Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita di atas?

PPKN Questions and Answer Keys for Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Independent Assignments 4.3 What conclusions can you draw after reading the news about Indonesia Pushing for Peace and Rebuilding the Gaza Strip Pages 129-131 Chapter 4 (The Dynamics of Indonesia’s Role in World Peace) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 4.3 Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita tentang Indonesia Dorong Terus Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza Halaman 129-131 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 4.3

Bacalah berita dibawah ini.

Indonesia Dorong Terus Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza

Pemerintah Indonesia turut berpartisipasi dalam KonferensiInternasional  untuk Rekonstruksi Gaza yang diinisiasi oleh Pemerintah Mesir bekerja sama dengan Norwegia (12/10). Konferensi diadakan untuk mengumpulkan donasi bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza setelah terjadi serangan Israel ke wilayah tersebut pada bulan Juli dan Agustus yang lalu. Pemerintah Indonesia diwakili oleh Delegasi RI yang dipimpin oleh Ibu Wiwiek Setyawati Firman, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Polhukam.

Dalam pernyataannya, selain menekankan komitmen untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, ketua Delri sekali lagi juga menyampaikan komitmen RI untuk memberikan bantuan seperti yang telah disampaikan oleh Presiden RI senilai USD 1 Juta ketika terjadi invasi Israel ke Jalur Gaza. Indonesia juga terus berkomitmen untuk mendorong perdamaian di Palestina. Di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia misalnya, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Indonesia telah menyediakan  128 jenis pelatihan kepada 1257 warga Palestina dalam kerangka New Asian African Strategic Partnership (NAASP).

Komitmen lainnya dari Indonesia adalah juga berupa bantuan pembangungan Pusat Jantung Indonesia di RS As-Shifa, Gaza, dengan kerja sama Islamic Development Bank (IDB) senilai USD 1,6 Juta.  Ketua Delri menyampaikan bahwa bantuan kepada masyarakat Gaza tidak hanya datang dari Pemerintah Indonesia saja, melainkan juga dari Parlemen Indonesia yang telah memberikan bantuan senilai USD 1 Juta dalam bentuk bantuan medis pada saat invasi tahun 2012. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Delri juga menyampaikan agar Pemerintah Mesir dapat memberikan  aksesyang lebih luas bagi distribusi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Bantuan tersebut merupakan bantuan yang dikumpulkan oleh masyarakat Indonesia melalui organisasi relawan dan saat ini sedang dikoordinasikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo.

Bantuan tersebut termasuk Iima mobil ambulans yang masihmenunggu izin dari Kementerian Luar Negeri Mesir untuk disampaikan ke Jalur Gaza melalui perbatasan pintu Rafah. Bantuan ambulans berasal dari  Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jakarta Raya, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan dua buah dari Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KBNRP). Bahkan bantuan lainnya yang telah disampaikan oleh LSM Indonesia sejak tahun 2009 mencapai IDR 135 Milyar. Bantuan tersebut disalurkan ke masyarakat Palestina melalui berbagai macam mekanisme antara lain pembangunan Rumah Sakit Indonesia, beasiswa bagi mahasiswa Palestina untuk belajar di Indonesia, mobil ambulans, dan makanan serta obatan-obatan.

Sumber : htp://www.kemlu.go.id

Setelah kalian membaca berita di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita di atas?

Kesimpulan yang saya dapat rumuskan setelah membaca berita ‘Indonesia dorong terus perdamaian dan pembangunan kembali jalur Gaza’ adalah sebagai berikut.

  • Indonesia mendorong terciptanya perdamaian di jalur Gaza. Hal ini dilakukan demi memberikan perlindungan dan kesejahteraan terhadap masyarakat setempat.
  • Indonesia memang baik dan peduli terhadap suatu negara yang sedang diserang oleh Israel. Namun akan lebih baik bila dana tersebut dilakukan untuk mensejahterahkan rakyat yang berada di dalam negeri terlebih dahulu, memperbaiki dan memperhatikan wilayah yang tertinggal dan lain sebagainya agar negeri ini dapat terus atau lebih maju daripada saat ini. Namun semua itu kembali bahwa Indonesia adalah Negara yang tanggap terhadap negara negara lain.
  • Bantuan Indonesia untuk Palestina, dalam hal pemberian bantuan ini aksesnya masih terhambat oleh pemerintahan Mesir. Bantuan ini ditujukan agar terciptanya perdamaian di Palestina. Bantuan ini di berikan untuk Palestina di jalur Gaza.
  • Sudah selayaknya bagi kita untuk membantu dan turut serta dalam perdamaian dunia, termaksud indonesia. Berbagai cara dapat dilakukan seperti membantu rakyat palestina yang sedang dilanda peperangan, bantuan dapat berupa apapun seperti donasi berupa materi, obat-obatan, bahan pangan dan sandang. Selain itu dapat memberikan bantuan berupa jasa seperti dokter, tentara dll

2. Apabila dikaitkan dengan pengamalan Pancasila, termasuk kedalam sila ke berapakah kontribusi bangsa Indonesia terhadap perdamaian di Palestina?

