Apa saja yang dikeluarkan saat gunung buatan erupsi? Coba identifikasi. Bandingkan hasil identifikasimu dengan teori tentang erupsi gunung berapi.

Questions and Answer Keys for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 What are released when an artificial mountain erupts? Try identification. Compare your identification with the theory of volcanic eruptions Page 130-131 Chapter 5 (Earth Layers) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa saja yang dikeluarkan saat gunung buatan erupsi? Coba identifikasi. Bandingkan hasil identifikasimu dengan teori tentang erupsi gunung berapi Halaman 130-131 Bab 5 (Lapisan Bumi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

Erupsi

Tujuan

Mensimulasikan terjadinya erupsi gunung berapi

Alat dan Bahan

  1. Bubur kertas dan lem kayu/lem kanji
  2. Papan triplek 50 x 50 cm
  3. Baskom
  4. Cuka makanan
  5. Soda kue
  6. Detergen
  7. Pewarna kuning atau merah
  8. Cat air warna hijau, kuning, dan cokelat

Cara Kerja

  1. Membuat gunung berapi
  2. Campurkan bubur kertas dengan lem kayu/tepung kanji yang telah dilarutkan dengan air panas.
  3. Bentuk adonan menyerupai gunung dan letakkan di atas triplek. Jangan lupa untuk membuat rongga di tengah gunung dari puncak hingga dasar.
  4. Buat alur pada gunung untuk menambah efek aliran lava, warnai gunung dengan cat air warna cokelat, daerah kaki gunung dengan kombinasi warna kuning dan hijau.
  5. Membuat adonan magma

Campurkan cuka, detergen, dan pewarna dalam baskom hingga menjadi adonan magma.

  1. Mendemonstrasikan erupsi
  2. Masukkan soda kue ke dalam rongga yang ada di gunung buatan.
  3. Masukkan adonan ke dalam rongga gunung buatan.
  4. Amati apa yang terjadi pada gunung buatan.

Analisis

Apa saja yang dikeluarkan saat gunung buatan erupsi? Coba identifikasi. Bandingkan hasil identifikasimu dengan teori tentang erupsi gunung berapi.

Percobaan gunung meletus ini hanya untuk meniru peristiwa alam yang berkaitan dengan kegiatan gunung berapi, berupa lahar yang keluar dari kawah gunung. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat percobaan gunung meletus yakni cairan cuka, baking soda, seteoform, dan pewarna merah agar sesuai dengan warna magma.

Kenapa bisa terjadi letusan? ‘Gunung berapi’ meletus ketika cuka yang bersifat asam bertemu dengan baking soda yang bersifal alkali dan menetralkan sifat asamnya. Lalu gunung berapi memancarkan karbondioksida yang menciptakan gelembung serta muncul suara.

Gas-gas yang terkandung dalam magma-magma adalah uap air, oksida, belerang, gas, karbondioksida, oksigen, nitrogen, dan asam sulfat. Gas-gas inilah yang beraksi dan menghasilkan tekanan yang tinggi menyebabkan magma yang di dalam gunung terdorong berusaha keluar ke permukaan bumi dan menyebabkan kerusakan yang dahsyat.

Sementara soda kue adalah sodium bikarbonat dan cuka adalah asam lemah, campuran kedua bahan kimia ini akan membentuk karbondioksida berusaha keluar dari dalam gunung berapi buatan tersebut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa saja yang dikeluarkan saat gunung buatan erupsi? Coba identifikasi. Bandingkan hasil identifikasimu dengan teori tentang erupsi gunung berapi Halaman 130-131 Bab 5 (Lapisan Bumi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Apa saja yang dikeluarkan saat gunung buatan erupsi? Coba identifikasi. Bandingkan hasil identifikasimu dengan teori tentang erupsi gunung berapi Halaman 130-131 Bab 5 (Lapisan Bumi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!