persen. Kalau semua bayar pajak, tax ratio Indonesia bisa mencapai 18 persen,” katanya.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/09/23/092515799

Setelah membaca kasus di atas diskusikanlah dengan teman sebangkumu pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak?

  • Sebab Kultural dan Historis

Ini bisa dikatakan dari trauma yang pernah dialami rakyat Indonesia yang dijajah 3 setengah abad di zamat kolonial dan sampai pendidikan Jepang. Sejalan dengan pajak, saat itu Pajak dianggap sebagai pemerasan yang dilakukan oleh kaum penjajah.

Rentetan sejarah ini ternyata masih membekas dan menjad pola pikir bahwa dan membuat rakyat membenci terhadap pajak dan tidak suka mendengar kata itu. Walaupun Indonesia sudah merdeka rakyat masih beranggapan bahwa pajak membebankan mereka.

  • Kurangnya Informasi dari Pihak Pemerintah Kepada Rakyat

Berdasarkan penjelasan diatas, maka salah satu penyebab sehingga kesadaran masyarakat terhadap membayar pajak adalah disebabkan penyuluhan dan informasi dari pemerintah kepada wajib pajak tentang peran pentingnya Pajak Bumi dan Bangunan untuk Bangsa dan Negara masih rendah.

  • Adanya Kebocoran Pada Penarikan Pajak

Kebocoran dalam penarikan pajak untuk di Indonesia memang beberapa tahun belakangan pernah terjadi. Hal ini terjadi lantaran kurang kontrol dan pengawasan dari instansi terkait dari petugas PBB. Dampak dari ini menimbulkan pandangan negatif dari masyarakat.

Contohnya uang yang telah dibayarkan wajib pajak untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan dikorupsi oleh petugas untuk kepentingan serta keperluan pribadi.

  • Kondisi Individu Yang Bermasa Bodoh

Warga Indonesia ternyata untuk saat ini masih ada-ada saja yang bermasa bodoh alis keyakinan untuk membayar pajak masih kurang.

Apabila dikarenakan kurangnya Informasi, bisa saja itu terjadi, namun dari beberapa yang terjadi ada yang melihatnya kapan datangnya manfaat dari pajak yang dianggap hanya dapat didapatkan dalam jangka panjang bukan saat ia membayar.

Padahal peran dari Pajak Bumi dan Bangunan dipakai oleh Negara untuk membiayai perbaikan jalan, lingkungan yang kurang memadai, listrik dan sebagainya.

  • Kurangnya Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Dalam Pengelolaan Pajak

Di samping itu sebagian wajib pajak masih belum mempunyai kepercayaan kepada Negara dapat memakai uang pajak dari rakyat dengan benar seperti dipakai untuk kepentingan negara atau kepentingan masyarakat.

Dilihat dari realitasnya banyak sekali para pejabat yang bertindak sewenang-wenang dengan melakukan tindak pidana korupsi yang mengambil uang rakyat untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pribadi.

Hal ini salah satu pemicu kurangnya keyakinan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam mengelola pajak.

  • Ketidaktahuan mereka tentang ketentuan dan tatacara perpajakan Indonesia.

Ketidakpahaman masyarakat Indonesia tentang ketentuan dan tatacara perpajakan itulah yang menjadikan masyarakat Indonesia memilih untuk tidak ber-NPWP karena mereka beranggapan dengan ber-NPWP akan menyulitkan atau membuat mereka bingung dan ketakutan. Apalagi dengan diberlakukannya sistem self assessment pada pajak penghasilan membuat masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif pajak menjadi ketakutan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Sistem self assessment menuntut masyarakat sebagai wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya secara aktif, mulai dari mendaftarkan diri, menghitung, membayar, dan melaporkan pajaknya kepada kantor pajak. Sistem ini juga menuntut masyarakat untuk secara aktif belajar atau mengetahui isi dan maksud suatu peraturan perpajakan dalam rangka untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik. Kebanyakan masyarakat takut melakukan kesalahan dalam membayar atau melaporkan pajak yang menyebabkan mereka terkena denda pajak yang jumlahnya tidak sedikit.

