Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.3 Halaman 41 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 2.3 Page 41 Chapter 2 (Growing Awareness of the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.3 Halaman 41 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Coba kalian diskusikan secara kelompok pertanyaan berikut.

1. Apa manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?

  • Mengatur Norma-Norma di Republik Indonesia
  • Menjadi Penuntun dan Pedoman dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,serta menjadikan Indonesia menjadi negara yang memiliki hukum yang kuat
  • Mengatur Proses Pemerintahan Hukum di Negara Indonesia
  • Menjadi Suatu Landasan Untuk mengatur keseluruhan warga negara Indonesia
  • Menjadi Acuan dalam pembuatan Peraturan-Peraturan yang ada dalam UUD Tahun 1945
  • Menjadi Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
  • Menjadikan Sebuah Negara yang sejahtera,adil,dan Makmur
  • Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
  • Negara Indonesia Bisa Melaksanakan Penegakkan Kedaulatan Negara dan Pembagian Kekuasaan Negara

2. Apa akibat bagi warga negara, serta bangsa dan negara, apabila Indonesia tidak memiliki UUD?

Akibat Bagi Warga Negara Apabila Indonesia Tidak Memiliki UUD :

  • Tidak akan terjadinya ketentraman antar warga negara Indonesia
  • Terjadinya Perkelahian antar Warga Negara
  • Warga Negara Indonesia tidak akan aman karena UUD 1945 Merupakan Pondasi Utama negara Republik Indonesia
  • Terjadinya Ketidakadilan Hukum
  • Rakyat Indonesia Tidak Bisa menerima Hak-Hak Asasinya
  • Warga negara Indonesia tidak akan mempunyai aturan dalam hidup
  • Akan Terjadi perselisihan dan Permasalahan Sesama Warga Negara Indonesia
  • Warga negara menjadi tidak aman dan Tidak Terlindungi oleh negara
  • Warga negara tidak bisa menerima hak dan Kewajiban warga negara secara Adil

Akibat Bagi Bangsa dan Negara Apabila Indonesia Tidak Memiliki UUD :

  • Negara Tidak Lagi diakui oleh dunia Internasional dan Tidak ada pembagian Kekuasaan dalam Negara
  • Terjadi Kekacauan dalam Pembagian Wilayah Negara dan Pembagian Daerah,kewarganegaraan dan Kependudukan,Keuangan Negara
  • Bangsa dan Negara tidak Mempunyai tujuan sehingga negara berjalan dengan sembarangan dan tak tentu arah
  • Tidak akan terjadinya keharmonisan antar bangsa dan negara
  • Negara Indonesia akan sangat mudah dijajah oleh bangsa lain
  • Banyak terjadinya penyimpangan kekuasaan
  • Hak Asasi Manusia (HAM) Tidak Lagi Di junjung Tinggi

3. Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan tentang arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?

UUD 1945 Merupakan Hukum dasar negara yang sah dan berlaku sehingga UUD 1945 Menjadi acuan dalam pembuatan peraturan yang berada di bawahnya.UUD 1945 Memuat Aturan-Aturan dasar berbangsa dan bernegara.Dengan adanya UUD 1945 Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dapat berjalan dengan harmoni menuju Cita-Cita Bangsa Indonesia

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.1 Halaman 135 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

4. Tulislah hasil diskusi kalian dalam tabel berikut.

Tabel 2.3  Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

No. Hak Warga Negara Bentuk Aturan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Manfaat Diatur oleh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Apabila Tidak Diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1. Mendapat Pendidkan Dalam Undang-Undang 1945,Dalam hal mendapatkan Pendidikan telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1 Yang berbunyi “Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan” Manfaat dengan diatur dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Yaitu para Generasi Muda Indonesia mendapatkan Jaminan Wajib Belajar 9 Tahun, Mendapatkan Pendidikan Yang merata, serta dicerdaskan oleh Negara Apabila Tidak Diatur, Maka Kualitas Pendidikan di Indonesia akan rendah, banyaknya pengangguran karena secara intelektual mereka kalah saing dengan bangsa lain, serta kehidupan yang menjadi kurang terjamin.
2. Beragama dan Beribadah Dalam Undang-Undang 1945,dalam Hal Beragama dan Beribadah telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 29 Ayat 1 dan Pasal 29 Ayat 2 yang masing-maisng berbunyi :

  • Pasal 29 Ayat 1 : “Negara Berdasar atas ketuhanan yang Maha Esa”
  • Pasal 29 Ayat 2 : “Negara Menjamin Kemerdekaan tiap-tiap penduduk unruk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut Agamanya dan kepercayaan itu”
Manfaat dengan diatur dalam Pasal ini yaitu Persatuan dan Kesatuan NKRI Dapat terjaga, setiap orang mendapat haknya untuk beribadah dan Beragama dan agar masyarakat Indonesia bisa saling Menghormati antar Umat Beragama, Tidak menjelekkan agama Orang Lain dan menjalankan Ibadah sesuai syariat agama yang dianutnya. Apabila tidak diatur, maka persatuan dan kesuatuan NKRI akan rentan hancur akan banyak terjadi pemaksaan untuk mengikuti agama yang dianut suatu Golongan dan adanya perselisihan tentang pandangan beragama dan beribadah merasa paling benar dan paling baik.
3. Perlindungan Hukum Dalam Undang-undang 1945,dalam hal perlindungan Hukum telah diatur dalam UUD 1945,Pasal 28D yang berbunyi : “Setiap orang berhak atas pengakuan,jaminan,perlindungan,dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dalam Hukum”. Manfaat dengan Diatur dalam Pasal Ini,yaitu setiap orang berhak atas pengakuan, Jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan Hukum Apabila Tidak Diatur,maka setiap orang akan sulit mendapat pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum
4. Memilih Dan Dipilih Dalam Undang-Undang 1945,dalam hal memilih dan dipilih telah diatur dalam UUD 1945,Pasal 23 ayat 1 dan Pasal 43 Ayat 1,yang Masing Masing Berbunyi :

  • Pasal 23 Ayat 1 : “Setiap Orang Bebas Untuk Memilih dan Mempunyai keyakinan”
  • Pasal 43 Ayat 1 : “Setiap Warga Negara Berhak Dipilih dan Memilih dalam Pemilihan Umum berdasarkan Persamaan Hak Melalui Pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Perundangan”
Manfaat dengan diatur dalam pasal ini,yaitu mendapatkan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, Jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan dan mendapatkan hak untuk dipilih oleh orang lain sehingga demokrasi akan berjalan dengan baik. Apabila tidak diatur maka demokrasi di Indonesia tidak dapat berjalan dengab bika karena Unsur Memilih dan Dipilih tidak dapat ditegakkan.
5. Berserikat dan Berpendapat Dalam Undang-Undnag 1945,dalam hal berserikat dan berpendapat telah diatur dalam UUD 1945.Pasal 28E Ayat 3,yang berbunyi :

Pasal 28E Ayat 3 : “Setiap Orang berhak atas kebebasan berserikat,berkumoul,dan mengeluarkan pendapat”

Manfaat dengan diatur dalam Pasal Ini yaitu setiap orang mendapat kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengumpulkan Pendapat. Apabila Tidak Diatur, maka kebebasan dalam berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat, dan berkumpul akan menjadi terbatas dan demokrasi menjadi kurang dimaksimalkan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.3 Halaman 41 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 2.3 Halaman 41 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *