Breaking News

Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia, apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 12 Curriculum 2013 Revised 2018 Independent Assignments 3.2 What are the negative impacts that will be received by the Indonesian people if the ISIS movement develops in Indonesia Page 77-79 Chapter 3 (The Influence of Advances in Science and Technology on the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.2 Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia Halaman 77-79 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 3.2

Bacalah berita di bawah ini!

Menjadi Ancaman Besar, Ini Penyebab ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) Masuk Indonesia

Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan ISISadalah ancaman besar bagi Indonesia. Saat ini anggota ISIS di Indonesia sudah bergerilya. “Ancaman ISIS di Indonesia potensinya cukup besar. Bila Indonesia tidak mengelola dengan baik, ISIS menjadi ancaman besar Indonesia,” kata Moeldoko, setelah memberikan kuliah umum inovasi dan semangat kebangsaan di Balai Sidang Universitas Indonesia, Jumat, 11 Desember 2015.

Menurut Moeldoko, ISIS masuk ke Indonesia karena pintu keluar masuk di Indonesia cukup longgar sehingga pergerakan mereka tidak cukup terawasi. Indonesia, kata dia, menjadi pintu masuk ISIS dari negara lain karena pengawasan keamanannya rendah. Di sisi lain, negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Australia memperketat pengawasan sehingga mempersulit ISIS untuk masuk ke sana.

Akibatnya, ISIS makin menjadikan Indonesia negara tujuan karena pengawasan di negeri ini masih longgar. “Mereka yang tergabung karena tidak bisa masuk ke negaranya bisa lari ke Indonesia yang masih longgar pengawasannya dan payung hukumnya,” ucapnya.

Malaysia, misalnya, meningkatkan sistem keamanan yang baik dan aparat keamanan sudah bisa dikerahkan dengan efektif untuk menangkap lebih terduga teroris. Karenanya, ISIS susah masuk ke sana.

Sedangkan Indonesia pengawasannya masih longgar sehingga memancing para teroris masuk. Moeldoko lantas memberikan contoh teroris Noordin Mohammad Top yang datang ke Indonesiakarena pengawasannya minim. Indonesia belum mempunyaikewaspadaan tinggi. Bahkan, cenderung permisif. “Mungkin karena instrumen pengawasannya kurang baik,” ucapnya.

Karena itu, pengawasan dan pengamanan di pintu keluar serta masuk Indonesia mesti diperketat. “Bila tidak dikelola dengan baik. Satu langkah lagi sudah menjadi ancaman aktual.”

Saat ini TNI sudah mulai memetakan orang-orang yang tergabung dalam ISIS. Orang-orang masuk dan bergabung ISIS dengan beragam alasan. Ada yang menjadi anggota karena pengaruh ideologi ISIS, ada juga yang sekadar mencari kehidupan yang baik, dan menyusul keluarga yang sudah menjadi anggota ISIS. “Karena salah satu keluarganya menjadi ISIS, mereka jadi menyebarkan ideologinya,” ujarnya.

Sumber : http://nasional.tempo.co/read/news/2015/12/11/063727060/

Setelah membaca berita tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia, apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia?

  • Memecahkan Kaum Muslim Dalam Satu Negara

ISIS ialah suatu kelompok yang terbentuk atas nama agama islam namun tidak sesuai sama sekali dengan apa yang diajarkan islam. Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan, membunuh tanpa alasan dan tanpa adanya sebuah dalil yang tepat atau sesuai. Namun lain halnya dengan ISIS yang ingin merubah kaum muslim agar mau patuh terhadap manusia yang disebut-sebut sebagai Khalifah umat muslim di seluruh dunia yakni Abu Bakar Al-Baghdady. Dengan adanya pemaksaan ini akan mencerai beraikan ikatan masyarakat islam di suatu negara, sehingga hal ini dapat memicuh konflik bagi suatu negara.

  • Membuat Suatu Kelompok Yang Memicu Terjadinya Kegiatan Terorisme

Dengan adanya kelompok agama yang tidak jelas asal muasalnnya menimbulkan adanya pikiran pemberontak kepada suatu pemerintahan. ISIS secar tidak langsung mengajak banyak orang untuk mau bergabung dan menerima kebenaran yang mereka buat. Namun kenyataannya apa yang mereka anggap sebagai kebenaran tidaklah benar melainkan mengacuh pada kesesatan. Dengan mengajak banyak orang untuk melawan pemerintah negaranya akan membuat mereka berpikir dengan cara kasar yakni terorisma. Dengan adanya suatu kelompok terorisme di suatu negara akan membuat kerusakan yang besar bagi negara tersebut dan merusak moral berbangsa dan bertanah air. Dengan begitu masyarakat juga tidak merasa aman dengan adanya kelompok terorisme yang bisa saja beraksi kapanpun mereka mau.

  • Merusak Ideologi Suatu Negara

ISIS memiliki ideology yang tidak sesuai dengan negara kita. Mereka memaksakan kehendak pada umat muslim di seluruh dunia agar mau tunduk dan hormat kepada Khalifah nya yakni Abu Bakar Al-Baghdady. Mereka mengklaim jika Abu Bakar Al-Baghdady ialah seorang Khalifah bagi seluruh umat islam diseluruh dunia, sehingga kaum muslim di seluruh negara wajib patuh terhadapnya. Tentu hal ini sangat tidak sesuai dengan ideologi setiap negaara di dunia, bahkan negara islam pun juga tidak setuju dengan ideologi buatan ISIS tersebut karena di nilai tidak sesuai dengan aturan tata negara di seluruh dunia.

  • Melunturkan Rasa Nasionalisme

Sifat nasionalisme wajib dimiliki oleh setiap rakyat pada setiap negara. Namun lain halnya dengan tujuan kelompok ISIS yang hendak melunturkan sifat atau rasa nasionalisme rakyat pada negaranya sendiri. Mereka menginginkan banyak pengikut dari kelompok mereka, sehingga mereka pun berusaha untuk melunturkan rasa nasionalisme suatu rakyat pada bangsanya sendiri.

  • Membuat Kacau Sistem Pemerintahan Negara

Dengan adanya gerakan ISIS membuat pemerintah cemas akan nasib anak bangsanya. Pemerintah takut akan terjadi hal yang dapat membahayakan negara dengan masuknya masyarakat ke dalam kelompok ISIS. Kelompok militan ini dikenal sangat kejam dan bahkan rela melakukan apa saja demi mendapatkan banyak pengikut. Jika pemerintah tidak menindak lanjuti masalah ini dengan cepat, maka akan membuat sistem pemerintahaan suatu negara menjadi goyah akibat adanya desakan dari banyak pihak.

  • Mencoreng dan menodai agama islam akibat kekerasan yang dilakukan isis
  • Mengancam keutuhan bangsa kita
  • Timbulnya konflik antar sesama
  • Membuat perekonomian negara menurun
  • Hidup masyarakat menjadi tidak tenang
  • Terjadinya pembunuhan terhadap warga negara
  • Perang bisa timbul dinegara kita
  • Menodai pancasila sebagai ideologi negara
  • Membahayakan keamanan negara
  • Membahayakan stabilitas negara
  • Munculnya aksi-aksi terorisme
  • Membahayakan ideologi berbangsa dan bernegara yang dianut Indonesia.
  • Memunculkan ketakutan atau terror dalam masyarakat sehingga kehidupan sosial dan ekonomi terganggu
  • Terhambatnya laju pembangunan nasional Indonesia

2. Bagaimana penilaian Anda atas upaya pemerintah dalam mencegah berkembangnya gerakan ISIS di Indonesia?

Penilaian saya terhadap upaya pemerintah dalam mencegah perkembangan gerakan ISIS di Indonesia adalah sudah cukup baik.

Pemerintah dengan tegas menolak kehadiran mereka di Indonesia, bahkan dengan tegas akan mengancam memberikan hukuman. Selain itu, paham-paham yang sealiran dengan ISIS dikategorikan sebagai bibit terorisme sehingga diperlakukan dengan tegas sebagai aksi terorisme.

Hal ini dikarenakan paham ISIS bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar. Keberadaan keduanya sebagai dasar negara dianggap tidak sesuai sehingga ingin diganti dengan bentuk lain. Selain itu, aksi ISIS yang kerap melakukakn tindakan di luar batas kemanusiaan menjadi alasan lain di balik kerasnya penolakan terhadap paham dan gerakan ini.

3. Tuliskan rekomendasi Anda kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mencegah gerakan ISIS di Indonesia!

Rekomendasi saya adalah dengan melaksanakan pendidikan kewarganegaraan di kampus dan sekolah dan kegiatan bela negara sehingga akan mencegah kekuatan yang akan merusak bangsa Indonesia seperti ISIS.

Penjelasan Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan :

  • Karena ada sebuah kehancuran dari berbagai macam nilai demokrasi yang dimana ada pada masyarakat itu sendiri.
  • Terhadap sebuah sikap pemudaran terhadap berbagai kehidupan kewarganegaraan dan juga nilai komunitas pada masyarakat.
  • Terjadi sebuah sikap terahadap kemunduran dari nilai toleransi yang dimana terjadi pada masyarakat.
  • Terjadi sebuah sikap pelemahan terhadap nilai yang dimana ada pada sebuah keluarga.
  • Terjadi sebuah sikap pemudaran yang dimana berada pada sebuah nilai kejujuran.
  • Terjadi sebuah sikap maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme yang dimana terjadi pada masyarakat dalam melakukan penyelenggaraan terhadap pemerintahan.
  • Terjadinya sebuah kerusakan pada sistem dan juga kehidupan ekonomi. dan;
  • Terjadinya berbagai macam pelanggaran terhadap nilai berbangsa dan juga bernegara.

Upaya bela negara adalah sebuah bentuk dari kegiatan yang dimana dilakukan oleh para warga negara yang diman ada di berbagai bidang untuk menghentikan sebuah ancaman fisik dan juga non fisik yang dimana dimiliki oleh sebuah negara baik dalam bentuik militer dan juga non militer dengan ancaman yang dimana bisa berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.2 Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia Halaman 77-79 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Mandiri 3.2 Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia Halaman 77-79 Bab 3 (Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!