  • Kesadaran masyarakat Indonesia untuk membaca masih sangat rendah.

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk membaca masih sangat rendah, terutama dalam membaca peraturan-peraturan yang berhubungan dengan hukum dan negara, membuat hal ini semakin sulit.

  • Kekhawatiran terhadap penyalahgunaan uang pajak seringkali menjadi pemikiran masyarakat.

Bagaimana pajak itu akan dikelola dan ke mana uang pajak itu akan disalurkan, mengingat timbal balik yang diberikan kepada masyarakat dianggap kurang. Apalagi dengan maraknya pemberitaan negatif terhadap pegawai-pegawai pajak, membuat masyarakat semakin tidak percaya dengan lembaga perpajakan.

  • Persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh aparat pajak yang ada di kantor pelayanan pajak.

Tidak semua aparat pajak bersikap ramah terhadap masyarakat yang berkunjung ke sana, terutama jika masyarakat itu banyak mengajukan pertanyaan.

  • Pajak masih belum menjadi budaya. Bahkan, masyakarat Indonesia lebih takut tidak memiliki SIM dibandingkan tidak memiliki NPWP.
  • Karena masih sulitnya untuk melakukan pelaporan perpajakan.
  • Pemikiran masyarakat yang mengkhawaturkan mengenai penyalahgunaan uang pajak setalah pembayaran.
  • Persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai pajak yang ada di kantor pelayanan pajak.
  • Ketidaktahuan masyarakat mengenai ketentuan dan tatacara perpajakan Indonesia.

2. Jelaskan akibat yang akan diterima negara ketika pendapatan dari pajak terus mengalami penurunan.

  • Pendapatan Pajak yang mengalami penurunan terus menerus akan menyebabkan anggaran pendapatan dan belanja Negara atau disingkat dengan APBN akan berkurang, karena APBN berkurang maka Alokasi yang dipergunakan untuk membangun Infrastruktur dan fasiltas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat menjadi terhambat. Terutama penduduk yang tinggal di wilayah pelosok atau perbatasan negara Indonesia kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam beraktifitas dikarenakan pembangunan Infrastruktur tidak berjalan dengan lancar.
  • Penduduk mengalami kesulitan dalam beraktifitas, hal ini dapat menyebabkan penduduk sulit untuk mencari nafkah yang berakibat pendapatan yang di peroleh mereka akan berkurang dan secara tidak langsung menyebabkan pembayaran dari sektor pajak akan mengalami penurunan di karenakan menurunya pendapatan masyarakat.
  • Di karenakan tuntutan masyarakat mengenai pembangunan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat dan kebutuhan seluruh warga negara, untuk memenuhi hal tersebut negara berhutang kepada pihak asing dan apabila negara tidak mampu melunasi hutang tersebut maka hutang negara akan terus bertambah banyak kepada pihak asing.
  • Negara akan mengalami penurunan keuangan untuk membayar utang negara pada negara luar dan sulit memenuhi fasilitas umum untuk masyarakat yang disebabkan keuangan negara tidak mencukupi akibat dari masyarakat tidak membayar pajak.
  • Menurunnya pendapatan negara dari dalam negeri yang membuat APBN juga berkurang dan bisa juga menimbulkan inflasi. Lalu ketika pendapatan pajak terus menurun, secara otomatis kesejahteraan masyarakat ikut menurun. Hal itu dikarenakan biaya untuk penyelesaian infrastruktur berkurang dan menyebabkan kemacetan pada pembiayaan, karena pajak merupakan salah satu pendapatan utama yang diterima Negara.
  • Berkurangnya alokasi dana untuk pembangunan infrastruktur negara akan mengakibatkan kesulitan bagi penduduk yang berada di wilayah yang terluar dan terdalam dari Indonesia. Kemungkinan besar para penduduk tersebut akan sulit melakukan aktifitas yang biasa dilakukan apabila pembangunan infrastruktur tidak berjalan dengan baik.
  • Aktifitas penduduk yang terhambat akan mengakibatkan pendapatan makin berkurang dan pembayaran dari sektor pajak juga akan terus melemah hingga nantinya kemungkinan kas negara akan mengalami defisit atau lebih besar pengeluaran daripada pendapatan.
  • Tetapi tuntutan masyarakat akan pembangunan infrastruktur cukup tinggi dan untuk memenuhi kebutuhaan seluruh warga negara, salah satu caranya adalah berhutang kepada bank dunia, apabila negara tidak mampu melunasi hutang negara akan terus bertumpuk di bank dunia.
  • Negara akan mengalami penurunan kemampuan atau kesulitan keuangan dalam memenuhi kebutuhan pembangunan fasilitas umum dan atau pembangunan infrastruktur untuk masyarakat
  • Negara akan mengalami penurunan kemampuan atau kesulitan keuangan untuk membayar hutang negara pada negara lain.

3. Apabila dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? Berikan alasannya.

Pada kasus diatas yang berjudul “Kesadaran Bayar Pajak Warga Masih Rendah”, apabila dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila ke-5 yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Alasan mengapa kasus rendahnya bayar pajak tergolong dalam ketidaksesuaian sila ke-5, sebab kita tahu bawa yang dimaksud “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” yaitu bahwa seluruh Rakyat RI dapat merasakan Persamaan fasilitas negara baik dalam hal infrastruktur, persamaan kualitas pendidikan, persamaan harga, persamaan kesejahteraan, dsb.

Dengan tidak adanya kesadaran untuk membayar Pajak, maka Negara Indonesia akan sulit untuk menciptakan persamaan di semua lini masyarakat Indonesia. Maka dari itu, mengapa kasus di atas merupakan ketidaksesuaian dari sila ke-5, sebab dengan tidak adanya kesadaran membayar pajak, maka keadilan dalam berpendidikan, infrastruktur, kesejahteraan, dsb tidak akan tercapai. 

4. Apa saja solusi yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak? Bagaimana tingkat keberhasilan dari solusi tersebut?

  • Tentu pemerintah telah melakukan berbagai solusi untuk meningkatkan kesadaran warga negaranya dalam membayar pajak, misalnya seperti melakukan penyuluhan, bimbingan dari sekolah yang sudah diberikan sejak dini bahwa membayar pajak merupakan suatu kewajiban warga negara, melalui iklan di sosial media atau stasiun televisi. Namun rupanya kesadaran itu masih belum juga muncul. Terbukti persentase pada kasus “Kesadaran Bayar Pajak Warga Masih Rendah.” Ini dikatakan bahwa perusahaan yang seharusnya 6 juta yang membayar pajak hanya 520 ribu perusahaan, sedangkan wajib pajak pribadi baru 30 persen yang bayar. Jadi bisa disimpulkan bahwa usaha pemerintah belum berhasil.
  • Melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat tentang manfaat pajak
  • Memberikan bukti nyata bagaiman pajak membantu kesejahteraan
  • Memberikan sistem pelayanan secara mudah, seperti sistem E-payment pajak saat ini
  • Memperbaiki kinerja dan reputasi para penyelenggara (pegawai) pajak

5. Kemukakan solusi yang Anda tawarkan untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara.

  • Solusi yang akan kami tawarkan sebagai warga negara untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara adalah diharapkan pemerintah dapat menuntaskan pelaku-pelaku para anggota perwakilah rakyat yang korupsi. Dengan begitu mereka dapat menjadi contoh untuk masyarakat, serta masyarakat mau untuk membayar pajak, karena mereka percaya pada negara.
  • Perlu sosialisasikan secara detail kepada seluruh masyarakat. Sosialisasi mengenai objek yang kena pajak dan batasan pembiayaan yang dikenakan pajak dan berapa besaran pajak yang harus di bayarkan oleh wajib pajak. Semuanya harus disosialisasikan secara jelas dan detail kepada seluruh masyarakat agar tidak terjadi penyelewengan pajak.
  • Dari segi penegakan hukum, pemerintah harus menerapkan hukum dengan adil kepada semua orang. Apabila ada wajib pajak tidak membayar pajak, siapapun dia (termasuk para pejabat publik ataupun keluarganya) akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan.
  • Dari segi struktur organisasi, tenaga kerja, dan etika, ditekankan pada masalah internal di lingkungan kantor pajak. Apabila struktur organisasinya memungkinkan kantor pajak untuk melayani wajib pajak dengan profesional, maka wajib pajak akan cenderung mematuhi berbagai aturan.
  • Akuntabilitas aparatur serta transparansi penggunaan pajak juga harus jelas, artinya Wajib pajak menginginkan keterbukaan pemerintah dalam mengelola penerimaan pajak. Namun sebaliknya bila pemerintah tidak dapat menunjukkan penggunaan pajak secara transparan dan akuntabilitas, maka wajib pajak tidak mau membayar pajak dengan benar.
  • Pemerintah harus dapat menuntaskan pelaku-pelaku para anggota perwakilah rakyat yang korupsi. Nah dengan begitu mereka dapat menjadi contoh untuk masyarakat, serta masyarakat tidak lagi enggan untuk membayar pajak, karena mereka percaya pada negara.

6. Kemukakan kasus lain yang berkaitan dengan pengingkaran kewajiban warga negara yang pernah terjadi di daerahmu, serta bagaimana proses penyelesaiannya.

Tidak Membayar Pajak Bumi dan Bangunan, termasuk kedalam pengingkaran kewajiban warga negara yang terdapat di dalam pasal 23 ayat 2 Undang-Undang Dasar Tahun 1945, yang berbunyi ”segala pajak untuk keperluan negara berdasarkan undang-undang”. Contohnya khasusnya ialah ada beberapa rumah mewah yang berada di kawasan DKI Jakarta yang belum membayar pajak bumi dan bangunan. Solusinya ialah untuk membuat patuh para penunggak pajak, petugas Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) menyiapkan beberapa sanksi, mulai dari surat teguran hingga penyitaan.

Melanggar Hak Asasi Manusia Lain

Para pedagang yang berjualan di trotoar merupakan pelanggaran HAM terhadap para pejalan kaki, sehingga menyebabkan para pejalan kaki berjalan di pinggir jalan sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan. Cara penyelesaiannya adalah aparat yang berwenang seperti satpol Pamung Praja (Satpol PP) Harus bertindak secara tegas yakni dengan menertipkan para pedagang yang berjualan di trotoar sehingga hak penjalan kaki dapat terpenuhi.

Pelanggaran terhadap Kewajiban Pendidikan Dasar

Contoh Khasus, anak-anak jalanan yang tidak sekolah, maka orangtua dan lingkungan terdekatnya telah melanggar kewajiban. Solusi yang dapat pemerintah dan kita lakukan adalah

Membangun sekolah rakyat yang baik diperuntukkan bagi anak terlantar dan tidak mampu. Tidak dipungut biaya apa pun dikarenakan ketidaksanggupan membiayainya karena kemiskinan di mana pendirian sekolah tersebut seluruhnya ditanggung pemerintah setempat. Pemerintah setempat memiliki kewajiban melindungi dengan sikap tegas. Sekolah rakyat tersebut disetarakan dengan SD, SMP, SMA, dan Universitas yang berkualitas.

Jika negara dan pemerintah setempat tidak sanggup membiayai pembangunan sekolah bahkan yang sederhana sekali pun, kita, terutama warga negara yang memiliki uang gaji berlebih seharusnya memberikan sebagian uangnya kepada anak miskin untuk bersekolah.

Tidak Ikut Serta dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Nasional

pengingkaran kewajiban yang tergolong hal ini adalah warga negara yang tidak peduli dengan pendidikan di lingkungan (terutama keluarganya), warga negara yang ikut membuat kerusuhan di negara lain, dan warga negara yang mengambil hak warga negara lain

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 1.2 Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak Halaman 23-24 Bab 1 (Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 1.2 Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak Halaman 23-24 Bab 1 (Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!