Kontribusi bangsa Indonesia terhadap perdamaian Palestina adalah bukti pengamalan sila kedua Pancasila.

Hal ini karena upaya menciptakan perdamaian merupakan upaya mencapai peradaban yang luhur. Peradaban tersebut tidak hanya bisa dicapai di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Selain itu, amanat untuk mencapai perdamaian juga dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945. Dengan prinsip bebas aktif, bangsa Indonesia harus turut berupaya menciptakan perdamaian dunia. Hal ini karena bangsa Indonesia sendiri merupakan bangsa yang cinta damai.

Isi pancasila yang paling berkaitan dengan kontribusi Indonesones kepada perdamaian di Palestina adalah sila ke-dua yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab, tahukah bahwa nyawa yang direnggut dari hasil peperangan yang sia-sia ini mencampai ribuan orang dan kebanyakn korban adalah warga sipil yang tidak bersalah, itulah sebabnya butir kedua yang berarti kita haruslah menjadi insan yang beradab dengan cara membantu sesama dengan menyalurkan bantuan kita telah menjadi manusia yang beradab

3. Bagaimana penilaian kalian atas peran bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya?

Menurut penilaian saya, peran bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya sangat BAIK sebab hal tersebut merupakan wujud nyata Indonesia dalam menjaga perdamain dunia sekaligus membuka peluang ekonomi yang lebih baik sebab tidak ada satu pun negara di dunia yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Sudah pasti, sedikit banyak, memerlukan keberadaan negara lain.

Peran Indonesia dalam menjalin hubungan internasional sangatlah baik, selain peran dalam membantu palestine, Indonesia juga turut serta dalam berbagai organisasi internasional, itu menunjukan keaktivan Indonesia dalam menjalin hubungan internasional.

4. Apa saja saran yang dapat kalian ajukan kepada pemerintah untuk meningkatkan peran bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui hubungan internasional?

  • Ikut aktif dalam organisasi internasional

Indonesia harus terus aktif dalam organisasi-organisasi internasional. Misalnya adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara), dan OKI (Organisasi Konferensi Islam).

Dengan ikut serta dalam organsiasi ini, Indonesia dapat meningkatkan hubungan dengan negara sesama anggota, serta ikut serta pada kegiatan yang pada giliranya dapat berkontribusi pada perdamaian dunia.

  • Terus memegang prinsip politik luar negeri yang bebas aktif.

Agar bisa membantu menciptakan perdamaian dunia, Indonesia tidak boleh memihak dalam melakukan diplomasi luar negeri. Dengan posisi yang bebas dari ikatan terhadap negara lain, Indonesia dapat berperan aktif, karena tidak dibatasi oleh sikap memihak, sehingga Indonesia dapat menjadi penengah bila terjadi konflik.

Ini misalnya pernah dilakukan Indonesia saat menjadi mediator konflik antara Vietnam dan Kamboja, pada tahun 1980an, dalam serangkaian pertemuan yang disebut Jakarta Informal Meetings,

  • Meningkatkan kerjasama dengan negara tetangga dalam menjaga perdamaian dan keamanan

Hubungan kerjasama dengan negara tetangga sangat penting, karena wilayah perbatasan sering rawan tindak kejahatan yang engganggu kedamaian. Untuk itu diperlukan kerja sama yang baik dengan negara tetangga.

Contoh kerjasama ini adalah menangkal penyelundupan narkotika melalui perairan dan wilayah perbatasan, dimana Indonesia berkerja sama dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Australia.

  • Ikut serta dalam misi penjaga perdamaian PBB

Pasukan Garuda yang merupakan pasukan penjaga perdamaian (peacekeeping force) dibawah arahan PBB merupakankontribusi penting Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia. Pasukan ini ikut serta dalam berbagai misi seperti di Sudan dan Lebanon. Karena itu, Pemerintah harus terus mempertahankan keikutsertaan pasukan Garuda ini.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 4.3 Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita tentang Indonesia Dorong Terus Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza Halaman 129-131 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 4.3 Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita tentang Indonesia Dorong Terus Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza Halaman 129-131 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!