Breaking News

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 What are the things that can be done so that the product is liked by the market or the public? Page 171 Chapter 3 (Inter-Spatial Dependence and Its Effect on Community Welfare) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Halaman 171 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok

2. Materi diskusi masing-masing kelompok :

  1. Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?
  2. Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional?
  3. Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional?

3. Tuliskan jawaban kelompok pada selembar kertas

4. Presentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain

5. Tanggapi atau jawab apabila ada tanggapan/pertanyaan dari kelompok lain

Pertanyaan Jawaban
Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat yaitu :

  • Membuat riset pasar dengan cara mencari tahu apa yang diinginkan konsumen dan apa yang sedang menjadi tren.
  • Selalu menjaga kualitas produk yang diproduksi agar kepercayaan masyarakat meningkat
  • Mengikuti pameran atau even lainnya untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat
  • Melakukan promosi melalui media sosial supaya lebih hemat
  • Membuat karakteristik yang khas yang lebih unggul daripada produk pesaing
  • Memberikan hadiah atau potongan harga untuk pelanggan yang setia
  • Buatlah logo dan slogan yang mendukung citra produk
  • Melakukan promosi di media massa
  • Layanan kepada konsumen yang prima dan menyenangkan
  • Bekerja sama dengan agen untuk bisa memasarkan produk pada daerah yang lebih luas
Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional? Peluang produk masyarakat menembus pasar internasional adalah sangat besar, karena kemudahan akses internet, sehingga proses pemasaran dan promosi dapat dilakukan melalui internet seperti campaign di sosial media ataupun masuk ke e-commerce internasional, selama produk yang ditawarkan adalah produk yang unik dan original, maka akan sangat memungkinkan produkProduk hasil produksi masyarakat sangat berpeluang untuk menembus pasar internasional. Indikatornya adalah para turis luar negeri ketika selesai berwisata di Indonesia kerap memborong hasil kerajinan tangan masyarakat Indonesia pulang ke negaranya. Masyarakat bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan gambaran awal mengenai produk apa saja yang diminati oleh masyarakat internasional.Masyarakat hanya perlu untuk meningkatkan volume produksi dan memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan. Dengan begitu, masyarakat internasional pasti dengan senang hati akan menerima produk masyarakat. Apalagi, Indonesia telah terkenal di mata internasional sebagai negara penghasil kerajinan tangan terbaik dunia. Selain itu, pemerintah juga sangat mendukung jika ada masyarakat pelaku usaha yang ingin go internasional untuk memasarkan produknya. Beberapa tahun terakhir, pemerintah menaruh perhatian besar terhadap pengembangan ekonomi dan industri kreatif sebagai salah satu komoditas ekspor. Faktor Pendukung Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional Beberapa faktor pendukung lainnya yang meningkatkan peluang masyarakat untuk menembus pasar internasional adalah :

  • Kemajuan internet dan media sosial yang bisa dijadikan sebagai sarana promosi
  • Jasa pengiriman barang luar negeri yang semakin cepat
  • Reputasi Indonesia di mata dunia sebagai negara yang kaya dengan budaya
Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional? Yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional yaitu :

  • Menghasilkan Produk Berkualitas Standar Nasional dan Internasional Produk yang diterima oleh pasar internasional adalah produk yang memiliki kualitas dengan standar nasional maupun internasional. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah memastikan bahwa produknya telah memenuhi standar tersebut.
  • Memiliki Merek atau Nama DagangMasyarakat juga harus memiliki merek atau nama dagang terhadap produk yang akan dijual di pasar internasional. Dengan begitu, masyarakat internasional bisa dengan mudah mengenali produk tersebut.
  • Harus Menggunakan Kemasan Standar dan Ramah LingkunganKemasan suatu produk juga sangat menentukan apakah produk itu siap atau tidak diterima oleh pasari nternasional. Olehnya itu, masyarakat pelaku usaha harus mengemas produknya dengan kemasan standar dan juga ramah lingkungan.
  • Harus Aktif Melakukan PromosiPromosi merupakan hal wajib yang harus dilakukan masyarakat agar produknya diterima oleh pasar internasional. Pengusaha harus mencari informasi dan mengikuti pameran internasional yang bisa dijadikan ajang untuk menampilkan produk.
  • Harus Memahami Mekanisme Ekspor dan ImporSebelum memasarkan produknya ke pasar internasional, masyarakat terlebih dahulu harus memahami mekanisme ekspor dan impor produk. Khususnya, informasi tentang tata cara dan persyaratan ekspor produk ke negara tujuan.
  • Harus Menjaga Kualitas ProdukSetelah menemukan pasar, masyarakat harus berusaha untuk menjaga kualitas produknya. Dengan begitu, pasar akan secara konsisten melakukan pemesanan terhadap produk yang dijual.
  • Harus Menjalin Hubungan dengan PemerintahBagaimanapun juga, pemerintah memiliki peran besar keberhasilan suatu produk menembus pasar internasional. Perizinan dapat dengan mudah didapatkan apabila masyarakat menjalin hubungan baik dengan pemerintah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Halaman 171 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Halaman 171 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/apa-saja-yang-dilakukan-agar-produk-disukai-oleh-pasar-atau-masyarakat/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!