Apa saja Tiga Panitia Kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI

Questions and Answer Keys for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Competency Test 3 What are the three Small Committees formed in the second session of BPUPKI Page 81 Chapter 3 (Formulation and Ratification of the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 3 Apa saja tiga Panitia Kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI Halaman 81 Bab 3 (Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Uji Kompetensi 3

Uji Kompetensi 3.1

 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa saja tiga Panitia Kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI?

Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI, adalah :

  • Panitia perancang Undang – Undang Dasar, ketuanya Ir. Soekarno.
  • Panitia perancang Keuangan dan Perekonomian, ketuanya Mohammad Hatta.
  • Panitia perancang Pembela Tanah Air, ketuanya Abikusno Tjokrosoejoso.

2. Bagaimana keanggotaaan Panitia Perancang UUD?

Panitia Perancang UUD adalah panitia yang terdiri dari 18 Anggota, diketuai oleh Ir. Soekarno, dan memiliki tugas untuk merancang pernyataan Indonesia merdeka, merancang pembukaan Undang-Undang Dasar, serta merancang batang tubuh UUD.Daftar 18 Anggota Panitia Perancang UUD adalah :  

Ketua : Ir. Soekarno

Anggota :  

  1. A. Maramis
  2. Achmad Subardjo
  3. Sukiman
  4. Agus Salim
  5. H. Wachid Hasyim
  6. Latuharhary
  7. Maria Ulfa Santosa
  8. Otto Iskandardinata
  9. A. Husein Djayadiningrat
  10. Parada Harahap
  11. Dr. Soepomo
  12. Puruboyo
  13. P. Singgih
  14. Sartono
  15. Susanto Tirtoprojo
  16. Tan Eng Hoat
  17. Wongsonegoro
  18. Wuryaningrat

Untuk mensukseskan tugas Panitia Perancang UUD, maka dibentuklah 2 sub Panitia, yaitu Panitia kecil perancang UUD dan Panitia Penghalus Bahasa.

  • Panitia kecil perancang UUD terdiri dari 7 orang, yaitu Dr. Soepomo, Wongsonegoro, Achmad Subardjo, A.A. Maramis, R.P. Singgih, H. Agus Salim, Dr. Sukiman yang memiliki tugas untuk membuat rancangan undang-undang dasar.
  • Panitia penghalus bahasa terdiri dari 3 orang, yaitu Husein Djayadiningrat, Prof. Dr. Soepomo, dan H. Agus Salim yang memiliki tugas untuk menyempurnakan bahasa dalam rancangan undang-undang dasar yang dibuat panitia kecil perancang UUD.

3. Apa hubungan antara Panitia Perancang Undang-Undang Dasar dengan Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar?

Hubungan yang dimana terbentuk diantara Pantia Perancang Undang Undang Dasar dan juga Panitia Kecil Undang Undang Dasar adalah :

  • Hubungan yang dimiliki diantara dua macam panitia tersebut, yaitu Panitia Perancang Undang Undang dan Panitia Kecil Perancang Undang Undang Dasar, pada Panitia Kecil Perancang Undang Undang Dasar yang dilakukan pembentukan oleh Panitia Perancang Undang Undang Dasar akan mengerjakan berbagai macam bentuk pembahasan seperti membuat rancangan dari batang tubuh pada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan melakukan pemberian informasi dari berbagia macam bentuk pekerjaanya untuk diberikan kepada ketua dari Panitia Perancang Undang Undang Dasar yang dimana adalah Ir. Soekarno pada waktu itu.

4. Apakah isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang?

Isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang adalah :

  • 10 Juli 1945. Merumuskan wilayah Negara Indonesia apabila nantinya sudah merdeka.
  • 11 Juli 1945. Membahas bentuk Negara/Pemerintahan apabila nantinya sudah merdeka.
  • 12 Juli 1945. Panitia kecil perancang UUD berhasil menyusun naskah rancangan UUD.
  • 13 Juli 1945. Panitia Perancang UUD membahas hasil kerja Panitia Kecil perancang UUD.
  • 14 Juli 1945. Soekarno membacakan laporan Panitia Perancang UUD yang memuat pokok pernyataan Indonesia Merdeka, Pembukaan UUD, serta batang tubuh UUD
  • 15 Juli 1945 dan 16 Juli 1945. Penyusunan UUD berdasarkan hasil kerja Panitia Perancang UUD.

Uji Kompetensi 3.2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945?

  • Mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang telah dipersiapkan oleh BPUPKI, yang kemudian dikenal dengan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan secara aklamasi atas usul dari Otto Iskandardinata.
  • Membentuk sebuah Komite Nasional untuk membantu presiden selama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum terbentuk.

2. Bagaimana sistematika UUD Tahun 1945 sebelum perubahan?

Sistematikan UUD tahun 1945 sebelum amandemen atau perubahan adalah sebagai berikut :

  • Pembukaan
  • Batang Tubuh
  • Penjelasan

Adapun setelah adanya perubahan atau amandemen maka sistematika UUD 1945 adalah sebagai berikut :

  • Pembukaan
  • Pasal-Pasal (menggantikan istilah Batang Tubuh)

3. Apa hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945?

Hubungan yang dimiliki oleh Piagam Jakarta dan juga Pembukaan Undang Undang Negara Republik Indonesia 1945 adalah sebagai berikut :

  • Didalam penggunaannya, Piagam Jakarta atau yang juga dikenal dengan sebutan Jakarta Charter adalah sebuah naskah yang dimana terdapat rumusan awal dari sebuah dasar negara yang kemudian dikenal dengann Undang Undan Negara Republik Inddonesia.
  • Kemudian, didalam perumusan dari Piagam Jakarta atau yang lebih sering diucapkan dengan sebutan Jakarta Charter sediri yang dimana pada sila pertama yang dimana memiliki bunyi bahwa ketuhan yang dimana memberikan sebuah kewajiban untuk menjalankan sebuah syariat Islam yang dimana bagi pemeluk agama dari dia adalah sebuah bentuk terhadap melakukan perendahan pada sebuah agama yg berasa di Indonesia dan juga memiliki memiliki unsur yang aneh pada sebuah agama yang dimana pada akhirnya dilakukan sebuah perubahan yang dimana pada penetapan UUD 1945 dan juga kemudian paa Sila 1 tersebut kemudian dilakukan perubahan yang dimana sebelumnya hanya menyebutkan Islam, padasaat ini dilakukan perubahan sehingga menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 adalah dalam Piagam Jakarta yang terbentuk tanggal 22 Juni 1945 ini, memuat jiwa-jiwa Pancasila dan rumusan awal Pancasila yang nantinya akan menjadi landasan ideologi negara Indonesia dan termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945.

4. Bagaimana sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945?

Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah sistem Presidensial, dimana Ir. Soekarno sebagai presidennya dan Drs.Moh.Hatta sebagai wakil presidennya serta dalam menjalankan tugasnya, secara sementara dibantu oleh KNIP. Berikut akan kakak jelaskan lebih dalam.

Selepas proklamasi Indonesia, PPKI kemudian mengadakan 3 kali persidangan, diantaranya pada tanggal 18 Agustus 1945, 19 Agustus 1945, dan 22 Agustus 1945.

Pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, dihasilkan 3 keputusan, antara lain :  

  • Meresmikan dan mengesahkan UUD 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia.
  • Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Negara Indonesia.
  • Pembentukan Komite Nasional Indonesia (KNIP).

Maka, dengan diputuskannya 3 hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945 adalah sistem Presidensial, dimana Ir. Soekarno sebagai presidennya dan Drs.Moh.Hatta sebagai wakil presidennya serta dalam menjalankan tugasnya, secara sementara dibantu oleh KNIP.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 3 Apa saja tiga Panitia Kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI Halaman 81 Bab 3 (Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 3 Apa saja tiga Panitia Kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI Halaman 81 Bab 3 (Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!