Apa Saja Fungsi Darah Selain Mengangkut Oksigen dan Karbondioksida

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 What are the functions of blood other than transporting oxygen and carbon dioxide Page 263 Chapter 6 (Human Circulatory System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja fungsi darah selain mengangkut oksigen dan karbon dioksida Halaman 263 Bab 6 (Sistem Peredaran Darah Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Coba diskusikan bersama kelompokmu apa saja fungsi darah selain mengangkut oksigen dan karbon dioksida!

  • Mengangkut oksigen

Fungsi darah yang pertama yakni mengangkut oksigen. Udara yang mengandung oksigen akan masuk ke dalam paru-paru, lalu melalui serangkaian proses sebelumnya akhirnya masuk ke dalam pembuluh darah kapiler. Oksigen kemudian masuk ke plasma darah dan berdifusi ke sel-sel darah merah atau eritrosit. Hal ini bisa terjadi karena fungsi sel darah merah yang mengandung hemoglobin (Hb) untuk mengikat oksigen dalam darah. Proses ini disebut deoksigenasi. Oksigen yang dapat berubah menjadi HbO2 kurang lebih sebanyak 97%, sedangkan sisanya berada di dalam plasma darah yang akan diangkut ke seluruh jaringan tubuh manusia.

  • Mengedarkan sari makanan

Fungsi darah selanjutnya yaitu mengangkut sari makanan. Darah mengalir di seluruh tubuh dan menyebarkan sari-sari makanan yang dibawanya dari serapan oksigen, maupun dari beberapa vitamin, protein, dan karbohidrat yang didapatkan melalui makanan yang kita konsumsi.

Proses pengangkutan sari makanan ini terjadi setelah pencernaan. Selain itu sebelum disebarkan, sari makanan terlebih dahulu melewati hati agar racun dan zat yang berbahaya dalam darah dapat disaring. Setelah itu baru nutrisi makanan disebarkan ke seluruh tubuh, dengan begitu tubuh akan memperoleh sari makanan yang cukup.

  • Mengedarkan hormon

Tak hanya mengedarkan sari makanan, ternyata darah juga mengedarkan hormon yang masuk. Hormon ini diperoleh karena adanya rangsangan dan stimulus dari luar maupun dalam diri manusia. Setelah itu darah akan mengangkut hormon-hormon itu dan kelenjar eksokrin akan mengambil hormon-hormon yang tidak bermanfaat dan dibuang di saluran khusus. Sedangkan darah akan membawa hormon-hormon itu dengan saluran biasa, artinya tidak melalui aliran khusus seperti yang diperlukan kelenjar eksokrin.

  • Menyerang kuman dan bakteri yang masuk

Darah juga memiliki fungsi untuk menyerang kuman dan bakteri yang masuk. Hal ini dapat terjadi karena fungsi sel darah putih atau leukosit. Terdapat lima sel darah putih pada tubuh manusia yaitu limfosit, neutrofil, monosit, basofil dan eosinofil.

Jumlah neutrofil dalam darah putih adalah yang paling banyak sebesar 60%. Neutrofil ini fungsinya untuk menyerang bakteri dan kuman yang masuk de dalam badan kita. Sementara jenis sel darah putih juga berperan memproduksi antibodi, menyerang kuman dan membuang sisa-sisa sel yang telah rusak.

  • Menyembuhkan luka

Fungsi darah pada tubuh manusia selanjutnya yaitu menyembuhkan luka. Bagian darah yang disebut trombosit adalah bagian darah yang sangat berperan dalam penyembuhan luka yang ada di kulit ari kita.

Trombosit akan mengeluarkan zatnya dan bergabung dengan vitamin K untuk membentuk darah agar darah menjadi beku. Setelah trombosit membeku maka trombosit perlahan akan berusaha menutupi luka yang berada di kulit ari.

Jika jumlah trombosit dalam dalam darah berkurang, maka bisa saja luka tersebut akan susah diobati, karena tidak adanya zat-zat yang mampu menutup luka dan membekukan darah.

  • Membawa sisa oksidasi sel tubuh

Fungsi darah selanjutnya yaitu membawa sisa oksidasi sel yang tidak berguna untuk keluar dari tubuh. Hal ini bisa dilihat ketika kamu melakukan pernapasan. Di sana ada proses pengangkutan oksigen melalui darah sampai ke jantung, dan dari jantung diproses ke seluruh tubuh. Setelah itu dari jantung, karbondioksida akhirnya dibuang melalui darah dan dihembuskan bersamaan kita menghembuskan napas.

  • Sebagai pengatur suhu tubuh

Darah mengatur suhu tubuh agar tetap stabil pada suku 36 sampai 37 derajat celsius. Selain itu, suhu tubuh dipengaruhi oleh sistem peredaran darah. Hal ini karena suhu tubuh manusia tidak dipengaruhi kondisi lingkungan, melainkan oleh sistem peredaran darah. Hasil dari oksidasi darah akan menghasilkan panas dalam pada tubuh, jika oksidasi itu baik maka suhu tubuh pula akan menjadi baik.

  • Membuang zat-zat sisa metabolisme sel (ekskresi)

Darah juga memiliki fungsi untuk membuang zat-zat sisa metabolisme sel pada proses ekskresi. Hal ini karena tidak semua zat yang diangkut darah merupakan zat yang berguna bagi tubuh. Beberapa zat yang tak berguna hasil metabolisme itu akan diangkut oleh darah menuju organ sekresi. Zat itu akan dialirkan ke sistem ekskresi atau pembuangan seperti ginjal, hati dan kulit.

  • Memendam bibit penyakit

Darah dapat berperan memendam bibit penyakit yang juga berfungsi untuk membuat tubuh tetap sehat dan fit. Pencegahan penyakit ini dilakukan melalui keping-keping darah atau trombosit yang ada pada darah. Keping-keping darah berfungsi memendam bibit penyakit agar tidak tersebar ke seluruh tubuh melalui darah. Tapi bibit penyakit itu akan dimatikan oleh keing-keping darah sehingga tubuh akan menjadi sehat.

  • Mengangkut air ke seluruh tubuh

Sebagain besar volume tubuh manusia terdiri dari air yang terdapat pada plasma darah. Air dalam tubuh manusia dialirkan dalam pembuluh darah dan pembuluh kapiler sehingga dapat mencapai seluruh bagian atau organ pada tubuh.

Kebutuhan air dalam tubuh manusia akan membantu mencegah timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk mempermudah proses pencernaan dan membantu sistem metabolisme dalam tubuh manusia.

  • Menjaga kadar asam basa cairan dalam tubuh

Fungsi darah yang terakhir yaitu menjaga keseimbangan kadar asam basa cairan atau pH dalam tubuh. Fungsi ini dijalankan untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan tubuh yang dapat disebabkan oleh senyawa buffer.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja fungsi darah selain mengangkut oksigen dan karbon dioksida Halaman 263 Bab 6 (Sistem Peredaran Darah Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja fungsi darah selain mengangkut oksigen dan karbon dioksida Halaman 263 Bab 6 (Sistem Peredaran Darah Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!